loading...

GANGGUAN KESEHATAN Anyang-Anyangan

Gangguan kesehatan ini memang cukup mengganggu ketika sedang beraktivitas karena harus bolak-balik ke toilet. Anyang-anyangan ditandai dengan sering merasa ingin buang air kecil namun ketika kita ingin mengeluarkannya yang keluar hanya sedikit dan rasanya masih belum tuntas. Selain itu juga sering disertai rasa sakit seperti terbakar/panas pada alat kelamin ketika buang air. Penyakit anyang-anyangan adalah infeksi pada saluran kemih yang disebabkan oleh kuman atau bakteri seperti Escherichia coli atau E. coli,Klebsiella, dan Pseudomonas. 


Anyang-anyanan juga bisa disebabkan karena kondisi tubuh yang menurun akibat kekurangan cairan. 


Cara mengatasi anyang-angan dengan resep tradisional

Resep 1
  • Siapkan bahan 30 gr sawi tanah, 30gr semanggi gunung, dan 20gr gula pasir
  • Cara membuatnya adalah dengan merebus semua bahan di atas dengan 600cc air. Rebus sampai air berkurang sekitar setengahnya. Angkat dan saring ke dalam gelas, minum sehari 2 kali sampai anyang-anyangan sembuh.


Resep 2
  • Siapkan bahan 7 lembar daun alpukat, 30gr daun cocor bebek
  • Cara membuatnya seperti pada resep pertama yaitu dengan merebus semua bahan di atas dengan 600cc air. Rebus sampai air berkurang sekitar setengahnya. Angkat dan saring ke dalam gelas, minum sehari 2 kali sampai anyang-anyangan sembuh. Tambahkan sedikit gula. 

Cara mengatasi anyang-angan tanpa obat
Ada beberapa tips untuk mengatasi anyang-anyangan yang sebenarnya sudah diwariskan turun-temurun. Walaupun sebenarnya tips berikut ini belum pernah diuji secara medis namun ternyata cukup manjur juga. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati anyang-anyangan.
  • Ikat jempol kaki, ini adalah cara yang paling umum diwariskan oleh orang tua kita kalau sedang anyang-anyangan. Untuk mengikatnya bisa menggunakan karet gelang, namun ada juga yang mengatakan harus memakai tali dari sapu ijuk. Saya rasa cara ini manjur karena disekitar jempol kaki mungkin ada saraf yang berhubungan dengan saluran kemih. Ya semacam pijat refleksi namun menggunakan karet gitu.
  • Minum air putih yang banyak, usahakan untuk memberi asupan cairan setara dengan 8 gelas air per hari. Jika sering beraktivitas di luar dan di bawah terik matahari langsung maka segera ganti cairan tubuh yang keluar dengan minum air putih.
  • Minum air jeruk nipis, kalau sedang anyang-anyangan bisa juga dengan minum air jeruk nipis. Cara membuatnya adalah kupas 2 buah jeruk nipis kemudian peras airnya ke dalam gelas. Tuangkan air hangat dan tambahkan sedikit gula agar tidak terlalu kecut.
Semoga dengan beberapa cara untuk mengatasi anyang-anyangan di atas dapat menyembuhkan penyakit yang Anda alami. Jika dengan resep di atas masih belum manjur, segera hubungi dokter karena bisa jadi saluran kemih sudah terinfeksi bakteri yang cukup berat. Semoga artikel kesehatan ini bermanfaat. Baca juga artikel kesehatan sebelumnya tentang cara mengobati gigi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GANGGUAN KESEHATAN Anyang-Anyangan"