loading...

CARA MEMPERBAIKI BAK KAMAR MANDI BOCOR

loading...

CARA MEMPERBAIKI BAK KAMAR MANDI BOCOR

Mendeteksi Letak Kebocoran
Jika bocor terjadi karena keramik yang retak karena gerakan tanah atapun kejatuhan benda berat pasti mudah untuk dicari tapi bagaimana jika hanya retakan kecil? Untuk mendeteksi kebocoran silahkan ikuti tips sederhana ini.

Pertama-tama isi bak mandi keramik anda sampai full selanjutnya jangan memakai kamar mandi tersebut setidaknya setengah hari. Karena tidak ada aktifitas pastinya kamar mandi anda akan kering tapi jika ada kebocoran maka akan terlihat ada bagian dinding luar bak mandi yang basah.

Fokuskan ke sisi dalam dari letak rembesan tersebut, cobalah raba-raba apakah ada lubang yang bisa menjadi tempat keluarnya air. Biasanya ada nat keramik yang lepas ataupun permukaan keramik yang sedikit amblas. Setelah ketemu letak air rembes langsung saja ke cara mengatasi bak mandi keramik bocor.

Cara Menambal Bak Mandi Keramik yang Bocor

Pastinya bak di kamar mandi tidak akan bocor tanpa alasan, kita perlu cari sumber dari masalah ini sebelum ke cara memperbaiki bak kamar mandi agar perlakuan yang kita lakukan bisa tepat sasaran.

Berikut ada beberapa penyebab dan cara mengatasi bak mandi yang bocor, sebelumnya silahkan kuras habis air yang ada di dalam bak.

Nat yang Lepas
  • Siapkan semen putih, lem macam fox dan tentunya cetokan
  • Pasir (optional)
Biasanya jika lubang nat di keramik dibiarkan terlalu lama akan menimbulkan kerusakan pada bawah keramik. Jika hal ini terjadi maka disarankan untuk melepas keramik di sekitar nat yang lepas dan membersihkan dinding tersebut. Setelah bersih pasangkan keramik kembali dan jangan lupa isikan pasir dan semen sampai permukaan keramik rata dengan keramik lain di sekitarnya. Gunakan campuran semen putih dan lem untuk menambal nat pinggiran keramik.

Keramik Retak ataupun Pecah
  • Siapkan semen abu-abu, lem macam fox dan cetokan
  • Sapu lidi

Jika pecah parah sebaiknya diganti dengan keramik baru tapi jika cuma retak retak saja kita bisa menambalnya. Ambillah semen abu-abu dan campurkan dengan lem, sisipkan adonan tersebut pada lubang retakan. Gunakan sabu lidi untuk mengisi retakan kecil yang ada.

Keramik yang Ambles
  • Siapkan semen, pasir cetokan
  • Semen putih, lem
Hal ini bisa terjadi jika adonan semen dan pasir pada bak mandi yang kurang baik, lama kelamaan permukaan keramik ada yang ambles. Muncullah celah yang dapat dilalui air sehingga terjadi rembes. Untuk mengatasinya copotlah keramik tersebut dan tambahkan adonan semen baru untuk membuat permukaan keramik sejajar dengan keramik lain. Isi nat dengan semen putih dan lem.

Kran Penguras Bak Mandi Rusak
Kran yang sudah termakan usia biasanya tidak bisa menutup dengan rapat sehingga menyebabkan air bisa rembes. Jika hal ini terjadi kita bisa menyisipkan plastik agar tutup kran bisa rapat kembali.Itulah cara menambal bak keramik bocor, setelah proses lebih baik diamkan terlebih dahulu bak mandi selama beberapa hari sampai semen kering sempurna. Jika bocor sudah parah sampai air mengalir dengan deras maka disarankan untuk menganti bak mandi dengan yang baru. Pertimbangkan juga untuk mengganti dengan model bak mandi terbaru.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA MEMPERBAIKI BAK KAMAR MANDI BOCOR"