loading...

Tips Merawat Kompor Oven dan Cara Membersihkan Oven

loading...

Kompor Oven
Tips Merawat Kompor Oven
Kompor yang dilengkapi dengan oven termasuk peranti masak paling vital dalam rumah tangga. Alat dapur ini patut dipelihara dengan benar agar awet dan berfungsi dengan baik.

Caranya:
1. Jika kompor oven Anda bukan jenis antitikus, lindungi bagian belakang badannya dengan kawat nyamuk.
2. Selalu bersihkan noda-noda masakan yang tercecer pada kompor oven terutama setelah memasak makanan berlemak
karena kotoran berupa lemak atau minyak bisa menyumbat lubang api baik pada badan maupun tungku gasnya. Tentu saja lakukan pembersihan ini setelah kompor oven dingin.
3. Lakukan pemeriksaan rutin terhadap kompor oven Anda minimal setahun sekali. Dengan demikian, jika terdapat kerusakan, Anda bisa dengan cepat mengatasinya.
4. Jika kompor oven tidak digunakan dalam waktu cukup lama, setidaknya 2-3 minggu, hentikan aliran gasnya agar aman.
5. Setelah selesai menggunakannya, jangan tutup pintu kompor oven sebelum suhu bagian dalamnya kembali dingin.

Cara membersihkan oven:
Campur 250 ml baking soda dan 60 ml washing soda. Setelah itu, percikkan air secara merata pada bagian dasar oven. Bubuhkan campuran baking soda-washing soda, lalu kembali percikkan air di atasnya. Diamkan semalam. Keesokan harinya, bersihkan oven dengan spons kasar.

Setelah itu, bersihkan bagian dalam dan atas pintu oven menggunakan spons lain yang sudah diberi sedikit sabun cair dan air. Terakhir, lap seluruh bagian oven, dalam dan luar, dengan kain basah.

Perlu Anda ketahui bahwa sejumlah pembersih oven mengandung bahan yang beracun dan berbahaya bagi kesehatan, seperti lye yang dapat merusak kulit dan amoniak yang menyebabkan iritasi mata dan paru-paru.

http://rachmadrevanz.com

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Kompor Oven dan Cara Membersihkan Oven"