loading...

AWAL TANDA TANDA SAKIT JANTUNG PADA WANITA

gejala-gejala penyakit jantung pada wanita yang sebaiknya Anda ketahui:

1. Kelelahan Ekstrim
Salah satu gejala yang paling umum adalah rasa lelah yang ekstrim. Tubuh tiba-tiba menjadi sangat lemah, bahkan tidak mampu mengangkat benda yang biasanya dapat dilakukan pada keadaan normal. Rasa lelah ini bahkan masih diderita meskipun ketika sedang duduk atau beristirahat. Sebuah studi membuktikan bahwa pada lebih dari 70% wanita mengalami kelelahan berlebihan beberapa hari hingga minggu sebelum serangan jantung. Namun gejala ini sering diabaikan karena dianggap hanya mengindikasikan karena kurangnya istirahat, efek samping dari mengkonsumsi obat, atau karena adanya gangguan medis lain.

2. Berkeringat 
Tubuh berkeringat secara berlebihan meskipun cuaca tidak sedang panas atau tidak sedang melakukan kegiatan berat. Kemudian wajah akan menjadi pucat karena tubuh kekurangan cairan dalam jumlah yang cukup besar.

3. Pusing dan Mual 
Selain berkeringat, wanita yang mengalami penyakit jantung akan mengalami pusing dan mual. Hampir 40% wanita yang mengalami serangan jantung mengalami pusing atau kepala terasa ringan yang disertai juga dengan keringat dingin.

4. Nyeri 
Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher, dan rahang yang tidak jelas penyebabnya, seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat. Nyeri juga biasanya terjadi di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas. Meskipun nyeri dada merupakan gejala klasik dari serangan jantung, namun hanya 30% dari wanita yang dilaporkan mengalami hal ini.

5. Gangguan Tidur 
Hampir setengah dari wanita yang mengalami serangan jantung mengalami gangguan tidur tanpa alasan yang jelas pada beberapa hari sebelum terjadinya serangan jantung.

6. Heartburn 
Hampir 40% wanita yang mengalami serangan jantung juga mengalami heartburn dan rasa kurang nyaman pada perut beberapa saat sebelum mengalami serangan jantung.

7. Sesak Nafas
Sering mengalami sesak nafas sewaktu menjalankan aktivitas sehari-hari meskipun tidak mempunyai sejarah penyakit asma bisa jadi merupakan gejala awal penyakit jantung. Hampir 58 persen wanita yang mengalami serangan jantung melaporkan bahwa sebelumnya merasa kesulitan untuk bernapas.

8. Gelisah 
Lebih dari 1/3 wanita mengalami kegelisahan tanpa alasan yang jelas sebagai gejala serangan jantung.

Jika salah satu gejala tersebut atau beberapa gejala sekaligus terjadi pada Anda atau kerabat Anda, sebaiknya segeralah mencari pertolongan medis. Jangan menunggu terlalu lama dan jangan mengabaikan keluhan tersebut. Dokter akan membantu Anda menentukan apakah gejala-gejala yang dialami disebabkan karena serangan jantung atau bukan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "AWAL TANDA TANDA SAKIT JANTUNG PADA WANITA"