loading...

Rombak Wajah Total Pertama Di Dunia

loading...


Saking parahnya, pemuda itu sampai kesulitan bernafas dan memasukkan makanan.

Tim dokter di Madrid, Spanyol mengklaim telah melakukan operasi total pada wajah seorang pasien. Pasien beruntung itu adalah seorang petani muda yang mengalami kerusakan parah akibat menembak wajahnya sendiri lima tahun lalu.

Saking parahnya, pemuda itu sampai kesulitan bernafas dan memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Ini adalah operasi wajah terbesar yang pernah dilakukan pada 11 operasi sejenis di seluruh dunia.

Selama 24 jam operasi berlangsung, dokter telah mengangkat beberapa bagian pada wajah. Bagian yang diangkat termasuk hidung, rahang, tulang pipi, otot wajah, gigi dan kelopak mata.

Menurut ketua tim dokter, Joan Pere Barret, semua bagian itu ditempatkan pada master wajah baru yang akan dimiliki si pasien.

Operasi ini mengumpulkan ahli-ahli bedah di Spanyol. Peristiwa besar di bidang kedokteran Spanyol ini dilakukan akhir bulan lalu di RS Barcelona's Vall d'Hebron. Ini disebut-sebut sebagai kemajuan penting bagi dunia kesehatan Spanyol.

"Ini adalah terobosan. Mereka berusaha sepenuhnya dan saya sangat senang dengan kinerja tim ini," kata Thomas Romo, Kepala Operasi Wajah dan Rekonstruksi di RS Lenox Hill, New York.

Identitas si pasien yang berwarga negara Spanyol itu hingga kini belum dipublikasikan. Yang jelas, kini dia benar-benar sudah berubah memiliki wajah baru dari mulai garis rambut hingga hanya satu gores luka saja yang terlihat.

"Luka goresan yang lebih mirip seperti kerut itu tampak melingkar di bagian leher," kata Barret yang memimpin operasi yang melibatkan 30 dokter.

[sumber: vivanews.com]
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rombak Wajah Total Pertama Di Dunia"