loading...

Dunia Digital Atasi Masalah Klasik di Periklanan

loading...

“Half of the money I spend on advertising is wasted, the problem is I don’t know which half”
KOMPAS.com — Ungkapan di atas menunjukkan masalah klasik bidang periklanan. Semua badan usaha yang pernah beriklan pasti pernah merasakan hal yang sama: “Budget iklan saya 10 M, tetapi pemasukan bulan ini cuma naik 5 M. Lah, yang 5 lagi ke mana?” Atau mungkin yang lebih parah: “Saya investasi di billboard sekian M, tetapi kok hasilnya enggak kelihatan?”
Yang lebih ironis adalah ketika pegiat bisnis mulai menganggap hal tersebut lumrah. Sudah bertahun-tahun banyak bisnis yang beriklan hanya bergantung kepada feeling dan keyakinan semata. Balik modal ya syukur, enggak juga ya sudah. Apakah masalah ini ada solusinya?
Dengan masuk ke dunia digital, bisnis Anda dengan sendirinya akan langsung bisa terukur. Semua iklan dan usaha pemasaran yang dilakukan bisa langsung dilihat hasilnya. Hal ini terjadi karena di dunia digital, semua aktivitas yang terjadi di website Anda ada catatannya. Mulai dari kunjungan, membuka-buka halaman website, sampai transaksi yang terjadi. Dan sebagai pegiat bisnis, Anda bisa mencari tahu semua hal yang berhubungan dengan aktivitas tersebut.
Anda bisa tahu persis apabila ada orang yang datang dari Facebook.com karena hasil promosi Anda di sana. Anda juga bisa tahu bahwa ternyata banyak sekali transaksi yang terjadi berkat kunjungan dari mesin pencari Google. Berbekal dengan pengetahuan ini, sekarang Anda memiliki kontrol sepenuhnya atas bisnis Anda.
Digital Business Leader
Sudah mulai banyak para badan usaha dan pebisnis yang nyemplung ke dunia digital karena semakin besarnya populasi negara kita yang sudah terlebih dahulu masuk ke dunia digital. Facebok, Twitter, dan berbagai ranah online sudah penuh oleh setiap lapisan masyarakat.
Konferensi teknologi terbesar di Indonesia, IDBYTE, mengadakan penghargaan Digital Business Leader bagi para pebisnis yang sudah berani masuk ke dunia digital. Saya optimistis bahwa penghargaan Digital Business Leader di IDBYTE adalah lambing dari fase awal pembentukan pola pikir masyarakat Indonesia untuk go digital. Bukan karena sekadar popularitas, dan juga bukan karena lagi “ngetren”, tetapi karena kapabilitas media digital untuk memperlihatkan semua aspek dari bisnis Anda secara jelas dan transparan: mulai dari efektivitas strategi marketing hingga efisiensi taktik beriklan.
Sudah enggak zaman lagi Anda cuma bisa menghela napas ketika pegawai Anda angkat tangan sewaktu hasil pemasaran dipertanyakan. Bukankah sudah seharusnya Anda, sebagai seorang pebisnis, tahu persis hasil yang Anda dapat dari setiap dana yang Anda keluarkan?
Penulis: Pandu Truhandito, bekerja sebagai Marketing Manager di DealKeren.com. Pandu juga ikut membantu berbagai organisasi non-profit luar negeri dalam segi Web Analytics melalui analysis-exchange.com.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dunia Digital Atasi Masalah Klasik di Periklanan"