loading...

Belly Dance Dan Manfaatnya


Belly dance bisa menjadi alternatif untuk menjaga kebugaran dan keindahan tubuh melalui tarian. Seiring boomingnya Zumba dan Pole Dance, tarian asal Maroko ini kini juga mulai jadi favorit pengganti fitnes.

Gerakan yang intens dan fokus pada perut, pinggang, pinggul dan punggung juga bisa menghasilkan bentuk tubuh bagian bawah terutama perut jadi lebih indah dan seksi. Menariknya lagi, tarian ini dapat dilakukan oleh hampir semua wanita. Baik remaja dan dewasa, bertubuh kurus, berisi atau gemuk. Sebagai pelengkap rutin olah fisik, belly dance juga merupakan salah satu jenis aktivitas aerobik yang sangat baik karena memindahkan semua anggota badan serta meningkatkan denyut jantung.

Jun Ko Agus, seorang pelatih tari menjelaskan, belly dance atau tari perut adalah jenis tarian yang lebih sesuai untuk dilakukan secara solo. Jadi apabila Anda ingin menarikannya, sebaiknya menyewa pelatih secara pribadi atau di rumah. “Belly dance cocoknya pribadi, kalau ramai-ramai justru sulit dilihat (keindahannya). Lebih ke solo,” ujarnya saat berbincang di kantor wolipop, Gedung Aldevco Octagon, Buncit, Jakarta Selatan, Rabu (11/03/2013).

Selain unsur estetika, masih banyak lagi manfaat belly dance untuk kesehatan dan kebugaran tubuh, seperti yang dikutip dari iDiva.

1. Meningkatkan Fleksibilitas. Gerakan yang diulang-ulang akan meningkatkan fleksibilitas tubuh, sehingga Anda mengetahui sampai sejauh mana tubuh Anda mampu digerakkan.

“Melatih kelenturan tubuh, lebih fleksibel, lebih cantik,” ujar Jun Ko yang telah berpengalaman di dunia tari, khususnya Zumba dan Pole Dance sejak tahun 2000.

2. Menguatkan otot. Belly dance adalah tarian yang gerakannya fokus pada otot-otot yang jarang digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Tarian ini dapat melenturkan dan menguatkan otot perut, punggung dan paha ketika berlatih.

3. Membantu menurunkan berat badan. Gerakan intens yang repetitif membutuhkan banyak kalori. Sehingga kelebihan kalori di tubuh Anda akan berkurang dan hasilnya, berat badan juga terkikis dengan cepat. Agar hasilnya maksimal, kombinasikan dengan fitnes dan aktivitas fisik yang lain.

“Kalau saya belly dance untuk mengelola badan sekitar 400 kalori (per sesi),” ucap Jun Ko.

4. Membentuk postur. Gerakan menggoyang tubuh dengan anggun selama menari, akan meletakkan sendi dan ligamen pada tulang belakang bagian bawah kembali pada posisinya. Sehingga membentuk postur tubuh yang sempurna.

5. Meningkatkan stamina. Tari perut dapat meningkatkan stamina, serta mengencangkan otot-otot Anda secara alami.

6. Meningkatkan rasa percaya diri. Anda akan merasa cukup percaya diri saat melakukan berbagai aktivitas setelah melakukan gerakan belly dancing. Apalagi kalau bukan karena perut dan tubuh yang lebih seksi setelah rutin melakukan belly dance?

7. Meredakan stres. Gerakan-gerakan saat menari dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih santai dan kembali nyaman.

8. Terinspirasi oleh gerakan alami dari tubuh wanita, gerakan ini mengembangkan sisi feminin dalam diri Anda dan memberi Anda ketenangan.

9. Menari itu menyenangkan. Berolahraga menggunakan mesin-mesin di tempat gym akan membuat Anda bosan. Tari perut adalah alternatif yang menyenangkan untuk memberi variasi dalam latihan.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Belly Dance Dan Manfaatnya"