loading...

CARA MERAWAT MOTOR BEKAS SUPAYA AWET

1. Cek Kondisi Oli : Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen mesin, seperti stang saher, saher, dan ring saher, kruk as dan noken as atau stang klep. Oleh karena itu, jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya diganti. Ganti oli secara periodic dan gunakan sesuai dengan rekomendasi dari kendaraan kamu.

2. Cek Kondisi Aki : Jangan dibiarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Kalau perlu tambahkan aki pada pagi hari. Selain itu, jika baterei atau accu tersebut sudah melemah secepatnya diganti, sebab jika dipaksakan selain kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih), korosi tersebut akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya. Oleh karena itu, jika terjadi hal itu, arus listrik yang dihantarkan baterei atau accu tidak sempurna dan bisa menyebabkan kerusakan pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter dan distarter, jangan dipaksakan dengan mendorong sepeda motor untuk menghidupkannya. Sebab bisa merusak gigi transmisi.

3. Periksa Rantai dan Gir : Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan, kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai.

4. Periksa Kabel Koil dan Busi : Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Jika sudah cukup umur dan sudah terlihat ada retakan dan pengerasan pada kabel tersebut, maka sebaiknya diganti. Juga perhatikan keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin kendaraan.

5. Perhatikan Selang Bensin : Komponen lainnya yang perlu diperhatikan selang bensin ke karburator. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah tidak elastis yang mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang terbawa ke karburator. Yang pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.

6. Panaskan Mesin selama 1 Menit : Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-ama cukup 1-2 menit. Ini supaya sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa knalpot menguning selain itu pastinya jadi buang-buang bensin.

7. Periksa tekanan angin ban : Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang ban motor rusak sesuaikan dengan ukuran ban yang kamu pake.

8. Gunakan Selalu Sparepart Asli : Lebih baik menggunakan sparepart asli dari motor kamu mungkin lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, murah tapi kalau harus ganti-ganti terus ya sama aja mahal kan, daya tahannya juga kurang kalau pake yang imitasi.

9. Cek kelistrikan motor, Periksa kelistrikan motor seperti lampu-lampu motor depan, lampu belakang, lampu rem belakang, klakson, lampu speedometer,elektrik stater motor. Dan bila semua berfungsi maka tidak ada kerusakan pada komponen dan aki motor tersebut.

10. Bersihkan Karburator, Lepas sayap atau tebeng motor dengan obeng ples,kemudian lepas karburator dengan kunci ring,biasanya no 8 atau no 9.Ambil karburatornya dan lepas semua baut yang menempel di karburator.Ambil pelampungnya,lalu kuas semua body karburator dengan bensin.
Setelah di rasa bersih,pasang kembali pelampungnya dan keringkan. Jika sudah kering,pasang kembali karburator pada tempatnya.

11. Membersihkan saringan udara, Lepas baut-baut penutup saringan udara kemudian kuas wadah saringan dengan bensin.Semprot busa saringan dengan kompresor,pasang jika sudah kering.

Cara dasar merawat motor sendiri di rumah, bagi anda yang hanya memiliki ketrampilan terbatas di bidang otomotif anda bisa melakukan hal-hal berikut agar motor anda selalu terawat dengan baik.

1. Tekanan angin
Dimulai dari memeriksa tekanan angin dalam roda,tiap roda kendaraan bermotor mempunyai tekanan angin yang berbeda.Standar tekanan roda belakang adalah 29 psi dan roda depan 33 psi.Kita bisa mengira-ira saja jika tidak mempunyai alat pendeteksi tekanannya.

2. Kekencangan rantai
Bisa kita pegang rantainya,kendor atau tidak.Kencangkanlah dengan cara mengendorkan Mur (dengan menggunakan kunci ring no 17 dan no 19) pada kanan kiri ass roda kemudian atur kekencangan rantai.Jarak rantai yang baik adalah kurang lebih 3,5 dari posisi semula (dengan cara menekan ke atas)

3. Memberi pelumas atau oli
Beri oli pada rantai untuk melumasinya agar tidak karat dan dapat bergerak dengan bebas
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MERAWAT MOTOR BEKAS SUPAYA AWET"