loading...

Menopause serta Gejala Awalnya Bagi Wanita

Menopause serta Gejala Awalnya Bagi Wanita
Semua wanita pasti akan melalui masa menopause di mana fase menstruasi yang terjadi setiap bulan akan berhenti. Hanya saja karena beberapa faktor, datangnya masa menopause bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Sebelum menopause, wanita bisa mengalami masa perimenopause di mana tingkat estrogennya menurun dan ia mengalami beberapa gejala menopause seperti dikutip dariHealth Me Up, berikut ini:

1. Menstruasi tidak teratur
Sebelum menstruasi benar-benar berhenti, wanita yang mengalami masa perimenopause bisa mengalami menstruasi yang tidak teratur dengan periode lebih singkat atau lebih lama. Bisa jadi, tanggal datang bulan lebih awal atau lebih lambat. Karena ketidakseimbangan hormon, perdarahan juga bisa terjadi baik dalam jumlah banyak atau sedikit.

2. Kekeringan vagina
Penurunan kadar estrogen menyebabkan jaringan vagina menjadi kering, tipis, dan kurang elastis. Sehingga, lubrikasi pada vagina kurang dan membuat vagina terasa gatal serta iritasi saat berhubungan seks.

3. Kurangnya gairah seks
Tidak seimbangnya hormon selama masa perimenopause juga bisa menurunkan libidp wanita. Apalagi, keringnya vagina, depresi, dan beberapa obat menopause juga bisa mempengaruhi gairah wanita.

4. Insomnia
Saat memasuki masa menopause, wanita bisa mengalami perubahan dalam pola tidurnya. Selain itu,mereka juga sering terjaga di malam hari. Namun, kondisi ini bisa dikendalikan dengan rutin berolahraga.

5. Hot flashes
Hot flashes adalah rasa panas luar biasa yang terasa di seluruh tubuh dan ditandai dengan mengucurnya keringat serta wajah yang memerah. Hal ini disebabkan penurunan kadar estrogen yang bahkan membuat wanita merasa seperti terpapar api saat berada di dekat lampu.

6. Berat badan bertambah
Selama menopause, perubahan hormonal mengakibatkan bera badan bertambah terutama di bagian pinggang. Penurunan kadar estriogen menyebabkan tubuh lebih lama mempertahankan lemak. Selain itu, rendahnya tingkat testosteron juga menyebabkan penurunan sistem metabolisme dan mengakibatkan penambahan berat badan. Oleh karenanya, wanita harus menjaga pola makannya selama melalui fase ini.

7. Perubahan mood
Hormon yang tidak seimbang bisa memepengaruhi kondisi emosi wanita. Terlepas dari efek hormon terhadap keadaan emosional, gejala menopause lain seperti kurang tidur, bertambahnya berat badan, dan kekeringan vagina bisa membuat wanita kesal, marah, atau sedih tanpa alasan.

8. Kelelahan
Ketika kadar hormon menurun, tingkat energi pun menurun. Sehingga, saat ingin memasuki masa menopause, wanita bisa merasa lelah dan lemas tanpa sebab. Kondisi ini bisa mempengaruhi kegiatannya sehari-hari karena ia tidak bisa melakukan aktivitas sebagaimana biasanya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menopause serta Gejala Awalnya Bagi Wanita"