Mengenal Beige Minimalis Kitchen Set

Project kitchen set hitam putih ini kaya akan nilai pembelajaran space dan ergonomi dari keseluruhan kitchen set itu sendiri, serta pemaksimalan fungsi di area yang kecil. Kami mengikut sertakan client : Mrs.Rini untuk ikut meracik kitchen set ini dari proses penentuan material sampai pengolahan bentukkan dan komposisi area untuk mendapatkan kitchen set ideal yang diinginkan client.

Dikarenakan area Kitchen Set yang kecil dengan fungsi dan fasilitas yang banyak, maka pengolahan area fungsi dan ergonomi diolah lebih mendalam untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Benar-benar harus peka dan berfikir efisien untuk luasan dan penempatan, sehingga semua sirkulasi di dalam dapur menjadi nyaman. Improvisasi dibutuhkan pada kitchen set ini, ketika beberapa bagian menjadi aneh dan kurangnya harmonisasi. Serta yang paling utama adalah kepekaan akan dimensi yang harus selalu diasah sampai kapan pun.


Tidak seperti projek yang sebelumnya. Disini saya terjun lebih mendalam dari segi pengawasan, teknik pemasangan dan kerapihan dalam penyelesaian furniture. Serta berfikir cepat untuk penyelesaian masalah yang timbul silih berganti dilokasi. Tetapi, setelah semua selesai, rasanya ada kesan yang begitu mendalam, puas dan sekali lagi menjadi lebih kaya akan pengalaman.


Sangat berterima kasih dengan team furniture kami yang selalu bisa memberikan ide-ide dan masukkan segar ketika menemukan kendala tidak ideal dilapangan. Serta kelapangan hati mereka ketika menunggu keputusan saya yang kadang masih suka ambigu “to make decided”. Great thanks for u all.


Terima kasih juga untuk Mrs. Rini yang telah mempercayakan kitchennya untuk di desain oleh Va’astu. Sangat berharap tante puas dengan pelayanan dari kami, Vaastu Studio Arsitektur.

Informasi Tambahan :
Ukuran : 4,5m x 2,5m


Bahan Kayu : Multipleks / Plywood

Kaca Bening tebal : 5mm

Bahan finishing : HPL (High Pressure Laminate) – ARBORITE by WilsonArt

( HPL dilapis pada Luar dan Dalam Kabinet )

Plin Kaki Kabinet – Plin Alumunium Tinggi : 10 cm

Handle : Inox

Top Table : Granite – Nero Black Galaxy (tanpa sambungan)

Lampu : Halogen + Automatic Switch

Lampu T5

Pemasangan Electrical / Listrik

Accessories : Drawer / Laci

Rak Laci Sudut Putar Stainless Steel by Vitco – Primacindo

Rak Laci Tarik Stainless Steel by Angle Hardware (2 buah)



Kompor, HOD Penghisap Asap Kompor, Sink Wastafel, Kulkas, Keran, Water Dispenser, Microwive

Dinding : Mosaic Kaca by Lamxon

Gambar :


Tahap penyelesaian Interior

Setting Up Furniture

Perapihan Akhir 01

Perapihan Akhir 02

Detail-detail

source
Read more ...

Tips Penting Membuat Kitchen Set Atau Dapur



Arsitektur Vaastu Studio - Anda berencana membuat kitchen set untuk dapur rumah? Ada beberapa hal yang harus Anda pahami sebelum mengambil keputusan.

Kehidupan modern mensyaratkan perubahan-perubahan yang mendasar. Saat ini, di rumah-rumah keluarga menengah di kota besar sudah semakin sulit dijumpai dapur yang hitam penuh jelaga dan lantai yang lengket. Dapur didesain sedemikian rupa indahnya dengan kitchen set dan dilengkapi berbagai kitchen appliances yang modern.


Dalam perkembangannya, di Indonesia istilah pantry sering diartikan ‘dapur bersih’,

Pantry sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti ‘kamar kecil untuk menyimpan barang pecah belah atau makanan kecil’. Pantry yang dilengkapi kitchen set modern menjadi masalah penting dalam menata rumah. Boleh jadi sama pentingnya dengan penataan ruang tamu dan ruang keluarga atau ruang lainnya dalam sebuah hunian. Saat ini, pantry tak sekadar berfungsi sebagai dapur, tetapi juga menjadi tempat berkumpulnya anggota keluarga ketika sarapan atau makan malam. Kegiatan di pantry biasanya meliputi menyimpan bahan makanan kering, memasak bahan makanan yang praktis, menghangatkan makanan, membuat minuman segar. Sementara itu, kegiatan masak-memasak dilakukan di dapur kotor atau yang biasa disebut area servis. Keberadaan pantry sangat bermanfaat karena selain untuk kegiatan tersebut, juga bisa untuk mempermanis ruang dalam rumah.


