loading...

Tip Mengolah Potensi Rak Buku

loading...
ShutterstockJika kebetulan hobi mengoleksi buku, mungkin ini saatnya Anda mulai "beraksi". Anda bisa menjadikan area ini sebagai kebanggaan baru di dalam rumah.

Tak bosan dengan rak buku yang cuma sekedar aksesoris pelengkap ruangan Anda? Cobalah keluar dari kebiasaan tersebut, karena rak buku juga bisa tampil sebagai focal point ruangan, pembatas antarruang, dan ruang baca kasual.

Dengan menjadi focal point di dalam ruang, Anda akan menjadikan sebuah area khusus dengan rak buku sebagai pusat perhatian. Jika kebetulan hobi mengoleksi buku, mungkin ini saatnya Anda mulai "beraksi".

Anda bisa menjadikan area ini sebagai kebanggaan baru di dalam rumah. Agar tampilannya menarik perhatian, rak buku bisa dibuat dari gabungan panel MDF dilapisi lembaran tipis serat kayu dengan warna cokelat. Anda bisa membuat rak ini memiliki kaki atau melayang.

Kemudian, susun buku koleksi Anda berdasarkan kategorinya. Tambahkan beberapa aksesoris seperti foto diri, pernak pernik dan lainnya untuk mempermanis rak buku.

Untuk membuat area ini sebagai pusat perhatian, usahakan agar kondisinya terang atau tambahkan lampu tanam pada bagian rak paling atas. Bisa juga pada bagian bawahnya dibuat melayang dan dilengkapi lampu.

Selain menjadikan sebagai focal point, rak buku juga bisa ditempatkan di ruang kerja menjadi elemen pelengkap ruangan. Karena biasanya kebutuhan rak di ruang kerja cukup banyak, maka ada baiknya Anda menggunakan furnitur tanam.

Furnitur tanam sangat efisien, karena dimensi rak dapat dimaksimalkan sesuai ruang kosong yang tersedia. Di sini, Anda bisa menyesuaikan lebar dan ketinggian ambalan mengikuti koleksi buku.

Namun, sebaiknya rak buku ini dibuat satu sisi saja. Karena ketika pada posisi sebaliknya, rak ini memiliki peran lain sebagai pembatas antarruang.

Di balik ruang rak buku, Anda masih bisa mengolahnya menjadi ruang kerja, ruang keluarga bahkan ruang makan. Apabila ukuran rak buku cukup panjang dan cukup tinggi, maka aktivitas di balik ruang ini tidak akan diketahui atau diganggu dari ruang lainnya. Selain itu, pembatas rak buku ini memungkinkan Anda menghemat anggaran menyekat dua ruang.
kompas.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tip Mengolah Potensi Rak Buku"