loading...

SUKSES MENJADI MANAJER KEUANGAN DI KELUARGA

loading...
Dalam sebuah perkawinan, istri sering mendapat tugas sebagai manajer keuangan keluarga. Mengelola keuangan keluarga mungkin tak semudah yang diangankan. Tapi, jika Anda sukses melakukannya, kehidupan yang lebih menyenangkan siap menanti. Simak tips pengelolaan keuangan untuk para ibu berikut ini.

1. Uang adalah kepentingan bersama
Ketahui dengan pasti jumlah pemasukan, tabungan, juga cashflow bulanan keluarga. Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk duduk bersama suami dan buat anggaran belanja serta mengevaluasi ke mana “larinya” uang Anda berdua dalam sebulan ini. “Meski Anda tidak punya pengalaman dalam mengatur keuangan, namun dua kepala selalu lebih baik dalam hal pengaturan uang,” kata Janet Bodnar, penulis buku Money Smart Women.

2. Uangmu, Uangku, dan Uang Kita
Rekening bersama merupakan cara yang paling mudah dan efektif untuk membayar pengeluaran keluarga, seperti cicilan rumah, membayar tagihan listrik, atau biaya membeli susu anak. Bila disepakati, Anda dan suami bisa memiliki rekening terpisah untuk keperluan yang sifatnya pribadi, seperti ke salon, arisan, atau makan siang dengan teman.

3. Penuhi kewajiban
Hutang termasuk dalam salah satu problem keuangan yang serius bila tak segera diatasi. Itu sebabnya, masukkan pos pengeluaran ini dalam anggaran pengeluaran rutin, misalnya pembayaran tagihan kartu kredit. Bila jumlah hutang terlalu besar, stop pengeluaran lain yang tidak penting dan kendalikan diri untuk tidak membeli barang secara kredit.

4. Sedia payung sebelum hujan
Sebagai manajer keuangan keluarga, Anda juga perlu membuat langkah-langkah untuk menyiapkan dana darurat, anggaran kesehatan atau dana pendidikan. Sisihkan uang Anda (lebih besar lebih baik) untuk pos tabungan, asuransi kesehatan, juga dana pendidikan Si Kecil. Bila anak Anda belum memasuki usia sekolah, persiapkan dengan memiliki tabungan, asuransi pendidikan, atau memilih investasi jangka panjang
doktertomi
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SUKSES MENJADI MANAJER KEUANGAN DI KELUARGA"