loading...

4 SIKAP POSITIF SAAT MENGHADAPI MASALAH

Suatu masalah bagi sebagaian orang merupakan hal yang sebisa mungkin dihindari namun sebagian lagi beranggapan bahwa masalah merupakan ujian untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi dalam kehidupan. Terlepas dari dua persepsi yang berbeda tersebut, hal yang terpenting adalah bagaimana kita untuk menghadapi masalah dengan solusi yang terbaik! Berikut ini merupakan 4 sikap positif pada saat menghadapi masalah:


 

1. Jangan panik dan tetap tenang. Apapun masalah yang menimpa kita! baik itu masalah finansial, pekerjaan, pertemanan ataupun rumah tangga dan yang lainnya! Hal pertama yang mesti dilakukan adalah berpikir untuk mencari solusi terbaik. Jika setiap ada masalah yang menimpa kita dan kita bersikap panik / tidak tenang maka efeknya adalah "kemampuan berpikir kita tidak akan maksimal" yang akibatnya pencarian solusipun menjadi tidak akurat. Bersikaplah tenang dalam menghadapi masalah karena Tuhan pastilah dalam memberikan masalah kepada hambanya sesuai dengan kemampuan masing-masing! Hanya saja terkadang kita merasa terbebani terlebih dahulu sebelum mencoba menyelesaikannya sehingga masalah tersebut nampak berat.


2. Selesaikan dari masalah yang ringan baru ke masalah yang berat. Dalam menyelesaikan suatu masalah! dibutuhkan tahapan-tahapan penyelesaian hingga akhirnya masalah tersebut terselesaikan. Apalagi masalah yang harus dihadapi lebih dari satu. Maka solusinya: lakukan tahapan penyelesaian yang termudah dahulu ataupun selesaikan masalah yang paling ringan sehingga beban mental dan pikiran masih ringan pula. Jika kondisi kemampuan diri telah mampu ketingkat menghadapi masalah yang lebih berat maka "lakukan"! Namun jika belum siap, sebaiknya jangan dipaksakan agar kondisi mental dan pikiran tidak stress.


3. Jika perlu! Diskusikan masalah dengan teman terpercaya. Suatu masalah akan terasa lebih ringan jika penyelesaiannya dilakukan bersama-sama dengan orang lain. Namun jika masalah tersebut bersifat pribadi! Carilah teman yang dapat dipercaya untuk memberikan bantuan solusi dalam menyelesaian masalah tersebut. Namun yang harus diingat yaitu "tidak mudah mendapatkan teman yang bisa saling berbagi maka jangan mudah menceritakan masalah bersifat pribadi kepada sembarang orang karena suatu ketika bisa berakibat buruk terhadap diri kita sendiri.


4. Belajarlah dari masalah masa lalu. Terkadang masalah yang terjadi merupakan masalah yang sama! dan terjadi berulang-ulang. Jika mengalami hal seperti itu! sesungguhnya kita tidak mampu belajar dari kesalahan sebelumnya sehingga masalah yang sama akan datang lagi. Agar terhindar dari masalah berulang sebaiknya perhatikan hal-hal yang bisa mengakibatkan masalah tersebut muncul! Kemudian lakukan pencegahan sebelum masalah tersebut terjadi. Namun tahap ini cukup sulit dalam melakukannya namun jika berhasil menjalankannya maka kesuksesan akan dengan mudah dicapai.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 SIKAP POSITIF SAAT MENGHADAPI MASALAH"