loading...

4 Ide Liburan Murah Bersama Anak

loading...
img
Waktu liburan anak kini telah tiba, sayang Anda malah sedang tak punya budget untuk berlibur ke luar kota atau luar negeri. Jangan khawatir, coba salah satu dari empat ide liburan murah ini bersama anak, siapa tahu mereka menyukainya.

Dikutip dari childparenting, berikut ini empat ide liburan murah tersebut:

1. Keliling kota dan bersikaplah seperti turis
Anda dan si kecil bisa jadi sudah bertahun-tahun tinggal di Jakarta atau kota lainnya. Namun pernahkah Anda keliling Jakarta? Jika belum, Anda bisa mencobanya. Namun saat melakukan kegiatan tersebut bersikaplah seperti turis, seperti Anda baru pertama kali datang ke Jakarta.

Datangi tempat-tempat yang biasa didatangi turis, seperti Museum Gajah atau kawasan Kota Tua. Jika anak belum bosan dengan kawasan Ancol, tidak ada salahnya mendatangi tempat itu lagi.

Sama seperti sedang liburan dan menjadi turis, untuk ide pertama ini, Anda harus menyipakan budget makan di restoran. Sebagai turis, biasanya Anda makan di restoran bukan? Kegiatan makan di luar ini juga bisa jadi selingan yang menyenangkan untuk anak.

2. Ajari Anak Mengembangkan Hobinya
Selama ini Anda melihat anak memiliki tertentu seperti melukis atau fotografi? Inilah saatnya mengajak anak mengembangkan hobinya tersebut.

Jadikan waktu liburan tersebut sebagai saat di mana anak bisa sepuasnya melakukan hobinya itu. Jika si kecil suka memotret, Anda bisa mengajaknya ke tempat-tempat yang disukainya untuk mengambil gambar.

Kalau anak suka melukis, ada banyak tempat yang bisa membuat anak semakin mengembangkan bakatnya itu. Anda bisa mencarinya di internet atau majalah soal tempat-tempat menarik ini.

3. Berkemah
Jika dibandingkan pergi ke luar kota selama beberapa hari, berkemah tentu tidak akan mengeluarkan budget yang menguras kantong. Sekarang ini, selain di kawasan Cibubur, ada banyak tempat lainnya yang bisa jadi pilihan untuk berkemah seperti di Ragunan dan Ancol.

Kegiatan berkemah ini selain bisa lebih mengakrabkan Anda dan anak, si kecil pun bisa lebih dekat dengan alam. Selalu libatkan anak dalam mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari membangun tenda sampai memasak hidangan untuk makan malam.

Agar si kecil merasa nyaman, persiapkan segala sesuatunya mulai dari makanan, pakaian (jas hujan), lotion anti nyamuk dan kotak P3K. Untuk masalah toilet, jangan khawatir, sekarang ini tempat berkemah yang disebutkan di atas memiliki fasilitas lengkap seperti kamar mandi.

4. Mengunjungi Kakek & Nenek atau Saudara
Ide keempat ini tepat untuk Anda yang selama ini tinggal berjauhan dengan orangtua atau saudara lainnya. Inilah saatnya menjadikan momen liburan untuk mengajak anak mengenal keluarga Anda atau pasangan lebih dekat. Pulang kampung setahun sekali saat Idul Fitri tentu belum cukup untuk membuat anak mengenal seluruh keluarga Anda atau pasangan.

Anak biasanya juga akan sangat antusias saat diajak berkunjung ke rumah kakek-nenek atau saudara mereka. Apalagi jika di sana ada banyak kegiatan yang jarang dilakukannya selama ia tinggal di rumah, misalnya pergi ke sawah, memberi makan sapi atau kambing, memancing dan lain-lain.

Kalau pergi ke rumah orangtua Anda ternyata memerlukan biaya yang tidak sedikit, Anda bisa mengajak anak menginap di rumah keluarga yang jaraknya tidak terlalu jauh. Usahakan saudara yang Anda kunjungi itu juga memiliki anak sehingga si kecil merasa punya teman bermain baru.

(eny/hst)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Ide Liburan Murah Bersama Anak"