loading...

METODE PEMBENTUKAN OTOT DENGAN MENGKOMSUMSI PUTIH TELUR

http://danahauses.blogspot.com/2016/12/metode-pembentukan-otot-dengan.html


Makanan dengan harga terjangkau dan kaya akan protein adalah telur. Bahkan binaragawan Indonesia, Ade Ray pernah memakan kurang lebih 25-30 butir telur setiap harinya. Mr Muscle ini merupakan pemenang Drug Free Bodybuilding World Championship di Amerika Serikat tahun 2000.

Banyak yang menyarankan untuk memakan Putih Telur saja. Sebagai perbandingan bagian putih dari sebutir telur memiliki 3.6 g protein, 17 kalori, 0.2 gr karbohidrat dan 0.1 gr lemak. Sedangkan kuning telur memiliki 2,7 g protein, 55 kalori dan lemaknya 4,5 gr. Lemak/ Kolesterol segini bisa mencukup 60% AKG.

Pria dewasa membutuhkan asupan protein kurang lebih 56 gr sedangkan wanita hanya 46 gr. Namun bagi yang ingin membentuk otot dan para atlit dapat menghitung kebutuhan protein dengan rumus BB x 2, dimana tiap 1 kg berat tubuh butuh 2 gr. Misalkan jika BB 70 maka butuh 140 gr tiap harinya (livestrong)


Manfaat Putih Telur untuk Pembentukan Otot
Salah satu metode untuk memilih sumber protein yang baik adalah dengan mengukur PDCAAS (Protein Digestibility Corrected Amino Acid Scoce). Metode ini melihat kualitas protein berdasarkan kebutuhan manusia akan asam amino dan kemudahan dicerna oleh tubuh. Nilai PDCAAS tertinggi adalah 1 dan terendah 0. Makanan dengan nilai 1 contohnya adalah putih telur, whey (susu protein), casein. protein kedelai dll. (wiki)

Protein dari putih telur adalah protein kompleks dengan lebih banyak cabang rantai asam amino (branched chain amino acids = BCAA) dibandingkan dengan protein lain. Jika seorang memakan asupan BCAA yang cukup maka asam amino akan dipecah di otot bukan di hati, untuk membangun jaringan otot atau digunakan untuk energi. Kandungan asam amino nonessensial seperti L-arginine dan L-glutamine dalam putih telur memiliki manfaat untuk pembentukan otot.

Putih telur memiliki rating penyerapan sebesar 100%, ini artinya sangat mudah sekali dicerna di sistem pencernaan manusia. Sehingga selain berguna untuk membentuk otot, juga membantu mengatasi permasalahan perut. Protein putih telur juga sangat lembut yang tidak akan mengiritasi usus. Yang terpenting adalah mudah didapatkan di warung atau minimarket terdekat, apalagi harganya sangat murah.

Penyajian Putih Telur untuk Pembentukan Otot
Mungkin banyak yang mengkonsumsinya dalam keadaan mentah, tapi karena adanya resiko bahaya Salmonella, para ahli menyarankan untuk memakannya dalam keadaan matang dimana bakteri ini mati. Putih telur dapat disajikan dengan direbus, dibikin shake, digoreng ataupun dibikin omelet putih telur. Bagi orang yang ingin membentuk otot tapi tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan dietnya, solusinya adalah suplemen bubuk putih telur yang sudah bisa didapatkan di Indonesia. Bubuk ini sangat mudah dimasukkan dalam minuman.

Kebanyakan orang hanya memakan putih telur saja karena tingginya lemah jenuh dan kolesterol di kuning telur, namun Arnold Schwarzenegger di bukunya New Encyclopedia of Modern Bodybuilding mengatakan "Don't Trash Your Yolks" yang artinya jangan buang kuning telur anda. Ini dikarenakan protein dari kuning telur hampir sama dengan putih telur. Sedangkan kandungan vitamin dan mineral dari sebutir telur lebih banyak terdapat di bagian kuningnya. 

jika anda ingin mengurangi jumlah lemak lebih baik kalian mengurangi makanan lain daripada membuang kuning telur. Karena sebutir telur adalah sumber protein terbaik yang lebih baik dibanding ikan ataupun daging. Namun perlu diperhatikan juga kandungan lemak dalam bagian kuning, 1 butir telur lemak saja sudah mencukupi 60% AKG. Jadi setidaknya makan 2 butir telur utuh putih dan kuning tidak akan bermasalah, kecuali anda punya penyakit kolesterol tinggi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "METODE PEMBENTUKAN OTOT DENGAN MENGKOMSUMSI PUTIH TELUR"