loading...

TIPS DAN TRIK NAIK OJEK

loading...

Ojek adalah salah satu jenis angkutan kendaraan umum atau publik yang banyak kita temui dari wilayah pedesaan sampai perkotaan, dari perumahan hingga pusat bisnis di tengah kota metropolitan. Ojek adalah jasa transportasi yang ditawarkan oleh individu perseorangan dengan alat sepeda motor atau sepeda ontel biasa dengan tarif yang bervariasi tergantung jarak tempuh tempat yang dituju dan juga dipengaruhi oleh daerah di mana ojek itu beroperasi.

Ojek biasanya beroperasi tanpa izin resmi dari dinas perhubungan setempat dan biasanya selalu tersedia 24 jam penuh di daerah padat penduduk. Terkadang ojek mempengaruhi sistem transportasi di daerah tersebut dengan melarang angkot atau bis umum untuk lewat daerahnya pada jam-jam tertentu untuk meraup keuntungan dari kesulitan masyarakat. Namun tukang ojek hanya manusia biasa yang kepepet karena lapangan pekerjaan yang sedikit dan pemerintah tidak berkonsentrasi penuh mengentaskan kemiskinan.

  

1. Datangi pangkalan ojek yang ada di sekitar anda. Bila anda tidak tahu bisa ditanyakan ke penduduk sekitar. Tapi kalau ada ojek yang melintas di depan anda bisa langsung anda stop. Tapi hati-hati karena kadang-kadang anda bisa salah mengira pengendara sepeda motor biasa disangka tukang ojek. Kadang-kadang tukang ojek akan menawarkan jasanya langsung kalau melihat ada orang celingak-celinguk di pinggir jalan.

2. Sebelum naik tanya dulu tujuan anda dan tarif jasanya. Bisa jadi tukang ojek tidak tahu tempatnya dan akan fatal kalau anda juga tidak tahu tempatnya. Tarif juga penting karena tukang ojek akan menentukan tarif seenaknya jika tidak ada kesepakatan harga sebelum naik dan sampai di tujuan. Tawar saja bisa terlalu mahal.

3. Bayarlah tukang ojek sesuai harga kesepakatan jika telah sampai ke tempat yang dituju. Sediakan selalu uang pas bila mau naik ojek karena tukang ojek kandag-kadang tidak punya uang receh atau uang kecil.

Trick dan tips naik ojek motor dan sepeda :

a. Jangan kasar dengan tukang ojek meskipun miskin dan jelek.
b. Curigai tukang ojek baru yang bergelagat aneh.
c. Curigai jika anda dibawa ke tempat atau melewati jalan yang tidak seharusnya.
d. Berteriak minta tolong jika terjadi tindak kejahatan.
e. Naik ojek jangan ngutang dan bayarlah full.
f. Berpeganganlah dengan kuat dan erat pada pegangan pada motor agar anda tidak jatuh saat ojek melaju dengan kecepatan tinggi.
g. Pakai helm agar kepala anda tidak pecah jika jatuh dari ojek motor.
h. Bawalah senjata ringan jika anda naik ojek pada malam hari di daerah yang sepi atau rawan.
i. Jangan naik ojek rame-rame berdua, bertiga atau lebih karena tukang ojek bisa menolak dan keselamatan pun tidak terjamin.
j. Bawalah tanda pengenal agar kalau ada razia bisa lolos atau bila kecelakaan mudah mengidentifikasi identitas anda.

Selamat Ber'ojek' ria

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TIPS DAN TRIK NAIK OJEK"