Cara memilih Bakalan Kacer Dan Tips Merawat Burung Kacer

20.11 - By TRACKER 0


Burung kacer merupakan burung yang dominan untuk burung jenis kicauan, burung dengan warna hitam pekat dengan bulu putih bersih sebagian di bagian sayap dan juga di bagian separo dadanya untuk sebagian kacer. membuat si burung kicauan ini indah dilihat. bukan cuma itu burung ini mempunyai kicauan yang khas yang bisa membuat orang jatuh hati.


pada postingan ini saya akan membahas tentang burung yang satu ini yaitu memilih kacer yang bagus dan juga cara perawatannya.


 Memilih bakalan anakan Kacer


yang pertama yaitu memilih bakalan / anakan kacer yang bagus untuk memilih anak kacer berkelamin jantan

1. lihatlah bentuk paruhnya, anak kacer yang baik mempunyai bentuk paruh besar dan tebal hal ini menjadi dasar karena dipercaya mempunyai suara yang besar. dan juga pilihlah anak kacer yang memiliki bentuk mata yang besar dan bulat

2. pilihlah anak kacer yang berdiri dengan tegak dan berwibawa, hal ini akan mempengaruhi berdiri kacer ketika besarnya nanti.

3.carilah anak kacer yang bentuk tubuhnya panjang.

4. warna bulu, pilihlah anakan kacer dengan bulu yang lebih tegas dan gelap.

5.pilihlah anakan kacer yang bentuk dadanya rata (untuk yang jantan) , sedangkan yang betina bentuk tubuhnya cenderung bulat seperti huruf 'C'.

6. dan yang paling penting adalah memilih anakkan kacer yang menurut anda baik. seperti baik fisiknya (tanpa cacat) , baik cara berjalannya dll.





Tips perawatan burung kacer
 
 berdasarkan artikel yang saya baca dari kicaumania.com yang juga saya praktekkan sendiri berikut saya sampaikan tips-tips perawatan burng kacer:

1. antara jam 7 pagi taruhlah burung di teras rumah anda, dan juga dengan sendirinya si kacer akan mandi sendiri. atau bisa anda semprot dengan semprotan setelah kira kira setengah jam setelah dijemur. jangan lupa mengganti air dalam kandang.

2.berikanlah jangkrik minimal 3 ekor setiap paginya.
3. bersihkan kandang harian.( kalo saya seminggu sehari hehehe :D) 

4. jemurlah kacer antara satu sampai satu setengah jam, setelah penjemuran jangan lupa angin-anginkan di teras rumah anda.
5.berikan suara burung burng master dari mp3 anda pada siang hari antar tiga sampai empat jam

6. kira kira jam 5 sore kerondonglah kacer jika perlu perdengarkan juga suara masteran burung selama masa istirahat.

 7. jangan lupa memberikan pakan kroto segar minimal empat kali seminggu.

8. memberikan ulat minimal 2 kali seminggu.
9. dan juga berikanlah Vitamin dan Mineral kurang lebih seminggu sekali saja


jika kacer over birahi:
1. berikan jangkrik 2 di pagi hari dan 2 di sore hari 2. mandikan si kacer lebih sering lagi, misal di sore hari juga dimandikan 3. berikan ulat 2 ekor selama dua kali seminggu 4. kurangilah lama penjemuran si kacer, misal dikurangi 30 menit

Penanganan jika si kacer mbagong 

  1. sering sering mandikan pagi dan sore hari 2. jika perlu lakukanlah mandi pada malam hari 3. berikan stelan EF yang diatur ulang menjadi setengah dari posisi awalnya. 4. berikan juga ulat bambu minimal 2 ekor seminggu.

Penanganan jika si kacer mabung



mabung (moulting) atau juga rontok bulu, merupakan hal yang alami yang terjadi pada keluarga burung. pada saat mabung si kacer harus dirawat dengan hati hati, jika salah perawatan membuat si kacer menjadi rusak. asupan nutrisi juga penting diberikan dengan porsi yang lebih dari semula.

jangan lupa hindarkan si kacer denag sejenisnya kalau perlu kerondonglah kandang si kacer agar proses mabung tidak terganggu.

perawatan si kacer pada saat mabung:


1. penting menempatkan kacer jauh dari keramaian lalu lalang manusia 2.mandikan sekali sehari saja, dan jangan terlalu lama menjemur nya 3.penting memberikan vitamin dan mineral yang lebih dari porsi awalnya. 4. berikan suara masteran burung, karena pada masa mabung si kacer lebih merasa pendiam dari biasanya dan juga lebih suka mendengarkan. hal ini tepat untuk menambah variasi suara si kacer

*demikian tips perawatan burung kacer semoga bermanfaat

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2014 Informasi Utama. WP Theme-junkie converted by Blogger
Powered by Blogger.
back to top