loading...

MENGENAL SAYURAN KANGKUNG


Kangkung (Ipomoea aquatica), termasuk sayur yang sangat populer yang umurnya bisa lebih dari 1 tahun. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Di Cina, sayuran ini dikenal sebagaiweng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage,water convovulus, atau water spinach.

Kangkung ada dua jenis yaitu kangkung air dan kangkung darat. Kangkung air memiliki cirri-ciri daunnya tidak begitu panjang, daunnya tak begitu keras malah ada yang sangat lemes. Kangkung yang lemes inilah yang dicari oleh setiap orang. adapun mengetahui kangkung yang enak untuk di sayur yaitu gagangnya amoh atau orang Kebumen menyebutnya kangkung lemes, batangnya putih, tidak ditanam disungai, konon kangkung yang ditanam disungai jika disayaur terasa amis. kangkungnya masih muda. kangkung seperti inilah yang dicari orang kebumen. Kangkung daratmemiliki cirri-ciri daun putih, batang putih dan keras.


Masakan yang populer yang mengunakan kangkung adalah kangkung goreng belacan.Kangkung juga merupakan makanan salah satu spesies hewan Chersina / kura-kura dan juga makanan yang disukai Burung Cinta alias Lovebird. Untuk memacu birahi Lovebird maka pemberian kangkung wajib diberikan tiap 2 hari sekali. Hampir keseluruhan tanaman muda dapat dimakan. Karena kangkung tua berserat kasar, pucuk yang muda lebih digemari. Ia dapat dimakan mentah atau dimasak seperti bayam. Kangkung sering juga digoreng sebagai cah. Pelecing kangkung merupakan menu yang terkenal dari daerah Lombok.

Di dalam kangkung terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin C, protein, kalsium, fosfor, zat besi, karoten, hentriakontan, dan sitosterol. Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh kangkung memiliki manfaat untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan dan sebagai antiracun. Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun ditubuh.

Vitamin kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol.

Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Menurut Dr. Setiawan, kangkung mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.

Sumber : http://www.mekarsari.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGENAL SAYURAN KANGKUNG"