loading...

ANTARA CAT MURAH DAN CAT MAHAL

ANTARA CAT MURAH DAN CAT MAHAL

Banyaknya jenis dan merek cat yang bertebaran di luar sana, ditambah lagi dengan iklan atau spanduk yang mengaku-aku sebagai cat terbagus di kelasnya, membuat kita sebagai konsumen awam bingung memilih cat mana yang paling tepat untuk kita.

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melihat harga cat yang ditawarkan. 1 peil cat A seharga Rp 200.000 dan 1 peil cat B seharga Rp 1.800.000, dengan perbedaan harga yang sangat jauh begini, sudah pasti kualitas cat B jauh lebih bagus.

Ya pastilah, kan jauh lebih mahal, kata anda.
Tapi, siapa bilang lebih mahal?

Saya coba bandingkan di tahun 2005 dulu. Cat A dipasang di pagar sebuah proyek perkantoran, dan cat B dipasang di rumah saya dengan spesifikasi weathershield dan janjinya saat itu tahan 8 tahun.

Setelah enam bulan berlalu, cat A sudah mulai terlihat jamuran dan terkelupas di beberapa tempat serta catnya nempel di tangan. Dan jika diraba dinding tersebut terasa seperti berkapur.

Sedangkan cat B tahun ke 8 atau 2013 ini, masih bagus hanya saja memudar karena bukan type yang colour lock. Jadi warna orange-nya memudar sekitar 5 persen dari awal pengecatan 8 tahun lalu. Namun cat tersebut tidak berjamur dan tidak terkelupas atau pun terasa berkapur.

Sekarang mari kita hitung :
Cat A setelah 1 tahun sudah mesti dicat ulang karena sudah jelek sekali (Sebenarnya dalam waktu 6 bulan saja sudah terlihat jelek). Jika kita pakai cat itu dan harus terus menerus diperbarui, maka hitungannnya : [300.000 (harga cat) + 200.000 (upah tukang cat)] x 8 tahun = 4.000.000 rupiah.

Sedangkan cat B yang tahan 8 tahun tadi, [1.800.000 (harga cat) + 200.000(upah tkg cat)] = 2.000.000 rupiah.

Jadi, sekarang cat yang mana yang lebih mahal?
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ANTARA CAT MURAH DAN CAT MAHAL"