loading...
10 SIFAT KARYAWAN YANG BAIK
Kliping pribadi ini bersumber dari harian KOMPAS tanggal 04 Mei 1997, sudah lama juga yaaaa, tapi itu tidak jadi soal, karena materinya masih up to date buat para karyawan yang mau kerja di MICROSOFT, karena yang menulis artikel ini adalah beliau, tanpa banyak basa basi saya tuliskan kembali pemikiran beliau sebagai berikut :
SAYA sering ditanya bagaimana menjadi manajer yang baik, sebuah topik yang telah saya uraikan dalamkolom ini lebih dari sekali. Tetapi jarang orangmenanyakan pertanyaan yang sama pentingnya dengan pertanyaan itu: Apa yang membuat seorang karyawan baik?
Inilah sepuluh kualitas yang saya dapati pada karyawan"terbaik dan terhebat", perusahaan-perusahaah harus menariknya dan memeliharanya.
Jika Anda memiliki semua sifat ini, mungkin Anda adalah karyawan yang hebat.
Pertama, adalah penting memiliki keingintahuan yangmendasar mengenai produk atau produk-produk perusahaan Anda atau kelompok perusahaan Anda. Anda sendiri harus menggunakanproduk-produk itu juga. Hal ini belum cukup ditekankan begitu saja dalam dunia komputer. Hal ini juga membawa bobot khusus dalambidang pengetahuan dasar lainnya, di mana teknologi dan penggunaannya maju demikian pesat sehingga sangat sulit mengikutinya jika Anda tidak memiliki ketertarikan pada produk itu. Anda akan ketinggalan dan menjadi tidak efektif dengan cepat.
Kedua, Anda perlu memiliki ketertarikan yang murni dalam meminta pelanggan mendiskusikan mengenai bagaimana mereka menggunakan produkproduk itu apakah mereka suka, apakah mereka tidak suka. Anda harus agak seperti "penyebar ajaran" pada pelanggan, sekaligus realistic mengenai di mana produkperusahaan Anda mengecewakan dan bisa lebih baik.
Ketiga, sekali Anda mengerti kebutuhan pelanggan, Andaharus menikmati berpikir dalam-dalam bagaimana sebuah produkbisa menolong. Jika Anda bekerja di perusahaan industri perangkatlunak misalnya, Anda mungkin bertanya: "Bagaimana produk ini bisa membuat bekerja menjadi lebih menarik? Bagaimana produk ini bisa membuat belajar lebih menarik? Bagaimana produk ini bisa digunakan di rumah dengan cara yang lebih menarik?"
Tiga hal pertama ini saling berhubungan. Keberhasilan datang dari pengertian dan perhatian yang dalam mengenai produk-produk Anda, teknologi Anda dan kebutuhan pelanggan Anda.
Keempat, Anda sebagai individu pegawai harus memelihara jenis pendekatan jangka panjang, sama dengan yang dilakukan oleh perusahaan yang baik. Pegawai-pegawai perlu memusatkan perhatian pada tujuan abadi seperti membangunketerampilan mereka sendiri dan orang-orang yang bekerja dengan mereka. Jenis motivasf diri seperti ini membutuhkan disiplin, tetapi hal itu bisa cukup menguntungkan. Tentu saja manajemen juga bisa membangun motivasi. Jika Anda di bidang penjualan, kuota alat penting untuk mengukur kinerja, dan suatu yang hebat jika karyawan melewati kuota. Tetapi jika melewati kuota penjualan atau memaksimumkan bonus mendatang atau kenaikan gaji, itu semua yang memotivasi Anda. Namun Anda nampaknya menderita kerugian dalam kerja tim dan pengembangan yang menciptakan keberhasilan jangka panjang.
Kelima, Anda perlu memiliki pengetahuan atau keterampilan khusus sambil memelihara perspektif yang luas.Perusahaan-perusahaan besar khususnya, memerlukan karyawan yang bisa belajar hal khusus dengan cepat. Tidak seorangpun bisa beranggapan, keahlian yang mereka miliki sekarang akan dapat bertahan besok. Jadi keinginan belajar adalah suatu yang penting.
Keenam, Anda harus cukup, fleksibel dalam memanfaatkan kesempatan baik yang bisa memberikan Anda perspektif. Di Microsoft, kami mencoba memberikan berbagai jenis pekerjaan dalam perjalanan karier seseorang. Setiap orang yang tertarik bergabung dalam manajemen didorong untuk bekerja di unit pelanggan yang berbeda, bahkan jika itu artinya berpindah lateral dalam organisasi atau berpindah di wilayah lain dunia ini. Kami mencoba memindahkan orang dari kelompok produk ke lapangan, dan memindahkan orang lapangan ke kelompok produk.Kami mempekerjakan banyak orang dari negara lain di kantor cabang di Amerika Serikat, namun kami juga mempekerjakan staf AS di kantor cabang di negara lain. Hal ini menolong kami mengerti pasar dunia dengan lebih baik, sementara kami melakukan penyerbukan silang pekerjaan dengan cukup baik. Namun ini tetap tidak cukup banyak seperti yang saya inginkan.
Ketujuh, seorang pegawai yang baik akan berkeinginan mempelajari perekonomian bisnis. Mengapa sebuah perusahaanmelakukan pekerjaan itu? Apa model bisnisnya? Bagaimana perusahaan itu menghasilkan uang? Saya selalu terheran-heran mempelajari sebuah perusahaan tidak mendidik pegawainya dalam realitas financial dasar dari industrinya. Pegawai-pegawai perlumengerti aspek make or brake (berhasil atau hancur —Red)industri mereka, sehingga mereka mengerti betapa pekerjaanmereka diperhitungkan. Tentu saja, pegawai-pegawai harus menjadi murid yang peduli, mengarahkan langsung perhatian pada area di mana perusahaan itu membuat perbedaan besar.
Kedelapan, Anda harus memusatkan perhatian pada saingan-saingan. Saya menyukai karyawan yang berpikir apa yang terjadi di pasaran. Apa yang dilakukan saingan kita sedemikian pintar?Apa yang bisa kami pelajari dari mereka? Bagaimana kita bisa menghindari kesalahan-kesalahan mereka?
Kesembilan, Anda harus menggunakan kepala Anda.Uraikan persoalan tetapi jangan jatuh pada analysis paralysis(analisa melumpuhkan —Red). Mengerti implikas potensi semua jenis pertukaran, termasuk melakukan pertukaran segera dengan sedikit informasi, baru kemudian mergerjakannya dengan mengumpulkan lebil banyak informasi. Gunakan juga kepala Anda dalam kegiatan praktis. Prioritaskan waktu Anda dengan efektif. Pikirkan mengenai bagaimana memberikan nasihat yang tepat pada kelompok lain.
Terakhir, jangan mengabaikan hal dasar yang nyata seperti menjadi jujur, berlaku etis dan bekerja keras. Semuasifat ini penting dan sungguh sangat nyata.
loading...
0 Response to "10 SIFAT KARYAWAN YANG BAIK"
Posting Komentar