Dengan demikian, saat ini sebuah pantry untuk dapur akhirnya jadi sebuah pajangan, itu sah-sah saja. Namun, yang harus diperhatikan adalah tiga basic dari kegiatan utama di dalamnya. Yaitu, memasak untuk hidangan yang ingin disajikan, kemudian mencuci dan menyimpan perlengkapan memasak.

Soal pemilihan desain untuk desain dapur ideal, jangan tergoda untuk membuat kitchen set dengan desain yang unik atau terlalu rumit. Dalam menentukan desain, Anda harus tetap fokus pada kebutuhan akan kitchen set. Sekarang ini sangat banyak desain yang inovatif untuk kitchen set, tapi kadang desain tersebut tidak bisa mengakomodasi kebutuhan Anda. Maka dari itu, sebelum menentukan tampilan, pastikan dulu seberapa luas dapur Anda, peralatan yang akan dipakai, aktivitas apa saja yang akan Anda lakukan di dapur dan sebagainya. Penting juga untuk memikirkan kesesuaian desain kitchen set dengan keseluruhan tampilan rumah. Tentunya kurang cocok jika Anda membuat kitchen set berdesain minimalis modern pada rumah dengan gaya klasik atau victorian.


Bagi sebagian orang, memasak merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Tak tanggung-tanggung, mereka akan memilih perangkat memasak yang serba canggih atau memiliki berbagai fasilitas untuk menyalurkan hobinya ini. Salah satunya adalah membuat kitchen set agar dapur menjadi tempat menyenangkan untuk melakukan aktivitas mengolah dan menyediakan bahan makanan.

Berdasarkan fungsinya dapur dibedakan menjadi dua:


Di sinilah kegiatan masak-memasak sebenarnya dilakukan, seperti menyiapkan makanan dari mentah sampai diolah menjadi masakan yang siap untuk disantap.


Di ruangan ini kebanyakan orang hanya membuat makanan yang ringkas dan mudah untuk disajikan, misalnya seperti menyiapkan sarapan pagi. Bagi keluarga modern, dapur kering juga bisa dijadikan tempat untuk kumpul keluarga sambil menikmati hidangan kecil.


Dapur ini biasanya disatukan dengan ruang keluarga atau ruang makan dan dilengkapi perlengkapan dapur modern.


Dengan berkembangnya budaya dan teknologi, bentuk dapur selalu berubah-ubah. Perencanaan dapur modern sekarang mengikuti prinsip segitiga yang menyatakan bahwa 3 fungsi utama dapur adalah penyimpanan (seperti kulkas), persiapan, dan memasak. Beberapa bentuk dapur yang umum adalah:



“I” Layout Kitchen


Dapur single line merupakan dapur dengan konfigurasi kitchen set berbentuk satu garis lurus. Model ini banyak ditemui pada dapur yang tidak terlalu besar. Kelebihan dapur ini adalah hemat tempat. Karena keterbatasan ukuran, dapur jenis ini kurang efektif untuk melakukan aktivitas yang kompleks. Pada dapur single line agak sulit untuk dibuat kombinasi dapur basah dan dapur kering. Dapur single line sebaiknya difungsikan untuk satu jenis dapur saja. Jika tetap ingin menampilkan keduanya maka alur kerja dapur perlu diperhatikan secara cermat agar tidak tercampur antara fungsi dapur basah dan dapur kering.


Biasanya kitchen set jenis ini digunakan untuk rumah kecil dan apartemen, dimana ruangan yang kecil tersebut hanya 2,5 meter dan masing-masing jarak antara sisi pinggir kompor ke sisi pinggir sink minimal 60 cm begitu juga ke pinggir sisi kulkas. Bentuk ini kurang efektif namun hemat tempat.

