loading...

BIJI SALASIH KECIL TAPI KAYA MANFAAT

loading...

BIJI selasih, yang berukuran kecil dan berwarna hitam; ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan.

Biji selasih didapat dari biji bunga kemangi kering.

Untuk memperoleh manfaat selasih, biji tersebut lalu direndam (dengan air dingin atau hangat) selama kurang lebih satu jam; hingga biji-biji mengembang dan muncul selaput putih bening di pinggiranya.

Biji ini banyak digunakan sebagai campuran minuman dingin seperti es buah, jus, teh, dan jelly atau puding.

Biji selasih, seperti halnya biji bunga matahari dan biji wijen, mengandung nutrisi terkonsentrasi seperti karbohidrat, vitamin, mineral, lemak dan serat.

Sejak lama, selasih digunakan sebagai herbal pereda gangguan pencernaan, sakit tenggorokan, sembelit dan diare.

Biji selasih juga dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes tipe 2, menurut Sutter Gould Medical Foundation. Sebab slasih membantu menjaga gula darah tetap stabil dan membantu mengurangi nafsu makan.

Selain mengenyangkan karena tinggi kadar serat, biji selasih juga baik bagi usus karena membantu memperlambat konversi pati menjadi gula, dan mengurangi penyerapan racun.

Tiga studi di Thailand bahkan menyebutkan, biji selasih bermanfaat mengobati sembelit, diabetes dan menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Menambahkan biji selasih dalam asupan makanan harian memberi sejumlah manfaat, antara lain:

1. Membantu proses pencernaan

Efek karminatif dalam biji selasih membantu mengobati gangguan pencernaan seperti kram perut, perut kembung, sembelit, buang air besar tidak teratur dan gangguan pencernaan.

Untuk mengatasi radang lambung, rebus 5 gram biji selasih dengan 200 cc air, tambahkan 1 sendok makan madu. Selagi hangat minum 2 kali sehari, masing - masing 100 cc.

2. Menyembuhkan pilek

Manfaat lain dari biji selasih yakni membantu meredakan influenza dan demam. Efek antispasmodik pada selasih membantu mengobati batuk rejan. Bahkan, selasih adalah bahan utama dalam banyak ekspektoran dan obat batuk.

3. Meringankan gangguan pernapasan

Biji selasih, dicampur dengan jahe dan madu dapat menjadi obat alami untuk asma, batuk, pilek, influenza dan bronkitis. Caranya, cukup rebus bahan-bahan tersebut dengan segelas air. Ambil sarinya, dinginkan dan minum.

4. Menghilangkan stres

Konsumsi biji selasih memiliki efek memompa suasana hati, selain menghilangkan kelelahan, ketegangan saraf, depresi dan migrain. Karena efek menenangkan itu, biji selasih banyak digunakan sebahai bahan aromaterapi.

Caranya, seduh 5 gram biji selasih dengan 200 cc air panas, kemudian minum airnya setiap hari. Sekali minum 2 sendok teh.

5. Mengobati infeksi kulit

Biji selasih yang dihancurkan menjadi minyak dapat membantu mengobati infeksi seperti luka dan infeksi kulit.

Untuk menghaluskan kulit, caranya haluskan biji selasih secukupnya. Lalu tambahkan air dingin secukupnya pada bubuk selasih dan balurkan ke kulit wajah diamkan beberapa saat. Lakukan 1 kali sehari untuk hasil maksimal.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BIJI SALASIH KECIL TAPI KAYA MANFAAT"