loading...

MENCEGAH SERANGAN KANKER DENGAN OLAHRAGA

loading...
Ketimbang Sekedar berjalan-jalan di mall atau menghabiskan waktu dengan menonton televisi, mengapa kita tidak memulai untuk memanfaatkan waktu luang kita untuk berolahraga? Dalam sebuah studi yang dipublikasikan baru-baru ini, para ahli menyimpulkan bahwa olahraga terbukti dapat menangkal serangan kanker di daerah pencernaan. Dalam penelitian yang melibatkan 2560 orang responden berusia pertengahan, para peneliti memantau kegiatan harian para responden tersebut selama 17 tahun.

Pada saat penelitian tersebut dimulai, tidak ada satupun dari responden tersebut yang menderita kanker. Namun di akhir masa penelitian yang memakan waktu 17 tahun tersebut, 181 orang meninggal akibat penyakit. Para peneliti menemukan bahwa di luar kebiasaan merokok, asupan serat dan lemak, faktor usia, dan variabel lainnya. Pria yang yang secara fisik lebih aktif berolahraga memiliki resiko terkena kanker – terutama kanker usus, lebih kecil.

Para ahli tersebut menyimpulkan bahwa intensitas olahraga yang dilakukan oleh para responden merupakan suatu hal yang penting, semakin rutin kegiatan olahraga dilakukan, maka tubuh makin terlindung dari sel-sel penyebab kanker.

Hasil penelitian tersebut juga semakin menguatkan bukti penelitian yang lain tentang manfaat olahraga sebagai kegiatan yang dapat meminimalkan terserangnya tubuh kita oleh penyakit kanker. Hasil dari penelitian tersebut memang bukan berita yang baru lagi, sejak dahulu, para ahli sudah mengetahui bahwa olahraga akan membuat usus menjadi kosong sehingga zat penyebab kanker (zat karsinogen) hanya punya sedikit waktu untuk hidup di usus.

Sementara itu, hasil penelitian lain menyebutkan bahwa olahraga akan mengolah insulin dan selgrowth factor yang dapat mengurangi terbentuknya tumor.

Bagaimana? Masihkah Anda beralasan untuk malas berolahraga di waktu luang Anda?
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENCEGAH SERANGAN KANKER DENGAN OLAHRAGA"