Double Line


Island Layout Kitchen – 01

Island Layout Kitchen – 02



Dapur double line merupakan bentuk dapur dengan konfigurasi kitchen set yang berbentuk dua garis lurus. Model dapur ini biasa diterapkan untuk memisahkan antara dapur basah dan dapur kering sehingga antara dapur basah dan dapur kering tidak menyatu., tetapi saling berhadapan. Jarak antara kedua sisi minimal 80cm agar memberi kemudahan sirkulasi saat beraktivitas di ruang dapur. Lay-out dapur double line ini juga perlu diperhatikan sehingga aktivitas memasak dapat dilakukan dengan nyaman dan aman.

Kitchen jenis ini memiliki kabinet yang saling berhadapan dengan jarak minimal 120 cm antara masing2 kabinet. Alur kerja dengan konsep seperti ini memiliki alur yang sangat efektif yaitu berbentuk segitiga. Sebaiknya peletakan sink dpisahkan dari kabinet yang ada kompornya. Biasanya yang sudah-sudah kegiatan mencuci pasti akan mencipratkan air kemana-mana.

Model L (L-Shaped Kitchen Layout)


“L” Layout Kitchen



Dapur dengan konfigurasi kitchen set yang berbentuk huruf “L” merupakan salah satu bentuk dapur yang banyak diterapkan pada rumah-rumah masa kini. Model ini pun bisa diterapkan pada ruang dapur yang memiliki luasan terbatas. Bentuk siku dapur ini juga memungkinkan terjadinya pengelompokan antara dapur basah dan dapur kering yang bisa dibagi pada kedua sisinya. Usahakan meletakan kulkas/lemari storage disudut paling jauh dari kompor atau oven, dan sink berada ditengah-tengahnya tetapi tidak terlalu jauh. Karena kegiatan memasak bisa sangat melelahkan nantinya. Biasanya di sisi dinding yang ada kulkasnya (disisi kulkas paling luar dan jauh dari kompor) diletakan lemari penyimpanan (seperti masakan yang tidak habis, makanan yang akan dimakan lagi) supaya terlepas dari alur memasak. Kelebihan dari dapur berbentuk “L” adalah memiliki jalur sirkulasi yang nyaman untuk beraktifitas.

Model U (U-Shaped Kitchen Layout)


“U” Layout Kitchen – 01

“U” Layout Kitchen – 02

“U” Layout Kitchen

“U” with Island Layout Kitchen

Bentuk dapur dengan konfigurasi kitchen set berbentuk huruf “U” ini membutuhkan ruang yang cukup luas untuk menampung kitchen set yang cukup lengkap. Bentuknya yang “ngantong” dengan tiga sisi membuat pengaturan/pembagian area kerjanya pada dapur model “U” lebih leluasa. Kombinasi dapur basah dan dapur kering bisa diterapkan pada dapur ini. Bahkan dapur inipun bisa di rancang dengan model minibar pada salah satu sisinya. Dapur U bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan yang cukup luas. Jika dirancang lebih maksimal, dapur model “U” dapat menampilkan kesan mewah dan elegan.
Model G (G-Shaped Kitchen Layout)


“G” Layout Kitchen – 01

“G” Layout Kitchen – 02



Kitchen set ini didesain dengan sangat lengkap untuk mengakomodasi fungsi dapur basah dan dapur kering (pantri). Karena ditopang dengan luas ruangan yang cukup besar, sehingga kitchen set tipe ini

sangat efisien karena bisa mendapatkan alur kerja segitiga ideal. Hal ini dapat mengurangi kelelahan pengguna dalam aktivitas memasak. Dimana kulkas diletakan di kabinet yang berhadapan dengan kompor, sementara sink berada pada sisi tembok dasar U tersebut. Masalah akan muncul apabila ruangan itu terlalu kecil, maka pergerakan dari kegiatan memasak akan terganggu karena space yang tidak memadai untuk aktivitas seperti saat membuka laci atau pintu kabinet karena harus bergerak menjauh atau bergerak kesamping.


Karena ditopang dengan luas ruangan yang cukup besar, kitchen set tipe ini selalu tampil menawan dengan berbagai keunikan yang dimilkinya.

Model Island (Island Shaped Kitchen Layout)


Island Layout Kitchen – 01

Island Layout Kitchen – 02

Bentuk island merupakan salah satu bentuk konfigurasi kitchen set yang unik. Jika konfigurasi kitchen set lain rata-rata merapat ke diniding maka pada konfigurasi ini terdapat salah satu bagian yang terletak di tengah ruangan. Bagian inilah yang disebut island (pulau).

