loading...

Cegah Biaya tak Terduga Perawatan Rumah

loading...
Cegah Biaya tak Terduga Perawatan Rumah
Memiliki rumah memang merupakan sebuah kepuasan tersendiri bagi kita. Selain kewajiban membayar pajak dan mengeluarkan biaya untuk mempercantik rumah, Anda juga perlu mempersiapkan diri untuk menyisihkan dana ekstra dalam hal perawatan rumah untuk mencegah kejadian buruk menimpa rumah Anda.

Contohnya saja, apabila Anda lalai dalam mengangani listrik di rumah, musibah seperti kebakaran atau tersengat listrik dapat saja terjadi. Anda pun mesti mengalami berbagai kerugian baik materi ataupun fisik. Maka itu, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan rumah guna mencegah hal-hal yang tak diinginkan yang dapat merugikan Anda.

1. Peralatan listrik
Apa pun masalah pada aliran listrik di rumah, haruslah cepat ditangani guna mencegah hal-hal buruk seperti kebakaran. Jangan biarkan alat elektronik menyala terus-menerus dan rapikanlah kabel-kabel penyambung listrik serta pastikan setop kontak tidak longgar dan sehingga tidak terjadi korsleting.

2. Kebocoran
Bila atap rumah bocor atau sebelumnya Anda telah melihat warna atap berubah akibat air yang masuk ke atap, janganlah diabaikan karena bisa bertambah buruk. Temukanlah kebocorannya dan segera perbaiki. Begitu juga bila terjadi kebocoran di toilet, wastafel, atau ada tetesan di dinding. Semua itu mesti segera ditangani guna mencegah kerusakan lebih parah.

3. Pendingin ruangan
Bila rumah Anda memiliki sistem pendingin udara, rawat dan bersihkanlah secara rutin setidaknya sekali dalam setahun supaya tahan lama dan lebih efisien sehingga Anda tak harus mengeluarkan biaya ekstra unutk memperbaikinya.

4. Atap
Bila atap Anda ada yang hilang, retak, atau terlihat berkurang, segera gantilah sebelum nantinya terjadi kerusakan yang lebih parah.

5. Fondasi
Seperti halnya sebuah hubungan, fondasi rumah juga haruslah kukuh untuk mempertahankan keberlangsungannya. Pastikan fondasi rumah Anda tetap kuat dan kukuh. Bila terjadi keretakan, segera perbaiki agar air tak dapat merembes ke dalamnya.

6. Jendela
Pertahankan kesejukan rumah ber-AC dengan menutup rapat jendela rumah. Selain itu, menutup jendela juga dapat mencegah masuknya binatang liar seperti kucing ke dalam rumah.

7. Selokan
Pastikan pula selokan depan rumah Anda lancar dan bersih. Setidaknya bersihkanlah dua kali setahun guna mencegah kemampatan dan drainase yang tidak benar.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cegah Biaya tak Terduga Perawatan Rumah"