loading...

Bintang Terbesar Di Alam Semesta

loading...
Bintang terbesar yang pernah ada yaitu R136a1 telah ditemukan baru-baru ini oleh astronom Paul Crowther dan timnya. Bintang R136a1 ini dilaporkan lebih dari 300 kali massa Matahari kita! R136a1 juga merupakan bintang yang paling terang yang pernah ditemukan.


Penemuan Bintang Terbesar R136a1

Bintang R136a1 luminositas sekitar 10000000 kali luminositas Matahari. Paul Crowther, yang adalah seorang profesor astrofisika di Universitas Sheffield, dan timnya menggunakan data arsip dari Teleskop luar angkasa Hubble dan milik ESO Very Large Telescope (VLT) mempelajari 2 cluster bintang yaitu NGC 3603 dan RMC 136a.

Bintang terbesar yang pernah ditemukan, R136a1 ditemukan di cluster R136 dan bintang memiliki massa saat ini sekitar 265 massa matahari dan diperkirakan 320 massa matahari berat lahir. Bintang tersebut diperkirakan menjadi sedikit lebih dari satu juta tahun dan diklasifikasikan dalam kategori bintang super-kelas berat. Jenis bintang hanya ditemukan di gugus bintang terpadat di alam semesta.


Menurut Paul Crowther, misteri dan teka-teki yang paling menakjubkan dari bintang-bintang ini adalah untuk mengetahui bagaimana bintang ini terbentuk. "Entah mereka lahir begitu besar atau lebih kecil bintang bergabung bersama untuk menghasilkan mereka. Karena kelangkaan monster ini, saya pikir tidak mungkin, bahwa ini rekor baru akan pecah dalam waktu dekat "kata Paul.

Hei Tuhan, kau seorang insinyur luar biasa!
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bintang Terbesar Di Alam Semesta"