Konfigurasi island diciptakan untuk mengakomodasi kebutuhan ruang dapur yang berukuran luas. Konfigurasi ini bisa mengambil bentuk dasar dari konfigurasi lainnya, seperti single line, “L” atau “U”. Island di bagian tengah biasanya berbentuk meja yang bisa difungsikan sebagai area cuci, area memasak, pantri, ataupun meja saji.


Model dapur “island” membawa kesan ekslusif dan dapat diterapkan apabila ruangan yang tersedia cukup luas.


Langkah-langkah Mendesain Kitchen Set





“U” Layout Kitchen

Langkah pertama dalam mendesain kitchen set adalah ‘mendeskripsi-kan’ konsep dapur apa yang anda inginkan, seperti :
  • Apakah di dapur anda nantinya di-inginkan banyak tempat untuk tempat penyimpanan perkakas dapur anda yang ‘mungkin’ banyak jumlahnya?
  • Apakah di sana nantinya digunakan juga sebagai meja makan atau tempat untuk menyantap ‘Breakfast’ anda?
  • Apakah anda tipe orang yang senang memasak?
  • Apakah saja appliance yang anda perlukan?
  • Dan lain sebagainya.


Hal tersebut digabungkan dengan pertimbangan kondisi ruangan, seperti :

  • Bagaimana lay-out ruangan dapur tersebut terhadap ruangan-ruangan yang lain di sekitarnya?
  • Apa tipe dan jenis finishing yang mendominasi interior rumah anda?
  • Apakah pencahayaan dan sirkulasi udara di dapur sudah cukup?
  • Dimana saja letak jendela dan pintu pada lay-out ruang dapur?
  • Dimana arah jendela menghadap?
  • Dimana letak saluran pembuangan air kotor terdekat?
  • Dimana letak outlet air bersih terdekat?
  • Dengan appliance yang nanti anda inginkan, apakah daya listrik sudah cukup untuk mengaliri-nya di ruang dapur?
  • Apakah ada bangunan bertingkat di sekitar rumah anda?
  • Dan lain sebagainya

Dengan memperhitungkan faktor-faktor tersebut di atas ditambah dengan faktor budget yang ada dalam estimasi anda, kita bisa mulai membuat sketsa tentang dapur yang anda inginkan dengan melakukan :

  • Mendata kitchen appliance yang anda miliki sekarang dan yang anda inginkan di masa mendatang, mulai dari ukuran, hingga karakteristik appliance tersebut (bagaimana arah bukaan, bagaimana mengoperasikan, apakah memerlukan daya listrik, apabila diperlukan proses maintenance/refill terhadap appliances tersebut bagaimana prosesnya).
  • Apakah dalam pertimbangan estetika ruangan dan budget dimungkinkan untuk menaruh sink di sudut persimpangan rencana kitchen set?
  • Apakah diinginkan sebuah sink dengan double bowl dan atau ‘sayap’ yang panjang?
  • Remodeling harus menganut prinsip bahwa ada 3 lokasi di area dapur yang harus ada yaitu area cooking/memasak, area mencuci/sink, dan area storage/penyimpanan bahan memasak yang idealnya terhubung dalam arah segitiga satu dengan yang lain, dengan jarak yang cukup untuk pergerakan lalulintas orang diantaranya dan kemudahan menjangkau.
  • Apakah nantinya diinginkan ada mesin cuci front loading di area dapur?
  • Apakah barang-barang yang hendak ditaruh di area dapur banyak memerlukan tipe tray/laci?
  • Apakah sirkulasi udara di area dapur hendak dibantu oleh exhaust fan/filtrack, dsb?

Apabila sketsa rencana dapur tersebut sudah dibuat, maka kita tentukan :

  • model desain dapur yang kita inginkan (minimalis, country, etc).
  • finishing lemari dapur yang diinginkan (melamic, duco, fancy sealer, etc).
  • material counter top yang kita inginkan (granit, marmer, solid timber, tacon, etc).
  • model, material, dan ukuran sink yang hendak kita pasang.
  • model dan ukuran kompor yang hendak kita pasang.
  • jenis faucet/keran air yang hendak kita pasang (model counter top/keran dinding/dengan shower/dsb).

ukuran bersih ruangan, yang sekurang-kurangnya kita ukur dari 2 elevasi pengukuran yang berbeda (gunanya untuk me-metakan kemiringan dari tiap bagian dinding ruang dapur).

