loading...

PENGOBATAN PEREDA SAKIT TENGGOROKAN



GATAL pada tenggorokan kerap kali mengganggu, karena menimbulkan rasa sakit saat menelan makanan atau berbicara.

Iritasi tenggorokan bisa disebabkan karena berbagai hal, mulai dari masalah virus atau bakteri, kebiasaan merokok, cuaca panas, atau reaksi alergi.

Sebelum sakit tenggorokan makin parah, ada baiknya Anda mencoba pengobatan rumahan dari bahan alami dan sederhana, seperti berikut:

1. Berkumur dengan air garam, merupakan cara tradisional yang banyak dipakai. Garam bertindak sebagai antiseptik ringan, dan juga menarik air keluar dari selaput lendir di tenggorokan, sehingga membantu membersihkan dahak.

Caranya, larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat. Cobalah berkumur empat kali sehari.

2. Berhenti merokok untuk sementara. Tinggalkan rokok karena asapnya dapat mengiritasi lapisan tenggorokan. Lembabkan udara yang Anda hirup, misalnya dengan mengecilkan suhu pendingin ruang dan perlahan menarik nafas lewat hidung.

3. Minum larutan cuka apel. Larutan cuka apel dapat membantu meredakan radang tenggorokan. Caranya, campurkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan cuka apel, dan 8 ons air hangat. Minum perlahan sebelum larutan dingin.

Madu memiliki sifat antibakteri, yang dapat membantu mempercepat penyembuhan. Madu juga bertindak sebagai osmotik hipertonik, yang dapat menarik air keluar dari jaringan yang meradang. Hal ini mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan pada saluran tenggorok. Namun, larutan air dan madu tidak disarankan untuk anak di bawah usia dua tahun.

4. Perbanyak minum minuman hangat. Minuman hangat seperti kopi, teh atau air jeruk hangat disarankan saat tenggorokan terasa gatal. Efek membasahi tenggorokan dengan air hangat, sama seperti membalut kulit terinfeksi.

5. Jika sakit tenggorokan kerap kali mengganggu, belilah sikat gigi baru. Bakteri penyebab iritasi yang berkumpul pada sikat gigi dapat menempel di gusi dan kembali menginfeksi saluran tenggorokan.

6. Kemudian pertahankan sistem kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi herbal dan nutrisi yang baik. Misalnya melalui konsumsi suplemen vitamin C dan E, mineral zinc dan magnesium. Selain itu tambahkan rempah-rempah peningkat imunitas seperti bawang putih, jahe, dan jamur pada hidangan Anda.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENGOBATAN PEREDA SAKIT TENGGOROKAN"