loading...

CARA MEMBUAT BERBAGAI MACAM BUNGA DARI BAHAN PLASTIK

loading...

Kantong plastik kresek merupakan salah satu sumber masalah yang sangat serius bila tidak didaur ulang keberadaannya. Karena keberadaan kantong plastik kresek dapat menyebabkan pencemaran tanah sehingga harus benar-benar diperhatikan secara lebih. Setiap orang pasti menggunakan kantong plastik kresek untuk berbagai macam keperluan. Namun seringkali penggunaannya dibuang begitu saja ke tanah bila sudah tidak digunakan lagi. Kantong plastik ini padahal merupakan salah jenis sampah yang sangat sulit untuk diuraikan sehingga keberadaanya di dalam tanah dapat menyebabkan kerusakan pada daur ekosistem tanah.

Salah satu jenis sampah yang memang menimbulkan suatu masalah kebersihan yang sangat serius saat ini adalah jenis sampah kantong plastik. Karena sebagian besar barang yang dibeli oleh setiap manusia pasti menggunakan kantong plastik ini sebagai pembungkusnya. Dan bila sudah tidak digunakan lagi maka mereka akan membuangnya begitu saja. Sehingga hal tersebut akan menimbulkan sampah plastik ada dimana-mana dan meruska pemandangan sekitar.

Tidak hanya dapat merusak keindahan sekitar saja, akan tetapi sampah kantong plastik yang berserakan dimana-mana akan menimbulkan suatu masalah karena tidak dapat membusuk. Kalaupun nantinya sampah tersebut dibakar, juga akan menyebabkan timbulnya polusi udara di lingkungan sekitar. Apalagi bila anda membakar sampah-sampah plasttik tersebut di area pemukiman yang padat penduduknya tentunya akan mengganggu lingkungan sekitar.


Sampah yang terbuat dari pastik sangat perlu untk di daur ulang atau digunakan kembali. Supaya keberadaannya yang lama-kelamaan bisa menumpuk dan menimbulkan masalah serius bagi tanah. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendaur ulang sampah kantong plastik ini. Salah satunya adalah dengan menjadikan sampah kantong plastik tersebut sebagai bahan untuk membuat kerajinan tangan.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya bila kita tidak membuang sampah plastik bekas secara sembarangan. Kita harus lebih kreatif dalam memanfaatkan kantung plastik sebagai bahan untuk berkreasi. Banyak sekali hal-hal yang dapat kita lakukan dengan menjadikan kantong plastik bekas dan sudah tidak terpakai sebagai bahan untuk membuat suatu kreasi yang indah.

Hal itu, selain untuk mengurangi sampah plastik yang berserakan dimana-mana juga dengan hasil pemanfaatan kantung palstik bekas tersebut sebagai bahan dalam membuat kerajinan tangan yang tidak kalah menarik dengan yang lain. misalnya untuk membuat kerajinan tangan bunga-bungaan, seperti bunga mawar, bunga dahlia, dan lain-lain. Dan tentunya kerajinan tangan yang terbuat dari kantong plastik bekas tersebut dapat dijadikan sebagai penghias ruangan di rumah dan akan lebih bermanfaat lagi dari pada hanya sebagai sampah.

Hiasan Ruangan dengan kantong plastik


Memang membuat kerajinan tangan dengan menggunakan bahan baku kantong plastik banyak sekali macamnya. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara membuat bunga-bungaan dari kantong plastik yang indah dan menarik. Langkah-langkah dalam membuatnya pun juga tidaklah sesulit yang kamu bayangkan.

langkah Pertama

anda harus menyiapkan bahan dan alatnya dulu. Dalam menyiapkan alat dan bahan, anda tidak perlu merogoh kocek yang lebih. Bahkan anda bisa mendapatkannya dengan gratis. Karena bahannya di dapat dari barang bekas yang sering anda gunakan, seperti kantong plastik dan benang.

Langkah kedua

adalah membuat pola. Bila bahan dan alat telah siap, maka langkah selanjutnya adalah menggunting kantong kresek yang panjang dan lebarnya sekitar 4 hingga 5 cm. Kemudian kantong plastik dipotong menjadi beberapa bagian yang sama panjangnya, lalu dibentuk polanya, dan dilipat. Pada proses ini, alangkah baiknya bila kamu menggunakan bahan kantong plastik yang ukurannya agak tebal. Dan jangan gunakan kantong plastik yang tipis yang biasa kamu dapatkan dari toko-toko kecil. Dalam membuat potongan pola sebaiknya buat sebanyak-banyaknya, namun harus tergantung pada berapa banyak bunga yang akan kamu buat.

