loading...

Rumah Elegan Dengan Tiang Tinggi

loading...
Masyarakat perkotaan semakin piawai menciptakan hunian nyaman untuk tinggal. Rumah tinggal dibuat senyaman mungkin. Baik untuk ditinggali maupun untuk menunjukkan status sosial sang pemilik.
Salah satu bentuk rumah mewah gaya klasik yang sering kita lihat dalam masyarakat perkotaan, adalah disain berciri khas pilar tinggi yang diadopsi dari bangunan-bangunan kuno Romawi.

Pilar-pilar tinggi dengan kesan kuat, mewah serta megah ini, disebut gaya Neo-Klasik.Pada umumnya, disain Neo-Klasik mencerminkan status sosial pemiliknya yang tinggi. Selain kemegahan dan kekuatan tiang pilar, ornamen pilar pun menjadi sesuatu yang khas, terutama dari tingkat kerumitan dan detailnya.

Selain pilar tinggi, profil khas gaya Neo-Klasik juga dapat dilihat dari kusen jendela dan pintu yang dibuat melengkung dan panjang. Unsur ini tentu saja untuk mempertegas kesan megah namun elegan.Bangunan bergaya Neo-Klasik kini banyak diadaptasi oleh rumah-rumah di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan yang sebagian besar menggunakan pilar tinggi besar yang fungsinya tak lagi sekedar penopang, tapi juga penghias rumah itu sendiri.


Berbeda dengan asumsi kebanyakan orang kalau gaya Neo-Klasik umumnya untuk rumah dengan lahan ratusan meter. Sebenarnya gaya Neo-Klasik bisa juga diadaptasi untuk rumah-rumah mungil dengan luas bangunan sekitar 36 meter persegi, dengan luas tanah 72 meter persegi.
Tiang besar juga bisa digunakan untuk bangunan berlantai satu. Penggunaan pilar setinggi 6 meter dapat menimbulkan kesan rumah bertingkat dua. Jendela yang membatasi ruang dalam dan teras, dibuat agak ke atas dan berkerangka melengkung sebagai hiasan. Unsur ini akan membantu rumah kecil Anda terkesan lebih besar dari yang sebenarnya. Halaman depan diusahakan tetap ada, karena pada umumnya, rumah bergaya ini ikut memperhitungkan jarak rumah dengan pagar yang juga dibuat lebih tinggi.

Dengan begitu gaya Neo-Klasik atau Klasik-Romawi ini, dapat diadaptasi oleh lahan yang tak terlalu besar. Sehingga Anda yang ingin memiliki rumah berpilar, dapat tetap berkreasi dan menghasilkan rumah yang indah dan megah. (Teti)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Elegan Dengan Tiang Tinggi"