loading...

CARA MUDAH SUPAYA GIGI ANAK TUMBUH RAPI

loading...

Untuk mendapatkan gigi yang diinginkan, ternyata tidak semudah yang dibayangkan, selain banyak faktor yang dapat membuat gigi anak tumbuh berantakan, beberapa gaya hidup anak yang kurang baik juga mempengaruhi pertumbuhan gigi.

A. Faktor Penyebab Gigi Anak Tumbuh Tidak Rapi:

Penyebab tidak rapihnya susunan gigi seorang anak di masa dewasanya berkaitan dengan beberapa hal, antara lain:

  1. Gigi susu yang tidak lepas-lepas (persistensi).
  2. Adanya jumlah gigi yang berlebih (supernumerary teeth).
  3. Kebiasaan buruk (oral habits), meliputi: kebiasaan menggigit jari, lip wetting atau lip sucking, abnormal swallowing dan tounge thrusting, serta abnormal muscle habit.
  4. Adanya trauma pada gigi susu depan, sehingga menyebabkan berubahnya arah pertumbuhan gigi tetapnya.
  5. Letak atau arah benih gigi tetap yang tidak benar.
  6. Ukuran gigi yang lebih besar dari normal.
  7. Kurangnya panjang lengkung gigi yang dapat menyebabkan gigi tetap tumbuh ke arah langit-langit.
  8. Adanya keterlambatan kalsifikasi gigi geraham tetap.
  9. Panjang lengkung rahang yang abnormal karena tuberosity growth lags.
B. Tips Agar Gigi Anak Tumbuh Rapi:

Beberapa cara mudah berikut ini wajib anda lakukan jika menginginkan gigi anak tumbuh dengan rapi.

  • Hindari makanan manis
Jangan biasakan anak terlalu sering mengonsumsi makanan yang manis. Kandungan gula yang ada di dalam makanan tersebut mampu membuat lapisan gigi menjadi keropos. Kebiasaan mengonsumsi makanan manis, nantinya akan berakibat gigi berlubang dan berwarna hitam.

  • Kunjungi dokter gigi secara rutin
Walaupun Anda sudah menjaga makanan anak, dan mengajarkan mereka cara merawat gigi yang benar. Tetap, Anda harus mengajaknya melakukan kunjungan ke dokter gigi dengan durasi rutin sebanyak 1x dalam 6 bulan. Dengan demikian pertumbuhan gigi mereka tetap terpantau.

  • Biasakan menyikat gigi
Waktu menyikat gigi yang baik adalah 2x sehari, pada pagi dan malam hari. Pada malam hari sebelum tidur, ajaklah anak-anak untuk menyikat gigi mereka. Kemudian, pada pagi hari, setelah mereka selesai menyantap sarapan, ingatkan untuk menyikat gigi sebelum mereka pergi ke sekolah. Ajarkan hal ini kepada anak Anda sampai menjadi kebiasaan yang harus mereka lakukan.

  • Hentikan kebiasaan mengisap dot
Sebaiknya, dot pada anak hanya digunakan sampai usia 2 tahun saja. Jika terlalu lama anak Anda mengisap dot maupun minum susu dari botol, maka akan berdampak bagi susunan gigi si anak. Kegiatan mengisap seperti itu akan memicu gigi anak-anak menjadi maju ke depan. Jadi, jika anak-anak Anda sudah memasuki usia 2 tahun sebaiknya mulai biasakan mereka minum susu dari gelas, dan hentikan kebiasaan mereka mengisap dot ataupun jari tangan.

  • Perbanyak asupan vitamin
Daripada membiarkan anak mengonsumsi makanan manis, lebih baik berikan mereka buah-buahan yang memiliki rasa manis alami dan juga kaya akan vitamin. Asupan vitamin yang banyak dalam tubuh si anak mampu membuat gigi mereka kuat dan gusi mereka sehat.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MUDAH SUPAYA GIGI ANAK TUMBUH RAPI"