ketinggian kusen jendela bagian bawah terhadap lantai dapur.

ketinggian bersih ruangan yang di ukur dari jarak lantai ke plafon.

dimana saja kita akan meletakkan stop kontak untuk appliance yang sudah kita pilih.

ketinggian standar untuk lemari dapur bagian bawah adalah :

90 cm untuk standar internasional

85 cm untuk standar Indonesia/Asia

jarak antara bagian atas lemari bawah (cupboard) dengan bagian bawah lemari gantung (over head cupboard) adalah antara 55 – 60 cm.

tinggi standar over head cupboard adalah 90 cm.

lebar tempat sendok (sudah fabrikasi) yang kita pilih (hal ini berkaitan dengan desain lebar laci tempatnya berada).

Setelah sketsa kita selesai, maka kini kita serahkan pada pihak pembuat untuk menterjemahkan sketsa kita dengan gambar desain yang lebih akurat.

Ingat: karena tipikal ruang, macam appliances, dan kebiasaan penggunanya, tidak ada satu pun dapur yang akan sama persis, sehingga dapur dalam rumah anda nantinya sangat typikal sekali, hanya sesuai dengan anda pemiliknya.

Sumber :
http://architectaria.com
http://www.desainkitchenset.com
http://blogpenna.com
Read more ...

Bendungan Terbesar Yang Ada di Dunia

7. Ataturk Dam – Turkey
Selesai dibangun pada tahun 1990, Bendungan Ataturk di Turki adalah bendungan batu yang ditemukan di Sungai Efrat. Awalnya bernama Bendungan Karababa, situs itu kemudian berganti nama dalam rangka untuk menghormati pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk. Bendungan ini berfungsi untuk mengairi daerah dataran serta sebagai pembangkit listrik.
6. Mangla Dam – Pakistan
Bendungan terbesar kedua belas di dunia ini dibangun pada tahun 1967 dan didanai sebagian oleh Bank Dunia. Bendungan Mangla terwujud berkat penandatanganan Indus Water Treaty tahun 1960tentang hak atas air yang ada di sungai Ravi, Beas, dan Suglej diberikan kepada Pakistan. Sebelum bendungan dibangun sistem irigasi Pakistan bergantung sepenuhnya pada aliran Sungai Indus – yang sebagian besar benar-benar tidak diatur.
5. Tarbela Dam – Pakistan
Selesai pada tahun 1976, Bendungan Tarbela, juga dikenal sebagai Torabela atau Pashto, dianggap sebagai bendungan terbesar yang pernah dibangun di Sungai Indus Pakistan. Meskipun bukan bendungan terbesar di dunia secara keseluruhan, tetapi bendungan ini adalah bendungan air terbesar yang diisi secara alami oleh bumi. Bendungan ini menyimpan air tidak hanya untuk mengendalikan banjir, tetapi juga untuk irigasi dan produksi energi hidro-listrik.
4. Fort Peck – USA
Fort Peck Dam di timur laut Montana adalah salah satu dari enam bendungan yang dapat ditemukan di Sungai Missouri. Pembangunan bendungan ini dimulai pada tahun 1933 sebagai bagian dari New Deal yang diajukan oleh Presiden Franklin D. Roosevelt dan memungkinkan lebih dari 11.000 pekerja untuk memiliki pekerjaan selama konstruksi. Bendungan, yang bertanggung jawab atas pembentukan Danau Fort Peck, digunakan untuk mengendalikan banjir dan menghasilkan listrik.
3. Aswan Dam – Egypt
Bendungan Aswan sebenarnya merupakan sepasang bendungan – di Bendungan Aswan Tinggi dan Bendungan Aswan Rendah. Pada zaman kuno diketahui bahwa Sungai Nil akan banjir setiap musim panas akibat air mengalir dari Afrika Timur. Sebagai penduduk di sepanjang sungai merasa perlu untuk menemukan cara untuk mengendalikan banjir di daerah ini. Sekarang tanah tersebut masih cukup subur untuk pertanian dan orang-orang tidak lagi perlu khawatir tentang kekeringan tetapi bahaya banjir yang menyapu bersih kota mereka.
2. Syncrude Tailings – Canada
Terletak dekat Fort McMurray di Alberta, Kanada, Syncrude Tailing Dam memiliki sekitar 540.000.000 meter volume. Bendungan yang saat ini dikelola oleh sebuah perusahaan yang dikenal sebagai Syncrude Kanada Ltd – perusahaan yang bertanggung jawab untuk ekstraksi minyak di Athabasca Oil Sands. Bendungan ini berfungsi untuk menyimpan tailing – sisa ekstraksi minyak atau residu – yang muncul sebagai produk sampingan dari operasi ekstraksi minyak.
1. Three Gorges Dam – China
Three Gorges Dam di China mutlak merupakan bendungan terbesar di dunia. Pembangunan bendungan ini memiliki dampak besar pada kehidupan di Sandouping, sehingga tidak hanya menyebabkan relokasi puluhan desa tetapi juga relokasi monumen-monumen dan pemandangan. Karena ketinggian Bendungan Three Gorges ini, gunung yang biasanya terlihat tinggi menjulang sekarang terlihat sedikit lebih rendah dari biasanya.
Bendungan-bendungan ini tidak hanya yang terbesar, tetapi juga dianggap yang paling fungsional, indah, dan estetis di dunia. Jangan ragu untuk mengunjungi salah satunya jika Anda sedang berada di negara tersebut. Melihat salah satu bendungan besar secara langsung terbukti akan menjadi pengalaman yang benar-benar menakjubkan dalam hidup anda.
Read more ...

