loading...

PANDUAN MEMILIH BIBIT CABE YANG BAIK

Bibit cabai unggul dapat dilihat dari karakteristik induk dan pertumbuhannya. Bibit harus dihasilkan dari tanaman induk berkualitas, tahan serangan hama penyakit, dan mampu berproduksi tinggi. Tanaman induk juga harus sudah memiliki galur murni, sehingga bibit yang dihasilkan tidak bervariasi.

Bibit cabai unggul harus memiliki kriteria seperti yang dimiliki induknya, tingkat pertumbuhan cepat selama dalam persemaian. Bibit yang dihasilkan dari tanaman yang memiliki laju pertumbuhan cepat, akan menghasilkan tanaman cabai yang produktif. Tentu saja akan mempengaruhi keberhasilan agribisnis yang dijalankan.


Cara Memilih Bibit Cabai Unggul
  • Carilah bibit yang berasal dari tanaman induk berkualitas. Sebelum membuat bibit cabai, sebaiknya menentukan tanaman yang akan dijadikan sebagai induk. Tanaman induk harus memiliki kriteria sebagai tanaman unggul, seperti pertumbuhan cepat, vigor, mampu beradaptasi di berbagai lingkungan, memiliki daya tahan yang baik terhadap serangan hama penyakit, responsif terhadap pemupukan, mampu berproduksi tinggi, serta menghasilkan buah dengan kriteria yang dikehendaki.
  • Bibit harus dihasilkan dari buah yang benar-benar sudah tua, sehingga akan diperoleh biji yang benar-benar bernas.
  • Memiliki daya kecambah yang bagus.
  • Bibit harus memiliki pertumbuhan yang bagus selama dalam persemaian. Bibit dengan pertumbuhan bagus akan menghasilkan tanaman yang subur, sedangkan bibit yang mengalami keterlambatan pertumbuhan selama dalam persemaian, maka laju pertumbuhan setelah penanaman di lahan akan mengalami keterlambatan.
  • Pilih bibit yang sehat, tidak terserang hama penyakit.

Dengan menerapkan cara tersebut di atas, petani atau pembudidaya akan mendapatkan bibit yang mampu mendukung keberhasilan usaha budidaya cabai.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN MEMILIH BIBIT CABE YANG BAIK"