loading...
PENYEBAB KEJENUHAN KERJA DAN CARA MENGATASINYA
Di saat banyak orang kehilangan pekerjaan dan sulit mencari pekerjaan baru pada masa sekarang ini, mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal jika ada orang yang mengalami kejenuhan kerja. Akan tetapi pada kenyataannya hal ini mungkin sekali terjadi. Disatu sisi, seseorang membutuhkan pekerjaan, tetapi di sisi lain, jika pekerjaan tersebut sama terus menerus dalam jangka waktu yang lama, tidak heran jika kemudian timbul rasa jenuh dalam bekerja.
Apakah yang dimaksud dengan kejenuhan kerja? Seorang psikiater dari London Hospital, Dr. Donald Scott dalam bukunya"Beating Job Burnout" mengatakan bahwa kejenuhan kerja adalahsuatu kondisi di mana seseorang kehilangan kemampuannya untuk mengerjakan tugas-tugasnya akibat kelelahan yang berlebihan, sehingga ia tidak dapat berfungsi secara efisien dan merasa tertekan jika mengingat pekerjaannya. Lebih lanjut Donald Scott menambahkan bahwa kejenuhan kerja dapat menyebabkan orang tidak dapat mencapai standar prestasinya, cenderung membiarkan pekerjaan menumpuk dan kehabisan energi untuk menyelesaikannya.
Tanda-tanda Kejenuhan Kerja
Bagaimana sebenarnya tanda-tanda kejenuhan kerja? Pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dapat menuntun Anda untuk mengetahui tanda-tanda kejenuhan kerja:
- Apakah Anda mengalami bangun tidur dengan pikiran berat karena tahu pagi ini Anda harus berangkat bekerja?
- Atau apakah Anda berangkat kerja dengan perasaan biasa-biasa saja, tetapi begitu Anda duduk di tempat kerja tiba-tiba disergap rasa tidak berdaya, lesu, bosan, dan tidak bergairah menghadapi tumpukan tugas yang harus Anda keriakan?
- Cobalah Anda ingat-ingat apakah Anda akhir-akhir ini sering berkeluh kesah pada keivarga Berta teman seputar persoalan pekerjaan Anda yang itu-itu saja?
- Apakah akhir-akhir ini tanpa disadari Anda berubah menjadi pribadi yang menyebalkan bagi orang-orang yang dekat dengan Anda, misalnya karena Anda sering ngomel, tidak sabaran, marah-marah dan cerewet untuk halhal remeh temeh?
- Atau barangkali Anda selalu merasa pusing, capek-capek, pegal linu, saht pinggang setiap habis pulang kerja,padahal ketika dicek oleh dokter Anda dinyatakan sehat wal'afiat dan tidak menderita suatu penyakit apapun juga.Apakah Anda juga sering berangkat tidur di waktu malam dengan perasaan sangat bahagia dan pikiran berat karena tahu besok pagi Anda harus bangun dan menghadapi kenyataan bahwa Anda harus pergi bekerja?
Jika Anda merasakan gejala-gejala tersebut di alas dan dipertegas dengan kenyataan bahwa Anda merasa sangat tidak bahagia jika sedang mengingat pekerjaan Anda, maka hati-hatilah, barangkali Anda sedang mengalami kejenuhan kerja.
Penyebab Kejenuhan Kerja
Penyebab kejenuhan kerja ada bermacam-macam. Salah satunya yang paling menonjol adalah rutinitas pekerjaan. Barangkali Anda sudah berada di posisi Anda sekarang ini dalam waktu Yang cukup lama. Anda merasa bahwa pekerjaan Anda tidak menarik lagi atau tantangannya sudah habis, demikian menurut Anda. Anda. ingin berpindah pekerjaan tetapi karena satu dan lain hal tidak mungkin. Anda terpaksa harus tetap tinggal di pekerjaan Anda tanpa tahu kapan Anda bisa keluar dari kondisi yang membosankan. Hal ini memperburuk kondisi emosi Anda. Dalarn banyak kasus, orang yang mengalami kejenuhan kerja lambat laun akan kehilangan gairah, kehilangan konsentrasi, kehilangan semangat dan lama kelamaan kehilangan prestasi kerja yang sernula mungkin cemerlang. Bahkan kejenuhan kerja pada taraf yang sudah akut dapat menyebabkan seseorang merasa bahwa dia mempunyai suatu penyakit, la merasakan gejala-gejala seperti : pusling-pusing, pegal linu, masuk angin, meal-meal ingin muntah, jantung berdebar-debar dan sebagainya. Pada taraf ini seseorang mungkin menjadi langganan dokter yang tidak kunjung dapat menemukan penyakit yang sebenarnya, sehingga kemudian timbul pertanyaan : sebenarnya yang sakit fisiknya atau pikirannya?
