loading...

MENGAPA PERLU ORAHRAGA SEBELUM SARAPAN


MENGAPA PERLU ORAHRAGA
SEBELUM SARAPAN

Menurut sebuah penelitian di Australia, hanya dalam tiga hari liburan, Anda bisa mengonsumsi makanan berlemak tinggi kalori yang menyebabkan gula darah meningkat dan mengalami resistensi insulin, yang berpotensi meningkatkan risiko diabetes tipe 2.


Namun, penelitian terbaru yang diterbitkan di The Journal of Physiology menemukan sebuah solusi yang berguna dan jauh lebih sederhana. Anda disarankan berlari atau bersepeda sebelum sarapan. Menurut penelitian ini, berolahraga di pagi hari sebelum makan ternyata secara signifikan bisa mengurangi efek buruk yang tidak Anda inginkan.


Untuk penelitian ini, para peneliti di Belgia melibatkan 28 pria muda sehat yang aktif dan mulai memberikan mereka dengan makanan yang buruk, terdiri dari 50 persen lemak dan kalori lebih dari 30 persen.

Beberapa pria diminta tidak berolahraga selama percobaan. Dan, sisanya diberikan satu atau dua program olahraga. Bagi para pria yang berolahraga empat kali seminggu di pagi hari, dengan berlari dan bersepeda pada intensitas berat. Kedua sesi olahraga ini berlangsung 90 menit dan yang lainnya satu jam.

Percobaan berlangsung selama enam minggu. Hasilnya, kelompok yang tidak berolahraga memiliki bobot lebih berat dan rata-rata berat badan bertambah 3 kg. Mereka juga mengembangkan resistensi insulin,otot mereka tidak lagi merespon dengan baik terhadap insulin dan tidak menarik gula (atau glukosa) dari aliran darah secara efisien, serta mulai menyimpan lemak ekstra di dalam tubuh dan di antara sel-sel otot mereka. Resistensi insulin dan lemak marmer otot ini adalah kondisi metabolik yang tidak sehat dan bisa memicu diabetes.

Untuk kelompok yang sarapan sebelum berolahraga, berat badannya juga bertambah meski hanya setengah dari bobot kelompok pertama. Mereka juga hampir bernasib sama seperti kelompok pertama, namun mereka lebih resisten terhadap insulin dan hanya menyimpan sejumlah besar lemak dalam otot.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGAPA PERLU ORAHRAGA SEBELUM SARAPAN"