PERAWATAN BURUNG GELATIK BATU

PERAWATAN BURUNG GELATIK BATU
Pakan,burung gelatik batu saat ini memang sedang beranjak popularitas nya,dan harga burung ini di pasaran cukup relatif murah dan terjangkau oleh siapapun,Salah satu hal yang membuat burung ini makin popular adalah perawatan yang relatif mudah, sifatnya yang cepat beradaptasi dengan lingkungan baru, serta suaranya yang kerap dijadikan master bagi burung-burung berkicau lainnya.

Selain bisa dijadikan media pemasteran bagi burung lain, Anda juga bisa memelihara burung gelatik batu ini sebagai burung kicauan di rumah,burung ini memiliki suara yang menarik dan ber volume cukup keras.

Jika agan-agan sekalian belum mengetahui cara membedakan jantan dan betina nya burung gelatik batu ini,saya akan share cara membedakan jantan dan betina burung gelatik batu :
Membedakan burung gelatik jantan dan betina ketika masih muda memang agak sulit, karena keduanya memiliki kemiripan satu sama lainnya Tetapi jika sudah dewasa, kita bisa membedakannya dari garis hitam di dada yang menuju perutnya.
Dalam hal ini, burung jantan memiliki garis hitam yang terlihat lebih tebal serta menyambung hingga daerah sekitar kloaka atau pangkal ekor. Sedangkan pada betina, garis hitam terlihat lebih tipis, dengan beberapa bagian yang terputus-putus hingga perutnya.

Kembali ke Tips Merawat Burung Gelatik Batu Agar Tetap Gacor Dan TipsRacikan Pakan

Langkah-langkah yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut:

1. Pagi hari jam 06.00wib – 07.00wib embun kan burung di luar rumah
2. Setelah itu mandikan burung dengan spray yang lembut atau beri tempat air minum yang cukup besar,bersihkan sangkar burung setiap hari dan ganti extra fooding dg yang baru
3. Jemur burung setelah terbit matahari dari jam 07.30wib – 11.30wib
4. Setelah itu pindahkan burung ke tempat yang teduh dan beri UH 6 ekor dan ½ sendok makan kroto segar
5. Sore hari jam 04.00wib mandikan kembali burung dan jemur sampai jam 05.00wib
Setelah itu kerodong burung dan masukan ke dalam rumah sampai ke esok hari nya.

Beberapa Racikan pakan atau extra fooding dari saya :
1. 2 bungkus voer SKM atau Voer 1 bungkus Leopard kasar
2. ¼ kg tepung jangkrik
3. 2 butir telur bebek
4. 2 bungkus susu dancow bubuk

Campurkan bahan-bahan di atas hingga menjadi satu dan aduk sampai merata,setelah itu jemur sampai kering agar tidak bau.

Silakan di coba racikan pakan nya oleh agan – agan semua,hal yang harus di ingat burung gelatik batu akan lebih rajin berkicau jika burung ini lebih lama di jemur.

sponsor artikel

0 comments: