loading...

Berenang Turunkan Tekanan Darah

loading...

Olahraga, bila dipadukan dengan diet rendah lemak dan rendah garam dipercaya sebagai cara terbaik untuk menurunkan berat badan dan mengurangi tekanan darah tinggi. Jenis olahraga yang disarankan antara lain berenang. 

Anda tidak harus menjadi atlet profesional untuk memperoleh manfaat tersebut. Yang penting, aktivitas berenang tersebut dilakukan secara rutin beberapa kali dalam seminggu. 

Hal itu sudah dibuktikan dalam penelitian terhadap 43 orang dewasa berusia 60 tahun. Mereka berenang tiga sampai empat kali dalam seminggu. Pada awal dimulainya rutinas berenang, mereka rata-rata memiliki bacaan sistolik 131 mm Hg. Setelah tiga bulan, bacaan sistoliknya turun menjadi 122 mm Hg. 

Sebagai informasi, orang yang tekanan darahnya 120/80 mm Hg dianggap normal. Sementara bacaan sistolik 140 dan diastolik 90 atau lebih dikategorikan sebagai hipertensi. Jika bacaannya diantara keduanya dianggap pre-hipertensi.

Hirofumi Tanaka, peneliti senior yang melakukan riset ini mengatakan, berenang adalah jenis olahraga yang aman untuk orang yang mulai berusia lanjut seperti halnya berjalan kaki atau bersepeda. 

Dalam laporannya di jurnal American Journal of Cardiology, ia mengatakan bahwa berenang akan meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membantu penurunan tekanan darah. 

"Berenang adalah olahraga yang menarik. Olahraga air ini murah dan aman untuk persendian orang lanjut usia," kata Tanaka.

Editor : dedypurwadi 
Sumber : Kompas.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berenang Turunkan Tekanan Darah"