loading...

7 Masjid Terpenting Dunia Islam

loading...

Untuk memperingati hari kemenangan bagi umat muslim di seluruh dunia ini, tujuhpedia akan menampilkan 7 buah masjid terindah, termegah dan terpenting dalam dunia muslim. Jika Anda menyadari bahwa daftar ini merupakan saduran dari program televisi Discovery Channel dengan judul “Seven Wonders of The Muslim World”, memang ini saduran dan bertujuan untuk memperlihatkan pada pembaca betapa indahnya karya seni dari dunia Muslim. Selamat menikmati.

Minal Aidin Wal Faizin!

Mohon Maaf Lahir dan Batin

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 H bagi yang merayakannya.

7. Masjid Badshahi , Lahore

Masjid terbesar dan Pakistan dan kelima di dunia ini bagi orang barat sering melambangkan eksotisme Pakistan. Terletak di lahore, masjid ini bisa menampung 10.000 orang di dalam masjid dan 100.000 orang di lapangan-lapangannya. Masjid ini dibangun pada tahun 1671 pada masa pemerintahan dinasti Mughal di India. Saat penjajahan Inggris masjid ini dijadikan satu dengan benteng di sebelahnya. Saat ini di samping masjid didirikan sebuah museum yang menyimpan barang-barang peninggalan Nabi Muhammad SAW, Ali sepupunya dan putrinya Fatimah. Batu pasir merah yang menjadi ciri khas masjid ini terkenal di seluruh dunia. Misalnya jika Anda membaca salah satu komik Tintin maka akan ditampilkan masjid ini dalam salah satu episodenya.

6. Masjid Agung Djenne, Mali

Masjid ini telah menarik imajinasi orang eropa selama berabad-abad. Masjid yang terletak di Djenne ini merupakan sebuah warisan arsitektur dunia karena dibangun seluruhnya dengan lumpur dan kayu. Sisi luar dari masjid dibentuk dari plaster lumpur, kayu-kayu yang menjorok keluar dari bangunan seperti jarum-jarum tersebut digunakan sebagai penyangga dan juga sebagai perancah jika akan ada perbaikan. Setiap tahun para penduduk Mali mengadakan festival untuk memperbaiki masjid ini, melapisinya dengan lebih banyak plaster. Masjid menakjubkan ini pernah menjadi pusat pengajaran Islam di Afrika pada abad ke-18.

5. Masjid Sultan Ahmed /Masjid Biru, Istanbul

Bagi sebagian masyarakat non-muslim dan saya rasa banyak juga orang muslim, akan mengira bahwa Masjid Sultan Ahmed/Masjid Biru adalah Hagia Sophia yang dialihfungsikan sebagai masjid. Kedua bangunan tersebut merupakan dua buah masjid yang berbeda dan saling berhadapan satu sama lain meskpiun bentuknya sangat mirip. Masjid di Istanbul ini amatlah indah. 6 buah menaranya mengelilingi sebuah masjid berkubah yang merupakan titik puncak arsitektur Ottoman dan Byzantium. Bersama kembarannya Hagia Sophia yang sekarang menjadi musem, apabila dilihat pada malam hari di pinggir selat Bosporus sangatlah indah, bagaikan permainan cahaya dua malaikat yang saling bersahutan.

(tambahan: Pada tahun 2006 Paus Benediktus XVI berkunjung ke masjid ini dan bersama imam masjid menghadap ke Mekkah dan mengucapkan doa dalam hati. Dalam pernyataan resminya ia berkata “Semoga semua orang yang percaya memusatkan perhatian mereka pada satu Tuhan yang sama dan menjadi saksi Persaudaraan sejati”. Ini kali pertama seorang Paus berdoa di dalam sebuah masjid)

4. Masjid Imam, Esfahan

Masjid Imam terletak di Esfahan, Iran merupakan salah satu contoh terbaik arsitektur Persia. Dibangun saat pemerintahan dinasti Safavid pada tahun 1612 pada masa pemerintahan Shah Abbas I. Keindahan masjid ini terletak pada mosaik-mosaik tujuh warnanya dan kaligrafi yang memenuhi interior bangunan.

3. Masjid Al-Aqsa, Yerusalem

Masjid ini telah menjadi sumber pertumpahan darah lebih dari masjid manapun di dunia. Tanah di dalam masjid itu dianggap suci oleh umat Muslim, Yahudi dan Kristiani. Meskipun bukan yang terbesar maupun terindah, masjid ini merupakan masjid ketiga paling penting bagi umat muslim. Untuk menambah ruwetnya masalah masjid ini, lokasinya terletak di Yerusalem timur dan dipersengketakan oleh Israel dan Palestina. Umat muslim percaya bahwa Nabi Muhammad dibawa dari Masjid Al-Haram di Mekkah ke Al-Aqsa saat Isra Miraj. Umat Yahudi dan Umat Kristiani mempercayai bahwa lokasi masjid ini terletak pada lokasi bait suci pertama dan kedua. Saat ini meskipun lokasinya berada di bawah kekuasan Israel namun masjid dijalankan oleh sebuah lembaga wakaf Palestina.

2. Masjid Nabawi, Madinah

Masjid Nabawi adalah tempat kedua paling suci bagi umat Muslim. Terletak di Madinah, kubah hijau di tengah masjid melindungi makam Nabi Muhammad. Saat ini masjid ini mampu menampung satu juta umat dan merupakan masjid kedua terbesar di dunia. Masjid ini awalnya dibangun Nabi Muhammad di samping rumahnya di Madinah, denah masjid ini kemudian menjadi pedoman pembangunan masjid di berbagai tempat di dunia. Seiring berjalannya waktu semakin banyak bagian masjid yang ditambahkan, termasuk kubah hijau saat pemerintahan dinasti Mamluk, dan perluasan terbesar terjadi saat jaman modern di bawah dinasti Saud.

1. Masjid Al-Haram, Mekkah

Masjid Al-Haram merupakan masjid paling suci di dunia Islam. Di dalam masjid ini terdapat Ka’bah, tempat paling suci bagi umat Muslim. Di seluruh dunia umat Muslim melakukan sholat menghadap ke struktur ini, melambangkan persatuan umat Islam. Masjid Al-Haram sendiri merupakan masjid terbesar di dunia dengan luas total 88 hektar! Masjid ini mampu menampung 4 juta jiwa saat puncak musim Haji. Adalah diperintahkan bagi seluruh umat Muslim dalam lima rukun Islam untuk melakukan ziarah ke tempat ini minimal sekali seumur hidup. Salah satu ritual yang harus dilakukan adalah mengelilingi Ka’bah tujuh kali.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Masjid Terpenting Dunia Islam"