loading...

Kebutuhan Pakaian Dan Perlengkapan Bayi

loading...




Umumnya orangtua akan mulai menyiapkan berbagai perlengkapan bayi saat usia kehamilan telah memasuki bulan ketujuh atau lebih. Hal ini untuk menjaga kemungkinan terburuk yang bisa saja terjadi pada calon bayi maupun calon ibu. Saat ini ada berbagai perlengkapan bayi yang beragam jenisnya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan dan anggaran dana anda. Jika tidak, ada kemungkinan anda akan kalap dan memborong banyak barang yang sebenarnya tidak penting untuk bayi anda. Berikut ini adalah panduan untuk beberapa perlengkapan bayi yang bisa anda gunakan. Dengan mengikuti panduan ini maka anda akan mengetahui kebutuhan pakaian dan perlengkapan bayi apa saja yang sebaiknya anda miliki.
- Minimal 2 lusin (24 buah) popok kain. Pilih bahan yang tidak terlalu tipis tapi mudah menyerap air (misalnya kain tetra.
- Jika anda memutuskan untuk memakai popok sekali pakai, perhatikan dengan seksama jenis dan modelnya. Bayi yang baru lahir bisa anda pakaikan popok sekali pakai yang memang khusus untuk bayi baru lahir. Popok jenis ini mempunyai lekukan di bagian depannya, tujuannya untuk tidak menutupi pusar yang belum lepas.
- 1 lusin atau 12 buah blus tanpa lengan. Pilih bahan yang mudah menyerap keringat, seperti katun atau bahan kaus yang halus dan tidak tebal.
- 1 lusin atau 12 uah blus berlengan pendek. Pilih bahan yang sama seperti blus tanpa lengan.
- 3 – 6 buah blus tangan panjang dengan jenis bahan yang sama seperti kedua jenis blus diatas. Jika anda tinggal di daerah yang cuacanya dingin, mungkin bayi anda memerlukan lebih banyak jenis pakaian ini.
- Kain flanel. Walaupun tidak berecana untuk membedong bayi, sebaiknya anda tetap menyediakan barang ini. Anda bisa memakainya sebagai selimut harian atau alas perlak. Jika bayi anda memakai popok kain, sediakan minimal 2 lusin atau 24 buah.
- 6 – 12 pasang kaus kaki atau lebih, jika sehari-hari bayi anda lebih sering menggunakan popok kain.
- 2 buah topi bayi.
- 2 buah selimut bayi.
- Minimal 2 buah seprai
- Minimal 2 buah handuk besar untuk alas mandi atau menutup tubuh bayi setelah dimandikan.
- Minimal 2 buah handuk kecil untuk mengeringkan tubuh bayi setelah mandi.
- Minimal 2 buah waslap, tapi disarankan untuk menyediakan 4 buah waslap (2 waslap khusus mandi dan 2 waslap lagi khusus membersihkan bagian bawah tubuh bayi jika dia buang air besar).
- Celana pendek setidaknya 1 lusin da celana panjang lebih sedikit dari celana pendek karena saat ini orangtua cenderung memakaikan popok untuk bayinya hanya 1-2 bulan saja.
* Khusus untuk anda pengguna popok kain, jangan lupa untuk menyediakan:
- 3-4 celana plastik,
- 2 buah perlak. Satu khusus untuk di boks atau tempat tidur bayi, satu lagi untuk diletakkan selain di tempat tersebut,
- Popok sekali pakai untuk cadangan (tidak perlu banyak).
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kebutuhan Pakaian Dan Perlengkapan Bayi "