loading...

CARA MENGATASI MOTOR BERASAP TIDAK NORMAL

Asap Hitam

Asap hitam disebabkan oleh kelebihan bahan bakar yang masuk ke ruang silinder dan tidak dapat dibakar sepenuhnya di ruang bakar. Efek “kaya bahan bakar” ini dapat terlihat jika asap hitam keluar dari knalpot, dan biasanya anda akan merasakan mobil tersebut sangat boros bahan bakar.

Asap hitam dapat disebabkan oleh karburator yang tidak distel dengan baik. Fuel pump yang rusak, sensor bahan bakar yang kacau sehingga memerintahkan ECU untuk menyemprotkan bahan bakar lebih banyak dan penyebab lainnya.

Apabila asap hitam keluar segera:

  • Periksa mesin kendaraan anda untuk memastikan tidak ada kelebihan bahan bakar yang masuk ke ruang silinder.
  • Periksa oli mesin anda dengan mengangkat dipstick, apakah oli berwarna coklat. Apabila iya berarti oli mesin anda terkontaminasi.
  • Jangan menjalankan mesin apabila ada bau bensin tercium dari knalpot anda.
  • Panggil mekanik dan jelaskan apa yang terjadi.

Asap Biru

Asap biru disebabkan oleh oli mesin yang terbakar di ruang bakar. Seperti halnya dengan asap putih, hanya disebabkan oleh setetes oli yang masuk ke dalam ruang bakar maka akan menghasilkan asap biru dari knalpot. Asap biru ini banyak dijumpai pada mobil yang sudah diatas 5 tahun atau mobil berjarak tempuh tinggi.

Oli mesin dapat masuk ke ruang silinder lewat berbagai jalan diantaranya adalah seal, gasket, o-ring yang didisain untuk mencegah oli masuk ke dalam ruang silinder. Biasanya kerusakan terjadi pada seal yang telah getas atau ring piston yang rusak.

Apabila oli yang masuk ke ruang silinder menyebabkan busi yang basah, akan mengakibatkan kesalahan pengapian dan menyebabkan silinder yang bersangkutan tidak menghasilkan pembakaran. Untuk mengatasi hal tersebut:

  • Bersihkan busi, kalau tidak bisa, ganti dengan busi baru
  • Gunakan pelumas yang lebih kental
  • Gunakan additive untuk mengurangi kebocoran.

Asap Putih

Asap putih adalah steam atau uap. Asap putih disebabkan oleh air atau antifreeze yang masuk kedalam ruang silinder. Antifreeze ini adalah campuran dari radiator coolant yang dipakai di negara yang memiliki musim dingin. Head Gasket adalah gasket yang menjaga antifreeze untuk tidak masuk kedalam ruang silinder. Berapapun jumlah antifreeze yang masuk kedalam ruang silinder akan terbakar dan menghasilkan asap putih yang keluar lewat knalpot.

Apabila asap putih keluar:

  • cek apakah radiator coolant melebihi batas maksimum.
  • periksa apakah antifreeze telah terkontaminasi
  • liat ke dipstick oli, apakah warnanya berubah menjadi coklat
  • jangan start mobil apabila terkontaminasi dengan antifreeze karena dapat menyebabkan kerusakan yang serius.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MENGATASI MOTOR BERASAP TIDAK NORMAL"