loading...

Cara merancang, menata dan mendesain rumah kecil dengan biaya murah

loading...

interior ruang apartemen kecil
interior ruang apartemen kecil
Anda mempunyai rumah yang kecil dan mungil dan mempunyai masalah bagaimana menata dan mendesain agar kelihatan luas dan lapang? Sebenarnya tidak terlalu sulit menata ruangan sempit atau kamar apartement yang sempit dengan biaya yang murah. Berikut ini tips atau cara sederhana menata dan merancang rumah yang kecil biar kelihatan besar lapang dan nyaman.
1. Memilih kaca yang tepat dan mengatur letak Jendela. Peletakan jendela harus tepat posisinya, begitu juga pemakaian kaca di dalam rumah dapat membuat rumah terlihat lebih luas. Pakailah ukuran jendela yang tidak besar dan kaca tidak bermotif. Jendela dipasang dengan posisi tepat agar dapat menyerap sinar matahari, memberi kehangatan, dan membantu sirkulasi udara dalam rumah.
2. Gunakan cat dengan warna cerah. Sebaiknya Anda memilih warna-warna terang untuk dinding, pasalnya warna gelap akan memberi kesan ruangan lebih sempit dan lesu. Kalau Anda senang memakaiwallpaper, pilihlah yang bermotif ringan dan berwarna lembut. Motif misalnya garis tipis atau kotak tipis. Tujuannya untuk mengistirahatkan pandangan mata.
3. Pemilihan Furnitur tepat . Sebaiknya Anda memilih furnitur dengan desain sederhana. Pilih juga warna furnitur yang lembut. Tujuannya agar menghasilkan efek luas dan ringan. Sebagai sentuhan alam, masukkan unsur-unsur alam seperti tanaman dalam pot atau bunga di dalam rumah.
4. Menggunakan  Cermin. Cermin dapat dipasang pada sudut rumah tertentu di dalam rumah. Seperti diketahui, kegunaannya selain untuk mematut diri dapat juga menyiasati ruang yang sempit. Cermin tidak usah terlalu besar dan terlalu banyak. Tempatkan di satu sudut dan berfungsi memberi kesan luas di dalam ruangan.
5. Membuat tangga ringan Bila rumah mungil Anda terdiri dari dua lantai, sebaiknya memilih tangga dari bahan yang ringan karena akan terlihat tidak memakan ruangan yang sudah sempit. Di bawah tangga bisa dimanfaatkan menempatkan barang. Namun, hindari menumpuk barang di situ karena ruangan akan terlihat berantakan.
6. Menggunakan ruang secara efektif dan effisien. Cermati ruang-ruang kosong yang ada di rumah, manfaatkan untuk meletakkan barang. Misalnya di bawah tangga, Anda dapat menempatkan perabotan atau perkakas atau sebagai storeage. Bisa juga di bawah wastafel untuk menyimpan barang.
7. Mengatur pencahayaan yang tepat. Sinar cahaya lampu yang Anda dapat manfaatkan berwarna kuning dan putih. Cahaya lampu berwarna kuning memberi kesan lebih hangat, alami, dan romantis. Sementara cahaya lampu berwarna putih memberi kesan formal, luas, dan bersahabat. Perhatikan juga jarak penempatan lampu di tiap ruangan.
sumber
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara merancang, menata dan mendesain rumah kecil dengan biaya murah"