loading...

TIPS MEMAKSIMALKAN KUALITAS AUDIO MOBIL

loading...

Perangkat audio mobil mutlak dibutuhkan jika pengguna ingin menjadikan kualitas suara lebih baik. Head unit dan speaker adalah komponen audio yang difungsikan untuk pengolah sinyal audio sehingga menimbulkan suara yang kita dengar. Head unit adalah pusat utama kontrol semua komponen audio sedangkan speaker untuk menghadirkan sinyal suara. Amplifier digunakan untuk memberikan kekuatan daya yang disalurkan ke head unit. Subwoofer untuk menghadirkan nada rendah rendah sehingga dinamika musik lebih hidup dan enak didengarkan.


Mengganti Head unit audio mobil

Head unit digunkan untuk menentukan kualitas stereo system atau juga dikenal CD player semua kontrol sinyal audio berasal dari perangkat ini. Head unit standart memang dapat mendriver speaker namun kekuatan daya relatif sangat minim sehingga amplifier digunakan. Amplifier memiliki semua kontrol seperti pengatur crossover tinggi dan rendah untuk mengatur frekuensi yang ideal. Untuk pengguna yang ingin upgrade audio mobil standart adalah solusi tepat tapi perhatikan terlebih dahulu fitur yang terdapat didalam head unit tersebut.


Banyak pilihan untuk menentukan head unit tapi sebaiknya pilih merek yang sudah dikenal. kenapa demikian karena head unit branded memiliki kualitas yang lebih baik walaupun harga lebih mahal. Mintalah saran kepada inslatatur atau teknisi yang berpengalaman untuk menentukan produk yang sesuai. Untuk harga sebuah produk audio mobil sebanding dengan mutu yang diberikan. Head unit Pioneer dan Sony dapat dijadikan pilihan karena dari segi harga kompetetive dan kualitas cukup baik. Selain itu perhatikan fitur yang terdapat dari HU tersebut apakah memang dibutuhkan atau tidak . Untuk pengguna yang sering berkomunikasi sebaiknya pilih HU yang memmiliki fitur Bluetooth. Fitur Bluetooth sangat penting untuk menjaga pengemudi tetap aman saat berkomunikasi . Untuk fitur kontrol audio equalizer dan crossover aktive sangat berperan untuk mengatur frekuensi yang diinginkan. Masing masing HU memiliki keunggulan tersendiri seperti Pioneer dengan teknologi Advance sound retriver. Sony mengandalakan mirrorlink dan bass engine. Tekonologi dibidang audio video mobil seperti processor Dolby digital digunakan untuk memberikan efek suara surround.


Mengganti Speaker mobil

Speaker bawaan mobil memang sudah terpasang namun daya relatif kecil. Untuk kendaraan eropa speaker standart tentu sudah bagus kualitas suaranya. Lain hal untuk kendaraan menengah buatan jepang speaker standart kurang optimal hal ini dikarenakan hanya sebagai pelengkap. Untuk pengguna yang mengerti kualitas suara system audio tentu kurang enak didengar. Mengganti dengan speaker aftermarket adalah pilihan tepat karena kualitas yang lebih baik. Speaker 2 way banyak digunakan karena terdapat pasive crossover untuk memotong frekuensi dan tweeter . Pemasangan midrange pada pintu mobil depan dan tweeter diatas dashboard pilar. Untuk instalasi semua jalur kabel harus melaui crossover pasive untuk midrange dan tweeter dan input jalur terminal dikoneksikan ke amplifier. Ukuran speaker yang paling banyak digunakan adalah 6,5 inch sedangkan material menggunakan polypropelene atau surround rubber. Speaker coaxial lebih simple untuk pemasangan hal ini dikarenakan tidak terdapat pasif crossover. untuk harga juga realtif lebih murah dibandingkan speaker split. Kelemahan speaker coaxial adalah untuk mendapatkan tonal balance dan staging cukup sulit karena semua komponent speaker berada dibawah pengemudi.

Power amplifier audio mobil

Peranan sebuah amplifier untuk audio mobil sangat signifikan untuk membuat suara lebih baik. Mengandalkan head unit saja tidak cukup karena daya yang kurang besar. Amplifier dibuat khusus untuk menambah daya ke subwoofer supaya lebih bertenaga. Amplifier menjadikan sebuah subwoofer dapat bekerja lebih optimal karena didorong dengan daya yang besar. Amplifier terdiri dari beberapa jenis seperti 4 kanal dan monoblok kelas D Amplifier. Amplifier 4 kanal dapat menriver speaker dan sebuah subwoofer namaun daya yang kurang kuat untuk menggetarkan sebuah subwoofer berdaya besar. Monoblok amplifier adalah pilihan tepat untuk pengguna yang ingin menjadikan pukulan suara bass yang lebih kuat. Kontrol audio pada amplifier adalah pengatur hight dan low pass filter serta gain kontrol dan bass boost. Standart ukuran yang digunakan adalah Root Mean Square adalah daya murni yang ditentukan dalam Watt.

Peranan Subwoofer mobil

Subwoofer digunakan untuk memberikan suara bass sehingga suara lebih mudah dirasakan. Untuk pengguna yang gemar mendengarkan musik Hip Hop dan R& B kehadiran subwoofer lebih terasa. Subwoofer sendiri terdiri dari single dan double voice coil masing masing memiliki daya yang berbeda satu sama lain. Double coil subwoofer lebih cocok jika menggunakan amplifier monoblok sedangkan single coil amplifier 4 kanal sudah dapat mendriver. Ukuran subwoofer sendiri adalah 8 / 10 / 12 / 15 tapi yang banyak digunakan adalah 12 inch. Subwoofer membutuhkan daya dari kelistrikan sumber Accu yang besar untuk dapat bekerja lebih optimal. Subwoofer membutuhkan box yang cukup besar untuk bekerja sehingga cukup menyita ruang interior bagasi kendaraan. Subwoofer terdiri dari beberapa jenis seperti subwoofer aktif yang sudah built in amplifier di dalamya. subwoofer slim adalah salah satu cara parktis untuk penempatan karena design yang tipis dapat diletakan dibawah kursi pengemudi. Semua perangkat audio difungsikan untuk mengoptimalkan kualitas audio mobil sistem
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS MEMAKSIMALKAN KUALITAS AUDIO MOBIL"