loading...

MEMILIH MATA BOR BERDASARKAN FUNGSINYA

loading...
MEMILIH MATA BOR BERDASARKAN FUNGSINYA


http://danahauses.blogspot.com/2018/10/jenis-mata-grenda-berdasarkan-fungsi.html

Walaupun tidak bekerja di bidang pertukangan, saya rasa mesin bor merupakan salah satu power tools yang wajib Anda miliki. Banyak aktivitas pertukangan sehari-hari di rumah dengan memanfaatkan mesin bor listrik untuk memudahkan kerja Anda. Mesin bor dapat Anda gunakan pada berbagai media. Dari media kayu, besi, maupun tembok (beton). Tinggal menyesuaikan dengan jenis mata bornya.

http://danahauses.blogspot.com/2018/10/jenis-mata-grenda-berdasarkan-fungsi.html

Tapi tahukah Anda, tidak semua mesin bor cocok untuk semua permukaan. Mesin bor di pasaran secara umum terdapat dua jenis, yaitu mesin drill dan impact drill.Kedua jenis ini membedakan permukaan/media apa yang bisa dibor.

http://danahauses.blogspot.com/2018/10/jenis-mata-grenda-berdasarkan-fungsi.html

Mesin drill digunakan untuk mengebor pada bahan yang terbuat dari kayu dan besi. Pengeboran pada bahan diatas tentu saja harus menggunakan mata bor yang sesuai dengan peruntukannya.




http://danahauses.blogspot.com/2018/10/jenis-mata-grenda-berdasarkan-fungsi.html


Sedangkan pada mesin impact drill, dapat digunakan untuk mengebor pada bahan yang terbuat dari kayu dan besi, dan beton.

Perbedaan fungsi untuk pengeboran bahan beton dapat dilihat dari adanya tombol tambahan pada mesin impact drill, seperti gambar berikut :

http://danahauses.blogspot.com/2018/10/jenis-mata-grenda-berdasarkan-fungsi.html


Fungsi tombol pada mesin impact drill tersebut adalah untuk mengubah setelan pada mesin, dimana setelan drill (gb. mata bor), untuk pengeboran kayu & besi, dan setelan impact (gb. palu), untuk pengeboran pada media berbahan beton (tembok).
Jadi, perbedaan utama pada mesin impact drill adalah adanya gaya pukulan yang dihasilkan dari mesin tersebut, fungsi inilah yang digunakan untuk mengebor pada tembok / material beton.

Jadi mesin bor listrik jenis apa yang harus saya beli?

Untuk menjawab pertanyaan ini, Anda harus terlebih dahulu mempunyai gambaran, media apa yang nantinya akan Anda bor. Jika Anda membatasi hanya pada permukaan kayu dan besi, mesin drill sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin memiliki mesin bor untuk semua pekerjaan, maka mesin impact drill-lah yang harus Anda gunakan.

Dengan fitur yang sama, harga mesin impact drill biasanya memang lebih mahal dibandingkan harga mesin drill. Tetapi mesin ini bisa Anda gunakan pada semua bidang/media. Keunggulan lain dari mesin impact drill adalah, mesin ini mempunyai fitur pengatur kecepatan putaran mata bor. Kecepatan mesin sangat berpengaruh terhadap pengeboran dan berdampak pada efektivitas dan efisiensi dalam melakukan pengeboran, terutama pada pengeboran media besi. Setelan kecepatan putaran mesin bor dipengaruhi oleh ukuran mata bor. Dimana semakin kecil ukuran mata bor, maka kecepatan mesin harus menggunakan setelan maksimum.

Sedangkan pada mesin drill, tidak semua merk menyediakan fitur kecepatan putaran. Kalaupun ada, pastinya harganya lebih mahal dibandingkan mesin drill standar tanpa fitur pengatur kecepatan.

JENIS MATA BOR
http://danahauses.blogspot.com/2018/10/jenis-mata-grenda-berdasarkan-fungsi.html
Setelah mengenal jenis-jenis bor, Anda juga harus mengetahui jenis-jenis mata bor.Tiap jenis mata bor berbeda peruntukannya pada tiap media pengeboran. Di pasaran terdapat banyak jenis mata bor dengan berbagai macam bahan, bentuk, dan harga. Pemilihan mata bor sama pentingnya dengan memilih bor listrik yang tepat.


Mata bor besi. 
Gb. Mata bor besi

Mata bor yang digunakan untuk bahan besi memiliki ciri-ciri ujung mata yang melingkar, serta memiliki sudut yang tidak terlalu runcing.
Adapun jenis-jenis pada Mata bor besi antara lain : HSS (High speed steel) yang diperuntukkan pada bahan besi, serta cobalt yang diperuntukkan untuk bahan baja & stainless steel.

Mata bor Kayu.

Sesuai dengan namanya, Mata bor ini digunakan untuk pengeboran material yang terbuat dari kayu. Perbedaan antara mata bor kayu dengan besi terletak pada ujung mata yang mengalami kontak langsung dengan media.

Gb. Mata bor kayu



Berdasarkan bentuknya, Mata bor kayu memiliki
berbagai macam jenis, yaitu :
- Mata bor kayu (lancip).
- Mata bor kayu kipas.

Untuk pengeboran pada media kayu, juga dapat
menggunakan mata bor yang digunakan untuk besi.
Kelebihan dari penggunaan mata bor besi untuk media
kayu adalah daya tahan (durabilitas) yang baik, namun
harga yang harus dibayarkan lebih mahal.

Mata bor Beton.


Gb. Mata bor beton

Mata bor beton digunakan untuk membuat lubang pada media yang terbuat dari semen (concrete), seperti tembok, cor, dll.
Pada fisiknya, mata bor beton memiliki ujung mata yang berbentuk pipih, dengan menggunakan bahan Carbide pada bagian ujungnya.

BACA JUGA :
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MEMILIH MATA BOR BERDASARKAN FUNGSINYA"