loading...

JENIS-JENIS TEMPAT PENYIMPANAN UANG


Sekarang, coba kita bahas satu per satu dari masing-masing jenis tempat penyimpanan uang:

1. Dompet

Dompet merupakan tempat menyimpan uang yang paling praktis dan paling praktis pula habisnya. Enath itu karena hilang atau habis dibelanjakan. Kelebihannya adalah sangat praktis untuk memenuhi kebutuhan yang mendadak. Kelemahannya adalah kita akan menjadi konsumtif dalam berbelanja dan kita tidak akan bisa mengendalikan pengeluaran kita. Selain itu, dompet kita akan rentan hilang, rusak, atau dicuri.


Celengan adalah sebuah tabung yang biasanya menyerupai bentuk hewan yang digunakan untuk menyimpan uang untuk jangka panjang. Di celengan terdapat lubang kecil untuk memasukkan uang. Kelebihan dari celengan adalah kita menjadi tidak konsumtif karena uang dalam celengan cukup susah diambil (untuk mengambilnya, yaa harus dipecah dulu celengannya) dan lebih susah dicuri oleh yang ‘bertangan iseng’ dibandingkan dengan menyimpannya di dompet. Kekurangannya adalah jika kita memasukkan uang kertas di dalam celengan maka uang itu akan cepat rusak, gampang dicuri oleh pencuri yang beraksi di malam hari, dan jumlah uang yang bisa disimpan terbatas.

3. Bank

Bank merupakan tempat menabung yang paling aman dan paling menguntungkan. Di samping aman dari pencurian juga tidak menimbulkan sikap konsumtif. Kita juga akan mendapatkan keuntungan berupa bunga tabungan. Tetapi kerugiannya adalah jika bank itu bangkrut, maka seluruh uang tabungan kita disana akan ikut lenyap. Persyaratan dan pajak tabungannya juga ada.


Ini merupakan cara menyimpan uang yang paling menguntungkan sekaligus paling berisiko. Anda harus mengetahui terlebih dahulu seluk beluk investasi. Salah satu bentuk investasi adalah jual beli tanah, saham, dan emas.

Mungkin diantara semuanya, menyimpan di bank lah yang paling baik. Karena menguntungkan dan dampak kerugiannya cukup kecil jika kita pintar memilih bank yang bagus.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "JENIS-JENIS TEMPAT PENYIMPANAN UANG"