Langkah ketiga

yaitu proses penyatuan beberapa pola. Langkah ini dilakukan jika semua pola yang dibuat telah selesai semua. Lalu pola-pola tersebut disatukan semua dengan menggunakan benang dan jarum. Setiap potongan di jarumi dengan tetap mengikuti lipatan yang sebelumnya telah kamu buat. Semua potongan disatukan kemudian disusun secara bersilangan. Bila kamu telah menyusun secara banyak, maka kamu tinggal mengikat kedua ujung benang dengan kencang supaya tidak mudah lepas.

Langkah keempat

yaitu adalah memberikan sentuhan artistik. Langkah ini merupakan langkah terakhir dan perlu dilakukan supaya bunga yang kita buat tampak hidup. Cara memberikan sentuhan artistik ini adalah dengan melengkungkan kelopak yang ada paling atas supaya memberi kesan kuncup pada sebuah bunga. Bila kamu ingin membuat yang banyak maka, kamu bisa melakukan langkah-langkah yang sama pada setiap bunga sehingga nanti hasilnya jadi bagus dan indah.


Nah, begitulah tadi cara membuat hiasan bunga dari kantong plastik. Kamu bisa menggunakan hiasan dari kantong plastik ini untuk memperindah suasana rumah kamu seperti kamar, ruang tamu, ruang santai, atau meja TV. Agar bunga-bunga yang kamu buat tersebut dapat memberikan kesan yang alami, kamu bisa mengaitkan bunga dengan ranting kayu atau bonsai serta diberi daun yang indah. Setelah itu kamu bisa meletakkannya di dalam vas bunga yang unik. Jadi kesannya tampak indah.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membuat bunga-bunga di bawah ini yang bahannya sama dengan bahan di atas yaitu kantong plastik.

Membuat Bunga Mawar Dari Kantong Plastik


Alat dan bahan :
  • Benang
  • Kantong plastik (berwarna merah dan hijau)
  • Gunting
  • Kawat atau bisa menggunakan lidi dari sapu
  • Vas bunga
Langkah-langkah membuatnya adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama kamu harus menyiapkan alat dan bahan di atas ( kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan tersebut secara gratis yaitu bekas kantong plastik yang sudah tidak terpakai). Biasanya di sekitar rumah anda pasti ada.
  • Selanjutnya adalah membentangkan kantong plastik yang berwarna merah secara rapi, lali dilipat beberapa kali supaya memudahkan kamu untuk memotong.
  • Setelah dibentangkan, maka kantong plastik tersebut dipotong secara horizontal dengan ukuran 16 hingga 20 cm sesuai dengan ukuran bunga yang akan anda inginkan.
  • Pada salah satu bagian ujungnya di gunting sehingga kamu akan mendapatkan bahan persegi panjang yang panjangnya sesuai dengan ukuran kantong plastik yang akan digunakan. Serta antara lebar dan tingginya telah sesuai dengan yang akan dipakai.
  • Lipatlah kantong plastik yang sudah dipotong-potong tadi dari atas ke bawah.
  • Di bagian lipatan yang atas, kamu menggunakan kedua tangan yaitu gunakan jempol dan telunjuk untuk memutar plastik secara dengan arah yang berlawanan supaya bisa menghasilkan sebuah lekukan. Lekukan tersebut memiliki fungsi untuk membentuk kelopak bunga seperti aslinya. Ketika kamu membuat lekukan, maka diusahakan supaya plastiknya tidak koyak dan sobek.
  • Lalu plastiknya digulung dari ujung yang satu dengan lingkarannya secara satu per satu atau bertahap. Dalam membuat gulungan sebaiknya buat gulungan kecil untuk yang bagian dalam dan semakin bertambah besar untuk yang bagian luarnya.
  • Bagian bawah pada gulungan diikat dengan menggunakan tali ataupun benang yang tadi sudah anda siapkan. Di bagian atasnya buatlah lipatan yang ada lekukannya sehingga terbentuk seperti sebuah bunga.
  • Selanjutnya adalah merapikan bentuk kelopak bunga dengan sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan bentuk yang kamu inginkan. Hasilnya nanti kurang lebih akan menjadi lebih indah. Bila kamu ingin membuat beberapa atau banyak bunga maka kamu bisa melakukan langkah yang sama seperti dengan yang di atas .
  • Untuk membuat daun, maka kamu tinggal menggunting kantung plastik yang berwarna hijau. Ukurannya adalah setengah ukuran plastik yang merah tadi yaitu dengan panjang 15 cm dan lebar kurang lebih sekitar 8 cm.
  • Selanjutnya adalah membentangkan plastik yang berwarna hijau dan sudah digunting. Lalu lipat plastik yang berwarna hijau dengan tetap mengaturnya agar pada bagian kiri dan kanan plastik bisa terbentuk lipatan. Setelah itu putar pada bagian tengahnya sebanyak dua kali dan lipat secara simetris sehingga membentuk sebuah daun.
  • Setelah jadi, pasangkan kawat atau lidi ke bagian bawah bunga lalu selipkan di dalam lipatannya. Ikatlah dengan menggunakan benang atau tali.
  • Daun yang tadi sudah dibuat juga dipasangkan sebelumnya ke batang dengan letak dan jumlah yang sesuai dengan keinginan kamu.
  • Kawat dilapisi dengan menggunakan kantung plastik yang berwarna hijau dari bagian bawah hingga ke ujung batang bagian atas. Namun, sebelumnya gunting dahulu plastik yang berwarna hijau selebar 2 cm. Cara melapisinya dengan memutar plastik secara teratur agar tidak menjadi gumpalan sehingga nanti bisa menghasilkan bunga mawar yang indah dan menarik.
  • Buatlah beberapa tangkai sesuai dengan selera kamu lalu jadikanlah satu serta masukkan ke dalam vas bunga ataupun tempat yang kamu inginkan.
MEMBUAT BUNGA DAHLIA DARI KANTONG PLASTIK


