loading...

Keriput Wajah Tanda Kerapuhan Tulang

loading...

KERIPUTpada wajah seorang perempuan mungkin dapat memprediksi seberapa besar kemungkinan dia menderita kerapuhan tulang (osteoporosis), menurut sebuah studi di AS 

Prediksi itu memungkinkan karena tingkat protein pada kulit dan tulang saling berhubungan. Maka itu, jika wajah dan leher perempuan terlihat lebih berkeriput, ia ditengarai menghadapi risiko kerapuhan tulang lebih besar karena telah kehilangan kepadatan tulang, kata peneliti dari Universitas Yale.

Peneliti pun telah memeriksa 114 perempuan yang telah menopause di Amerika Serikat. Kulit mereka pada 11 area tubuh, termasuk wajah dan leher, diukur baik secara visual maupun menggunakan alat yang dikenal sebagai durometer untuk menilai bagaimana kekakuan kulit di dahi dan pipi. Massa dan densitas tulang juga diukur dengan ultrasound portabel dan sinar X.

“Kami menemukan bahwa keriput yang dalam dan memburuk terkait dengan kepadatan tulang lebih rendah di antara para peserta studi,” kata Lubna Pal, profesor di Departemen Obstetri, Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Yale School of Medicine, seperti dikutip dari Yahoohealth (6/6).

“Semakin banyak keriput, semakin berkurang kepadatan tulang. Hubungan ini tidak terkait dengan usia atau faktor lain yang diketahui memengaruhi massa tulang.”

Adapun kulit lebih elastis terkait dengan kepadatan tulang yang lebih baik. “Temuan kami menunjukkan bahwa penampilan dan sifat fisik kulit dapat mencerminkan kualitasnya. Hal ini karena memungkinkan para dokter untuk mengidentifikasi risiko kerapuhan tulang pada wanita pascamenopause ‘sekilas’ tanpa bergantung pada tes yang berbiaya mahal,” ujar Pal. (Pri/OL-06)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keriput Wajah Tanda Kerapuhan Tulang"