Cara Mengatasi Kejenuhan Kerja
Apa yang sebaiknya kita lakukan jika sudah jelas bahwa kita sedang menga lami kejenuhan kerja? Ada beberapa langkah yang bisa kita lakukan. Silahkan mempertimbangkan langkah- langkah di bawah ini yang mungkin cocok untuk situasi Anda.
Ambil cuti
Ambillah cuti jika mungkin. Selama cuti usahakan menghindar sejauh mungkin dari tempat kerja, misalnya dengan pergi berlibur. Dengan pergi berlibur diharapkan kondisi emosional Anda bisa sedikit dipulihkan. Bagaimana jika Anda tidak punya biaya untuk bepergian? Tinggallah di rumah. Jauhkan pesawat telepon dari telinga Anda. Minta orang serumah untuk lebih dulu mengangkat telepon yang berdering untuk menghindar kalau-kalau ada gangguan dari kantor yang menanyakan satu atau dua pekerjaan. Selama cuti kerjakan sesuatu yang menyenangkan atau yang sesuai dengan minat Anda, misalnya mengerjakan hobi Anda merawat taman yang selama ini sering terbengkelai, membaca novel atau sekadar bermalas-malasan nonton televisi. Jika Anda punya uang ekstra boleh juga mewujudkan keinginan Anda selama ini untukberjalan-jalan bersama keluarga Anda. Intinya adalah gunakan sebaik mungkin waktu cuti Anda untuk bersenang-senang, melupakan pekerjaan yang membosankan sementara waktu.
Jika Anda sudah selesai cuti, lain masuk ke kantor, cobarasakan, pada saat Anda pertama kah duduk di kursi Anda dan menghadapi setumpuk pekerjaan yang menanti Anda, jawablah dengan jujur pertanyaan ini, Apakah yang Anda rasakan sekarang. Bergairah? I Jika ya, berarti kejenuhan Anda sudah terobati. Tetapi jika Anda tetap lesu dan masih merasa mual-mual menghadapi pekerjaan Anda, berarti cuti tidak berhasil mengobati kejenuhan Anda. Dalam hal ini silahkan Anda melihat ke langkah yang lain
Bagilah Beban/Problema Anda dengan Orang Lain
Tidak ada salahnya membagi beban atau persoalan kejenuhan Anda pada orang lain yang dekat dengan Anda, misalnya pasangan hidup, teman sekerja atau sahabat Anda. Siapa tahu ada di antara teman Anda yang pernah punya pengalaman yang sama dapat mengatasi persoalannya dengan baik. Atau bahkan sahabat Anda punya informasi lowongan kerja lain yang mungkin bisa Anda coba. Intinya adalah nasihat atau saran mereka mungkin dapat Anda terapkan atau paling tidak kesediaan mereka untuk mendengarkan keluh kesah Andadapat membantu meringankan persoalan Anda.
Anda melihat bahwa cara ini hanya sedikit meringankan beban Anda tetapi sama sekali tidak memecahkan persoalan utama Anda? Jika demikian, silahkan simak langkah berikut.
Pindah/Berganti pekerjaan ke Bagian Lain
Pindah atau berganti pekerjaan tidak selalu berarti pindah ke perusahaan atau kantor lain. Cobalah lihat apakah ada kemungkinan Anda berganti tugas ke bagian lain. Anda sekarang mengerjakan pekerjaan bagian administrasiumum, mungkinkah anda bisa pindah ke bagian administrasi keuangan atau personalia. Atau barangkali pindah ke bagian pemasaran yang sama sekali baba bagi Anda? Apakah ada kemungkinan rotasi di perusahaan Anda pada saat ini?pekerjaan atau tugas yang sama sekali baru bisa menghidupkan kembali gairah Anda yang hampir padam.
Kalau Anda tahu bahwa pindah pekerjaan dalam perusahaan yang sama tidak mungkin terjadi pada saat ini, bagaintana sebaiknva?
Bicara dengan atasan
Bicara terus terang dengan atasan. Kemukakan pada atasan Anda, bahwa Anda sedang mengalami problema kejenuhan yang ingin Anda sembuhkan. Kemukakan bahwa dengan Anda mengalami kejenuhan bukan berarti Anda tidak ingin bekerja lagi atau tidak ingin berprestasi lagi. Justru Anda berbicara terus terang pada atasan adalah karena Anda tidak ingin prestasi Anda terus menerus turun. Kemukakan pada atasan bahwajika atasan tidak diberi tahu problema emosi Anda, atasan hanya akan menangkap bahwa belakangan ini prestasi Anda turun tanpa tahu apa penyebabnya. Dengan mengemukakan perasaan dan problema yang Anda alami, Anda berharap atasan dapat membantu memecahkan persoalan, misalnya dengan : memberikan penugasan (assignment) baru yang menarik bagiAnda, memberikan kesempatan pertama pada Anda jika ada proyek-proyek di luar kota, memberi informasi secepatnya pada Anda jika ada peluang rotasi.
loading...
0 Response to "PENYEBAB KEJENUHAN KERJA DAN CARA MENGATASINYA"
Posting Komentar