BUNGA MELATI DAN KHASIATNYA

11.42 - By TRACKER 0

Bunga Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac) karena bunganya dikaitkan dengan berbagai tradisi dar banyak suku di negara ini. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir (J. officinale). Di Indonesia nama melati dikenal oleh masyarakat di seluruh wilayah Nusantara. Nama-nama daerah untuk melati adalah Menuh (Bali), Meulu cut atau Meulu China (Aceh), Menyuru (Banda), Melur (Gayo dan Batak Karo), Manduru (Menado), Mundu (Bima dan Sumbawa) dan Manyora (Timor), serta Malete (Madura).

Di Italia, melati casablanca (Jasminum officinalle), yang disebut Spanish Jasmine ditanam tahun 1692 untuk dijadikan parfum. Tahun 1665 di Inggris dibudidayakan melati putih (J. sambac) yang diperkenalkan oleh Duke Casimo de Medici. Dalam tahun 1919 ditemukan melati J. parkeri di kawasan India Barat Laut, Kemudian dibudidayakan di Inggris pada tahun 1923.



Perawatannya sangat mudah, cukup penyiraman secara rutin dan sinar matahari yang cukup, maka bunga ini sudah dapat tumbuh dengan subur.



Melati berbunga sepanjang tahun. Sari bunganya banyak dijadikan farfum/minyak wangi, sabun dan bedak. Dan karena keanggunannya maka sering digunakan sebagai kalung dan penghias sanggul pengantin. Bunganya yang putih bersih dengan aroma yang menawan, menjadikan melati sebagai bunga yang banyak disukai.


Melati yang berbunga harum, tidak hanya bisa dijadikan sebagai farfum dan hiasan. Melati dapat juga digunakan sebagai obat. Akar, daun dan bunganya banyak manfaatnya, Subhanallah.


Kegunaannya antara lain :


Akar melati dapat digunakan sebagai obat luka karena terpukul, sakit gigi dan sakit kepala. Cukup dengan melumatkan akar yang sudah dicuci lalu ditempelkan di tempat yang sakit. Insya Allah, dengan cara ini, luka akan cepat sembuh.


Daun dan Bunga melati dapat dijadikan obat radang mata, sesak nafas, bisul dan bengkak akibat gigitan serangga. Caranya, segenggam bunga melati direbus setelah dicuci. Airnya sebagian diminum dan sebagian dipakai untuk mencuci mata. Bila bengkak karena gigitan serangga, segera ambil bunga atau daun melati yang telah dicuci bersih lalu ditumbuk kemudian ditempelkan ke tempat yang bengkak tersebut. Insya Allah, bengkaknya akan mengecil.


Selain untuk obat, bunga melati juga dipakai sebagai campuran minum teh yang awalnya diperkenalkan oleh orang-orang China.


Bagaimana cara menanamnya? Sebaiknya ditanam pada musim hujan dengan mengambil batangnya yang sudah tua, dipotong dengan menggunakan pisau yang tajam, lalu ditanam di dalam pot atau tanah yang lembab dan cukup sinar matahari.


Banyak hikmah dan pembelajaran berharga dibalik kehidupan bunga melati. Melati yang mudah ditanam, mengajarkan kepada kita untuk senantiasa bersyukur kepada Allah dan berjiwa besar untuk siap hidup dimana saja. Bunganya yang harum mengajarkan kepada kita untuk senantiasa berprilaku yang baik dan berkata sopan. Sehingga, orang sekeliling akan menyukai kita, sebagaimana orang suka akan harumnya bunga melati. Khasiatnya sebagai obat, mengajarkan kepada kita, bahwa tidak cukup hanya dengan berbuat baik, tetapi kita harus berguna bagi masyarakat.

Get Updates

Subscribe to our e-mail newsletter to receive updates.

Share This Post

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© 2014 Informasi Utama. WP Theme-junkie converted by Blogger
Powered by Blogger.
back to top