loading...

SAYURAN TOUGE PENCEGAH STROKE


Berdasarkan penelitian terbaru menunjukan hasil yang menyatakan bahwa tauge atu kecambah ini juga memiliki khasiat sebagai obat tradisional untuk berbagai macam penyakit. Diantaranya adalah stroke, kanker maupun osteoporosis. Oleh karena itu, lebih baik mencegah stroke dengan tauge.

Sebuah Institute of Food Research (IFR) di Inggris menemukan dalam tauge dan kol ada sebuah zat yang sangat ampuh untuk menekan risiko kanker usus. Zat ini terbukti bisa membunuh sel-sel ganas penyebab kanker usus sekaligus bisa menghentikan penyebarannya. Untuk menghindari kanker usus, sebaiknya konsumsi tauge 2 sampai 3 kali dalam seminggu.
Selain itu di dalam tauge mempunyai vitamin lebih banyak dibandingkan dengan bentuk bijinya. Selama berkecambah, kadar vitamin B meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat. Demikian juga dengan vitamin E, mengalami peningkatan dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah. Vitamin C yang tidak terdapat dalam biji kedelai, mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 12 mg per 100 gram setelah 48 jam.

Peningkatan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), piridoksin, biotin juga terjadi selama proses berkecambah. Proses berkecambah juga meningkatkan kandungan vitamin E (tokoferol) secara nyata. Vitamin E memiliki fungsi antara lain untuk meningkatkan fertilitas (kesuburan). Itulah sebabnya pasangan yang ingin segera memiliki keturunan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kecambah.

Bila anda ingin mendapatkan kulit yang cantik, tauge yang harganya murah pun sangat tepat untuk dijadikan pilihan karena banyak mengandung vitamin E.

Vitamin ini populer dengan kemampuannya menyehatkan kulit karena kandungan antioksidan yang melindungi sel dari serangan radikal bebas.

Sayuran tauge juga disebut makanan paling kaya enzim, diperkirakan jumlahnya 100 kali lipat dibandingkan enzim pada buah dan sayur. Estrogen alami yang terdapat dalam tauge sangat bermanfaat bagi wanita. Kebiasaan makan tauge membantu wanita terhindar dari kanker payudara, gangguan menjelang menstruasi (premenstrual syndrom/PMS), serta gangguan akibat menopause. Estrogen dalam taoge secara nyata dapat meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang dan mencegah keroposnya tulang.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SAYURAN TOUGE PENCEGAH STROKE"