Memang kita tidak pernah menyangkanya bila ternyata kantong plastik bisa kita manfaatkan untuk membuat sebuah karya atau hiasan yang indah yaitu kuntum-kuntum bunga dahlia yang cantik. Kantong plastik memiliki sifat yang tipis, lentur, berwarna-warni, serta transparan memang sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar yang mudah dan murah untuk di dapat guna membuat sebuah kerajinan tangan seperti bunga.

Bunga dari kantong plastik bisa kita buat menjadi berwarna-warni, seperti kuning, putih, merah, dan lain-lain. Kita tak pernah mengira kalau bahan tersebut adalah bahan kantong plastik bekas. Membuat bunga dahlia dari kantong plastik bekas ini pun caranya sangat sederhana dan hampir sama dengan membuat bunga mawar tadi. Kamu akan merasa mudah bila kamu mengikuti langkah demi langkah berikut ini!

Dalam membuat bunga dahlia dari bahan kantong plastik bekas langkah yang harus kita ambil pertama kali adalah menyiapkan bahan-bahan dan mengikuti langkah-langkah dalam proses membuatnya.

Alat dan bahan yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut :
  • Kantong plastik bekas yang berwarna kuning, putih, dan juga merah (atau kamu bisa memilih warna lain sesuai dengan warna kesukaanmu). Kantong plastik tersebut digunakna untuk membuat kelopak pada bunga dahlia.
  • Kantong Plastik warna hijau digunakan untuk membuat daun serta penutup tangkai pada bunga.
  • Kawat yang memiliki ukuran sedang untuk membuat tangkai bunga.
  • Kertas karton digunakan untuk membuat pola lingkaran
  • Spidol dan pensil digunakan untuk menggambar pola lingkaran pada kertas karton.
  • Gunting
  • Lilin atau korek gas digunakan untuk membakar kantong plastik saat proses pembuatan mahkota atau kelopak bunga.
  • Tang berguna untuk melekukkan serta memotong kawat binder clip atau penjepit kertas yang nanti digunakan untuk memegang lembaran-lembaran kantong plastik supaya tidak mudah geser ketika akan digunting.
  • Langkah-langkah membuat bunga dahlia adalah sebagia berikut:
  • Buatlah pola lingkaran dengan menggunakan kertas karton. Buatlah lingkaran dengan diameter 14 centi meter. Lalu hamparkan kantong plastik ke lantai, kemudian di rapikan. Selanjutnya kantong plastik digunting ujung atasnya dan ujung bawahnya.
  • Kantong plastik yang akan dipakai digunting sehingga nanti akan membentuk sebuah persegi untuk emmudahkan kita dalam melipat kantong plastik pada langkah berikutnya. Kantong plastik dilipat-lipat sehingga akan muat dan cukup besar bila ditaruh pada pola lingkaran yang tadi sudah dibuat.
  • Beberapa bagian sisi lipatan kantong plastik dijepit agar tidak mudah bergeser-geser. Kantong plastik digunting sesuai dengan pola lingkaran. Setelah itu ambillah lingkaran plastik selembar saja.
