loading...

Wow! TIMNAS AKAN TERAPKAN TAKTIK ALA BARCALONA

loading...
Wow! Riedl Terapkan Taktik Ala Barcelona

TIMNAS Indonesia sangat percaya diri bisa meraih kemenangan saat menjadi tuan rumah Filipina pada leg kedua babak semifinal Piala AFF Suzuki 2010 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (19/12/2010) malam ini.

Berbekal kemenangan 1-0 pada laga tandang di leg pertama, Kamis (16/12), Cristian Gonzalez dkk siap mendulang hasil maksimal untuk menyempurnakan prestasi lolos ke babak final.

Pelatih Indonesia, Alfred Riedl, menegaskan, timnya akan mengurung Filipina dari segala penjuru untuk memastikan Tim Merah Putih bisa mencetak gol cepat.

"Belajar dari pertemuan pertama, beberapa hal sudah kami perbaiki, terutama pola umpan jauh yang ternyata kurang efektif. Tim akan memainkan pola sesuai apa yang kami tunjukkan di babak penyisihan," tutur Riedl kepada Tribunnews.com, Sabtu (18/12), di Jakarta.

Di lini depan, andalan utama kini tertuju pada bomber naturalisasi asal Uruguay, Cristian Gonzales, yang tengah tampil on fire. Kondisi Irfan Bachdim yang tak terlalu fit, bakal ditutup dengan aksi pemain berusia 34 tahun tersebut.

Sokongan lini tengah dari Ahmad Bustomi, Oktovianus Maniani, dan M Ridwan menjadi suntikan tersendiri.

Hanya saja, kondisi Firman Utina kurang fit yang harus memaksa kapten timnas tersebut kemungkinan tidak akan tampil terlalu memaksakan diri.

"Kami akan lihat kondisi Firman sebelum pertandingan. Tapi saya harap dia bisa bermain, posisinya sangat penting," tutur Riedl, yang sudah menyiapkan Eka Ramdani sebagai pelapis sang kapten.

Dalam sesi latihan kemarin, Riedl memfokuskan pasukannya pada umpan-umpan pendek yang belum hadir sempurna pada leg pertama.

Meski gol hadir dari umpan lambung, Riedl mengaku pemain timnas lebih cocok dengan sentuhan satu-dua, seperti yang menjadi ciri khas permainan klub Spanyol, Barcelona.

"Kami perlu kombinasi yang tajam, para pemain lebih senang dengan pola umpan-umpan pendek cepat. Mungkin akan menguras tenaga, tapi itu tidak masalah karena ini leg kedua dan harus kami menangkan," seru Riedl.

Pelatih berusia 61 tahun tersebut juga mengungkapkan antisipasi terhadap pola serangan bola- bola cepat dan lambung yang akan diterapkan Filipina.

"Maman dan Hamka bek tangguh, mereka tahu apa yang dikerjakan untuk mengantisipasi bola lambung, yang menjadi pusat perhatianku tak lain adalah umpan silang," beber pelatih asal Austria ini.

Sementara Firman Utina mengakui, Filipina kemungkinan akan merubah taktik permainan, terutama dari sisi defensif. Timnas pun butuh bola-bola datar menyusur yang akan merepotkan pertahanan lawan.

"Kami akan berusaha untuk menampilkan karakter seperti di babak penyisihan. Semoga teman-teman tidak tegang, dan bisa bermain normal. Ini laga penting, dan sudah pasti Filipina belajar dari kekalahan leg pertama," kata Firman, yang sangat berharap dirinya bisa tampil 90 menit.

tribunnews.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wow! TIMNAS AKAN TERAPKAN TAKTIK ALA BARCALONA"