loading...

Reporter dan Editor Cilik dari India

loading...

Bocah ini masih 12 tahun, namun ia bisa menjadi seorang reporter sekaligus editor dan bahkan penerbit suratkabarnya sendiri.


Di usia yang amat muda, Utkarsh Tripathi sudah menunjukkan minat yang sangat mendalam terhadap jurnalisme. Bocah asal Allahabad, India ini memiliki suratkabarnya sendiri yang diberi nama Jagriti.


Suratkabar mingguan itu telah ia terbitkan, dengan tulisan tangannya sendiri, selama setahun terakhir. Utkarsh rupanya memiliki tujuan mulia. Siswa kelas delapan ini ingin masyarakat peduli dengan lingkungan sekitar dan pengguguran kandungan.


Jagriti adalah suratkabar hitam putih setebal empat halaman. Utkarsh bekerja sebagai reporter, editor sekaligus penerbitnya. "Ya, saya melakukan semuanya sendiri. Tinggal menyiapkannya kemudian fotokopi dan sebarkan. Mudah," katanya.


Jerih payahnya itu membuahkan hasil. Jagriti memiliki 150 pembaca dari berbagai kalangan. Ayahnya yang memiliki institut pembimbing, mendukung. "Ia bertanya pada saya lebih dari setahun lalu, apa yang bisa ia lakukan untuk negara."

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reporter dan Editor Cilik dari India"