  • Beberapa sisi lipatan kantong plastik dijept agar tidak mudah lepas atau bergeser-geser. Kemudian buat kantong plastik sesuai pola dengan menggunakan gunting. Ambillah selembar kantong plastik yang bentuknya lingkaran tadi. Kemudian kita akan membuat kantong tersebut menjadi sebuah mahkota atau kelopak bunga dahlia. Cara membuatnya dengan melipat-lipat lingkaran tadi menjadi 4 lipatan. Lalu ujung lipatan digunting supaya pinggirannya membentuk kelopak atau mahkota bunga yang berbentuk lekukan-lekukan.
  • Setelah itu, lipatan yang telah digunting tadi dibuka dan akan menghasilkan bentuk dasar kelopak bunga dahlia dengan 8 lekukan yang indah. Lalu siapkanlah lilin atau korek gas. Melipat mahkota harus berdasarkan diameter yang telah dibuat sebelumnya. Bakar sisi lipatan tersebut dengan menggunakan nyala api lilin atau korek gas sampai terlihat sedikit menggumpal. Lakukanlah semua lipatan yang kamu buat tadi satu per satu sampai selesai. Pembakaran atau pemanasan tersebut dilakukan untuk membentuk mahkota supaya bisa menjadi kuncup dan juga berfungsi untuk memberikan kekuatan karena bekas api tersebut akan memberikan bentuk rangka pada kelopak atau mahkota bunga dahlia nantinya. Setelah selesai pembakaran maka sisihkan. Kemudian lakukan lagi pembakaran sekitar 12 hingga 15 lembar kelopak. Semuanya nanti akan disatukan agar dapat membentuk sebuah bunga.
  • Selanjutnya adalah membuat putik. Caranya adalah dengan menyiapkan kantong palstik selembar saja sisia dari membuat mahkota tadi. Ukuran yang diperlukan adalah sekitar 7 cm x 8 cm. Katong plastik tersebut di lipat beberapa kali sesuai dengan lebarnya. Kemudian digunting-gunting selebar 0,3 cm pada sisi- sisinya. Usahakan jangan sampai putus.
  • Setelah selesai siapkan kawat ukuran yang panjangnya sekitar 15 cm hingga 17 cm. Gulunglah calon putik bunga tersebut kemudian dililitkan pada kawat. Ketika melilitkan harus menggunakan tang supaya mudah.
  • Cara memasang mahkota demi mahkota ke kawat. Tusukkan ujung kawat pada tengah-tengah kelopak atau mahkota. Lakukanlah secara satu persatu sampai semua mahkota terpasang. Lalu geser mahkota serta rapatkan ke arah putik yang telah dipasang dengan sekuat dan sekencang mungkin.
  • Kemudian siapkan sehelai plastik sisa guntingan yang lebarnya 3 cm dan panjang kira-kira 15 cm sesuai dengan panjang kawat. Kemudian lilitkan pada bagian dasar mahkota untuk menghindari mahkota yang bergeser.
  • Lalu bila sudah siapkkan lagi sehelai kantong plastik hijau ukuran yang kira-kira panjangnya 20 cm x 4 cm. Gunakanlah plastik tersebut untuk melilit bagian dasar pada bunga hingga semua kawat tertutupi. Nah, jadilah sekuntum bunga dahlia yang indah. Buatlah beberapa kuntum sesuai dengan selera dan kemudian disatukan supaya hasilnya lebih indah lagi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMBUAT BERBAGAI MACAM BUNGA DARI BAHAN PLASTIK"