loading...

CARA MEMBUAT TEMPE PENYET YANG ENAK

loading...
CARA MEMBUAT TEMPE PENYET YANG ENAK

Siapa bilang makanan nikmat dan sehat harus ditebus dengan harga yang mahal? Tempe merupakan salah satu pengecualian. Makanan ini berasal dari Indonesia. Dibuat dari fermetasi kacang kedelai dan jamur. Tempe kaya gizi. Senyawa penyusunnya antara lain protein, lemak nabati, mineral makro dan juga mikro, beragam vitamin dan juga isoflavon. Mengingan kandungannya yang sangat kompleks, sangat wajar jika tempe dipercaya sebagai sumber nutrisi kompleks bagi tubuh. Jika Anda penggemar tempe, pasti sudah paham bagaimana mengolah tempe. Pada dasarnya ada beragam cara mengolah makanan dari kacang kedelai ini. Mulai dari tempe bacem, tempe medoan, steak tempe, kering tempe, keripik tempe, tumis tempe, tempe penyet dan masih banyak lagi lainnya. Jika di kulkas Anda bahan memasak sangat terbatas, jenis sajian tempe terbaik yang bisa Anda coba adalah tempe penyet. Kuliner yang satu ini sangat nikmat dan juga praktis untuk diracik. Berikut resep sederhananya.

Bahan-bahan Yang Dibutuhkan

Untuk memasak tempe penyet dengan rasa yang nikmat, berikut bahan-bahan yang terlebih dahulu harus disiapkan, antara lain:
  • Tempe sebanyak 250 gram.
  • Cabe merah sebanyaj 5 buah.
  • Bawang Merah sebanyak 4 siung. Bersihkan dan iris tebal.
  • Bawnag putih sebanyak 2 siung. Bersihkan dan iris tebal.
  • Kencur sebanyak 1 cm.
  • Terasi udang atau gula aren sebanyak 10 gram. Bakar sampai wangi.
  • Garam dan penyedap secukupnya.
  • Minyak sayur untuk menggoreng tempe. Secukupnya.
  • Cara Memasak Tempe Penyet

CARA MEMBUAT TEMPE PENYET YANG ENAK



Pertama, potong tempe, jangan terlalu tebal dan juga tidak dalam ukuran tipis. Satu papan tempe bisa dibagi ke dalam 6 bagian. Setelah itu panaskan wajan dan masukkan minyak. Goremg tempe yang telah dipotong dan simpan di wadah terpisah. Setelah semua tempe selesai digoreng, saatnya untuk meracik sambal. Sebelum diulek, goreng bawang merah, bawang putih dan cabe merah sampai layu. Setelah layu dan wangi, angkat dan taruh di ulekan. Masukkan bahan bumbu lain seperti terasi, garam dan juga kencur. Ulek sampai semua bumbu hancur tapi tidak halus sempurna. Setelah itu masukkan satu sendok makan minyak sayur dalam keadaan panas. Ulek sebentar. Kemudian masukkan lagi tempe yang telah digoreng. Tekan-tekan atau memarkan tempe di atas bumbu tapi jangan sampai halus. Setelaha selesai , tempe penyet sudah bisa dinikmati. Paling nikmat dipadankan dengan seporsi nasi hangat, jeruk nipis dan juga kemangi. Bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBUAT TEMPE PENYET YANG ENAK"