loading...

ATAP RUMAH BOCOR BISA DIATASI DENGAN CARA INI

loading...

Atap rumah merupakan perlindungan yang digunakan untuk melindungi dari sinar teriknya matahari dan air hujan. Atap rumah yang bocor tentu menjadi masalah yang amat penting bagi kenyamanan anda saat di rumah. Apalagi jika anda tinggal sendiri dan jauh dari keramaian sehingga dituntut mandiri dalam merawat dan memperbaiki rumah anda. Berikut cara mengatasi atap rumah yang bocor sebagai berikut :

Water Proofing Bisa Jadi Pilihan

Cuaca menjadi salah satu factor penyebab atap rumah anda bocor. Terlebih jika sudah masuk musim penghujan dan berangin. Beberapa penyebab struktur bangunan mengalami kebocoran selain factor cuaca diantaranya ialah beban yang berlebihan dan penyusutan daya tahan. Bagi rumah anda yang memiliki atap rumah dari dak beton maka pakailah waterproofing coating. Setelah beton dicor dan telah mengalami proses penggenangan air selama 7 hari lalu dilakukan waterproofing coating. Dengan waterproofing coating maka pori-pori dalam struktur bangunan akan semakin mengecil dan kedap akan air.

Atur Posisi Genteng

Atap yang bocor bisa saja karena posisi genteng rumah yang tidak benar. Untuk mengatasi genteng yang melorot anda bisa memasang paku pada reng yang terletak dibawahnya. Paku ini bisa mengganjal genteng agar tidak melorot kebawah. Pastikan pula kemiringan atap berada pada kemiringan 30-40 derajat untuk genteng keramik. Untuk asebsnya paling tidak butuh 15 derajad dan pastikan mengganti genteng yang sudah retak. Bersihkan pula atap dari kotoran endapan pasir dan lumut agar tidak mudah membuat genteng anda retak.

Bisa Juga Dengan Memasang Plastik Dibawah Atap

Sebelum memasang atap anda bisa melapisi bagian bawahnya dengan plastic. Setelah memasang kayu pondasi barulah dilanjutkan dengan plastic baru dipasang atapnya. Plastic ini bisa melindungi tetesan air hujan atau sampah yang masuk pada celah-celah sempit. Cara ini sudah sering dilakukan pada perumahan didaerah pedesaan.

Bersihkan Talang Air

Talang air yang kotor juga bisa memicu kebocoran diatap rumah. talang air bisa saja kotor karena daun-daun yang meranggas. Untuk itu anda perlu membersihkan bagian talang air ini secara rutin dan jangan sampai menumpuk sampah daun kering ini berlama-lama. Bersihkan sampah pada aliran air sehingga tidak menghambat air hujan yang mengalir pada atap rumah. Tak jarang loteng juga mengalami kepanasan sehingga membuat beberapa rongga pada bagian bawah genteng. Anda perlu menggunakan bahan insulasi dan pemasangan turbin sehingga membuat ventilasi silang. Ventilasi yang cukup akan membuat loteng tidak terlalu panas.

Perbaiki Pipa Saluran Air Yang Bocor

Jika kebocoran atap rumah anda terjadi karena pipa saluran air yang bocor maka lakukan perbaikan segera. Saluran pipa air yang rusak akan emnggangu aliran air hujan dan mulai mengkikis bagian atap anda jika dibiarkan begitu saja. Saluran pembuangan yang rusak akan menghambat sampah yang mestinya dibuang diatap rumah anda. Talang yang sudah keropos dan pipa yang pecah perlu diganti dengan pipa yang baru.

Cat Waterproof

Berkat kecanggihan teknologi kini ada pula cat anti air yang bisa membantu melindungi rumah anda secara maksimal. Lapisi bagian atap rumah anda dengan cat anti air sehingga aman saat musim hujan datang. Jangan hanya atap rumah namun juga bagian dinding rumah agar tidak mudah terkena rembesan air yang juga membantu pelapukan pada dinding rumah anda. Cat anti air ini juga bisa melindungi dinding rumah anda dari jamur dan kuat lebih lama dibanding cat biasa.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "ATAP RUMAH BOCOR BISA DIATASI DENGAN CARA INI"