loading...

TIPS SEDERHANA MERANCANG AUDIO MOBIL

loading...
TIPS SEDERHANA MERANCANG AUDIO MOBIL

Memilih speaker mobil dibutuhkan pemahaman yang cermat terutama untuk pengguna audio mobil pertama kali. Sebagaian orang memilih speaker hanya didasarkan berapa besar daya atau watt yang dimili. Speaker berdaya besar dengan harga mahal mungkin dianggap pilihan paling bagus. Membeli speaker audio mobil bukan pilih produk sembarangan namun perlu pengetahuan dasar bagaimana speaker itu bekerja serta daya yang sesuai antara masing masing komponen audio mobil.

Ada banyak faktor yang mesti dipertimbangkan ketika memilih speaker mobil. Pertama apakah ukuranya sudah sesuai dan perhatikan spesifikasi contohnya frekuensi respone serta daya yang sesuai dan koneksi kabel DLL. Faktor tersebut pada tahap awal mungkin tidak begitu penting tetapi dengan banyak faktor lain juga turut menentukan kualitas suara audio mobil secara keseluruhan. Bagi pemula yang ingin mengganti speaker mobil suara dikatakan bagus bisa subjektif. Pengguna harus menentukan pilihan terbaik sebelum memutuskan untuk membeli speaker audio mobil berkwalitas .

Pertimbangan sebelum memilih speaker mobil

Faktor pertama adalah menentukan apakah speaker mobil standart yang perlu diganti. Kendaraan standart pada umu sudah terpasang empat speaker yakni front speaker rear speaker. Namun Anda jangan mengharapkan kualitas lebih dari speaker standart yang dihadirkan suaranya. Pabrikan membuat speaker mobil tersebut hanya digunakn untuk pelengkap kendaraan saja. Jenis yang paling banyak digunakan adalah fullrange speaker dengan kekuatan daya relatif sangat kecil. Untuk sebagian orang yang kurang menyukai musik mungkin sudah apabila digunakan untuk mendengarkan suara Radio atau mendengarkan musik CD mobil standart. Tapi tidak demikian untuk pengguna yang paham bagaimana kualitas suara audio mobil terbaik untuk menghadirkan musik sound quality sudah pasti akan mengganti speaker mobil standart.

Apabila konsumen hanya mencari speaker untuk optimasi suara vokal dan bass adalah mengganti speaker oval 6x9s. Speaker oval lebih mudah untuk dipasang pada kebanyakan mobil sedan terutama pada bagian jok belakng kursi kendaraan. Beberapa orang mempunyai pendapat speaker oval bukan yang terbaik untukoptimal audio mobil system. Tetapi karena lebih simple dan murah serta efisien ruang untuk meningkatkan volume suara bass dari head unit mobil stereo


Jenis speaker mobil

Speaker coaxial atau full range adalah pilihan ideal bagi pembeli karena harga murah serta peduli tentang anggaran mereka, apabila pengguna berencana untuk instalasi atau pasang sendiri untuk menambah pengalaman. Sementara bahkan kualitas full-range speaker tidak mungkin kualitasnya dibandingkan dengan speaker komponen untuk upgrade yang terbaik untuk sebagian kecil dari biaya yang dikeluarkan.

Speaker komponen diyakini memiliki kualitas lebih unggul dibandinkan coaxial atau full range speaker. Penggunaan kompone speaker dibuat terpisah oleh pabrikan hal ini bertujuan untuk membuat kualitas stereo system mobil lebih berkualitas. Penggunaan crossover pasif disinyalir dapat membagi secara merata antar midrange dan frekuensi tinggi dari tweeter. Dinamika suara lebih luas serta tonal balance dan staging tercipta lebih fokus ditelinga pendengar. Tweeter dapat diletakan pada ujung pilar dashboard kendaraan sehingga nada tinggi dapat naik keatas untuk melantunkan musik dan instrumen yang lebih detail.

Output daya dan Penanganan

Output dan kekuatan penanganan speaker atau lebih dikenal istilah “efisiensi”. Semua istilah ini menggambarkan jumlah suara yang dapat dicapai oleh speaker untuk kisaran daya watt. Speaker mobil biasanya digunakan satuan ukuran daya serta output rata-rata “RMS”. Sebagai contoh apabila head unit stereo mobil memberikan produksi 50 watt x 4 mungkin dianggap sebagai output daya maksimal. Namun sebagian orang lebih memperhatikan PMPP RMS bukan daya RMS untuk kekuatan penanganan speaker.

Bahan speaker audio mobil

Speaker mobil terbuat dari material surround rubber untuk bertahan lebih lama dan meningkatkan kualitas stereo system Bakan kain serta penggunaan busa mengelilingi cenderung lebih menurun kualitasnya lebih cepat dari karet. Tapi bahan tersebut masih merupakan pilihan yang lebih bagus dibandingkan penggunaan kertas dan busa. Bahan Woofer yang bentuknya kaku dan bahan ringan yang lebih tahan lama kualitas serta memiliki respon besar untuk nada bass. Bahan-bahan speaker tersebut adalah logam dilapisi kain sintetis contohnya polypropylene dikombinasikan mika. Bahan pembuat tweeter terbuat material menggunakan bahan keras berdasarkan pabrikan preferensi. Semua material yang digunakan untuk pembuatan speaker digunakan untuk menghadirkan tatanan suara musik dari speaker audio mobil berkwalitas .
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS SEDERHANA MERANCANG AUDIO MOBIL"