loading...

PANDUAN OLAGRAGA PEMBENTUK BADAN ATLETIS

loading...


Di blog ini kami akan berbagi tips bagaimana menjaga tubuh agar tetap bugar dengan berolahraga secara praktis agar menjaga tubuh tetap atletis yang banyak orang impikan. Olahraga Praktis ini hanya membutuhkan waktu 30 sampai 60 menit, tergantung dari banyaknya repetisi dan set yang dilakukan. Apa saja itu ?

Squat Jump
squat jump adalah gerakan untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian bawah terutama betis, olahraga ini tidak memerlukan peralatan tambahan. Squat jump sendiri merupakan gerakan menolak tubuh dengan posisi awal jongkok lalu mendorong keatas (lompat) atau posisi squat setelah itu kembali turun dan menekukkan kaki jongkok kembali. Lakukan gerakan ini sebanyak minimal 20 repetisi untuk pemula dan maksimal 40 repetisi.

Push Up
push up merupakan gerakan tubuh untuk membentuk kekuatan otot lengan dan dada. Cara melakukan push up adalah dengan tubuh bertumpu pada kedua tangan sedangkan kaki pada posisi rapat lurus ke belakang.usahakan lebar tangan yang digunakan untuk bertumpu selebar bahu. Setelah itu lakukan gerakan rendahkan tubuh hingga dada nyaris ke lantai dan kembalikan keposisi awal (atas). Lakukan gerakan ini sebanyak 20 repetisi untuk pemula dan maksimal 40 repetisi.

Sit Up 
Sit up adalah gerakan untuk memperkuat otot bagian perut dengan cara membaringkan diri di lantai, dengan posisi lutut ditekuk (dilipat) 45’ . posisi tangan pada saat sit up bisa lurus ke depan atau bisa juga di belakang kepala. Pada posisi awal terbaring, naikkan tubuh bagian dada sampai kepala keatas hingga otot perut terasa tertarik, lalu kembali berbaring lakukan 15 repetisi untuk pemula dan 30 repetisi untuk yang sudah terbiasa.

Sprint
Sprint bisa diartikan lari jarak pendek dengan jarak tempuh 50-400 meter. Namun untuk latihan kali ini cukup 50 meter saja. Usahakan lari dengan kencang dan sekuat tenaga dalam waktu kurang dari 10 detik dalam 50 meter. Jika pada latihan ini tidak mempunyai lintasan yang memadahi. Bisa dilakukan dengan lari di tempat selama 10 – 15 detik dengan sekuat tenaga.

Pull Up
Pull up merupakan olahraga mengangkat beban tubuh, untuk memperkuat otot lengan dan otot dada khususnya bagian samping. Pull up sendiri bisa dilakukan dengan cara tangan berpegangan pada besi yang menggantung atau bila dirumah bisa dilakukan dibawah pintu. Untuk pemula lakukan pull up 5 repetisi atau jika sudah terbiasa hingga 15 repetisi, karena pull up termasuk olahraga yang paling berat di bandingkan 4 diatas sebelumnya.

Jika semua gerakan anda sudah terbiasa dan otot sudah bisa mengkondisikan, bisa lakukan masing-masing beberapa set secara profesional yaitu sebagai berikut : 40 squat jump, 30 sit up, 20 push up, 10 pul up dan Sprint 100m. lakukan sebanyak 3 set dalam sehari.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PANDUAN OLAGRAGA PEMBENTUK BADAN ATLETIS"