Ramuan Kecantikan Alami dari Buah Manggis

Kekayaan alam Indonesia tak bisa diragukan lagi. Dari tanah Indonesia, “buah super” tumbuh dan dikenal dengan nama: manggis.

Manfaat manggis terkenal hingga seluruh dunia. Manggis dapat memerangi mulai dari radikal bebas penyebab penuaan, hingga bakteri merugikan yang ada di tubuh. Berikut beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam buah manggis.

Xanthone: Berfungsi untuk mengatasi radang dan nyeri. Berguna juga untuk meningkatkan imunitas tubuh serta penahan rasa sakit.

Catechins: berfungsi sebagai antioksidan yang keampuhannya lima kali lipat dari vitamin C.

Polysaccharides dan Quinones: Berfungsi melawan bakteri merugikan pada tubuh, serta zat antikanker.

Stiebenes : Mencegah timbulnya aneka jamur yang merugikan tubuh.

Ahli terapi kecantikan dari Martha Tilaar Salon, Rostimin Rogi juga membagi kiat-kiat untuk memanfaatkan buah manggis secara utuh. Berikut penuturannya.
"Untuk kecantikan kulit, wanita disarankan untuk memakan buah manggis secara teratur. Tak hanya cantik secara fisik, kekuatan dan daya tahan tubuh pun meningkat," ujarnya.
Wanita yang akrab dipanggil 'Mba Min' itu juga mengungkapkan cara membuat ramuan kecantikan dengan buah manggis.

“Ramuan pencegah jamur”
Bahan: Kulit manggis, air hangat
Cara membuat: Kerok kulit manggis bagian dalam yang lembut, lalu campurkan hasilnya dengan air hangat suam-suam kuku. Rendam bagian tubuh yang berpotensi terjangkit jamur, seperti telapak kaki misalnya. Rendam selama 3-5 menit, lalu basuh dengan handuk. Ramuan ini juga bisa digunakan sebagai air pembilas tubuh sewaktu mandi.

“Ramuan pencegah bakteri”
Bahan: Kulit manggis, madu
Cara membuat:Kerok kulit manggis bagian dalam, lalu blender hingga halus. Tambahkan madu secukupnya agar rasanya lebih manis. Minum ramuan tersebut minimal satu hari sekali, agar bakteri merugikan yang bersarang di tubuh hilang. Anda pun bisa cantik luar dalam.
Selamat mencoba.
Read more ...

Foto-Foto Pelangi Terindah

Benar benar kuasa illahi.. 
Hanya Allah yang bisa membuat keindahan seperti ini.
Lihat aja deh di bawah ini.












Pelangi kalau dari atas begini yah…



Pelanginya aneh…

Satu lagi yang langka dari skotlandia…



Dari air terjun di islandia..
Berbentuk sempurna nih dari new york
Pelangi dobel yang ada di melbourne…


Wah, di german ternyata asyik sekali… Menemani pohon sambil liat pelangi…

Kalau ini di Zelenograd Russia…

Di bawah ini diambil dari pegunungan andes…

Yang diambil dari pantai Tulun diMeksiko…

Read more ...