loading...

MENATA KOLEKSI BUKU-BUKU

loading...
Saat sedang membutuhkan barang-barang yang dibutuhkan dan tak dapat menemukannya, tentunya membuat Anda kesal. Sebenarnya, tak harus jadi seorang pustakawan/pustakawati untuk membuat koleksi-koleksi buku mudah ditemukan. Berikut beberapa cara pengaturan letak buku untuk menghindari kesulitan saat mencarinya.
  • Tarik semua buku atau surat kabar dari rak. Pilah antara yang ingin Anda simpan dan tidak.
  • Buang kertas-kertas yang berlebihan yang mungkin ada dalam buku itu. Recycle semua kertas yang tidak diperlukan.
  • Tumpuk semua buku yang Anda butuhkan. Nanti dapat Anda sortir kembali mana yang masih berharga atau yang harus disingkirkan.
  • Bersihkan rak buku Anda dari debu dan hal-hal lainnya karena setelah buku tertata mungkin Anda tidak ada waktu lagi melakukannya.
  • Putuskan bagaimana Anda akan mengatur koleksi buku ini. Ada banyak cara dalam pengaturan buku yang dapat Anda pilih, sesuai ukuran, sesuai warna, sesuai jumlah halaman, sesuai subyek, sesuai judul favorit, sesuai penerbit, tanggal penerbitan, tanggal buku dibeli, genre favorit atau nama penulis atau sesuai penamaan yang biasa digunakan di perpustakaan Dewey Decimal system/Library of Congress Classification system (non-fiksi) – untuk dua sistem ini dibedakan berdasarkan pembagian ilmu pengetahuan dari yang bersifat umum hingga bersifat khusus.
  • Beri label pada tiap-tiap buku dengan menggunakan label buatan sendiri atau dengan cara pemberian nomor Dewey Decimal untuk menandai tiap buku.
  • Tata kembali buku-buku Anda sesuai dengan jenisnya di rak.

Selamat menata kembali koleksi buku Anda dan nikmati kerapiannya!

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENATA KOLEKSI BUKU-BUKU"